Tidak ada kesuksesan yang instan dalam dunia kerja, semuanya butuh proses. Termasuk kunci sukses menjadi seorang freelancer pun membutuhkan keuletan dan kesabaran untuk bisa meraih hasil sebagaimana pekerja kantoran.

Dunia kerja, baik secara online maupun offline sejatinya sama-sama mempunyai hukum yang mirip. Paling utama yakni waktu dan mekanisme kerja. Seorang freelancer harus bisa memahami waktu kerjanya dan mekanisme perihal bagaimana pekerjaannya harus dilakukan.

Tak ada rumusan niscaya mengenai bagaimana kuncinya menjadi sukses dalam bidang pekerjaan freelance ini. Sebab freelance worker ini bekerja dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Namun ada prinsip-prinsip yang berlaku universal dan bisa diterapkan oleh freelancer, apapun bidang pekerjaannya, yaitu:

1. Fokus Mengerjakan Satu Pekerjaan
Seorang freelancer harus fokus mengerjakan satu pekerjaan. Janganlah sesekali menumpuk pekerjaan, meskipun itu sangat menggiurkan. Justru mengambil banyak job, lalu kesulitan mengatasinya, akan menciptakan freelancer gampang putus asa.

2. Percepat dalam Menyelesaikan Satu Pekerjaan

Tanamkan keyakinan bahwa menuntaskan satu pekerjaan, barulah mengambil pekerjaan lainnya itu jauh lebih baik. Daripada mengambil banyak pekerjaan, tapi lalu semuanya terbengkalai. Janganlah perlakukan diri sendiri sebagaimana mesin yang perfeksionis. Pahamilah bahwa insan itu mempunyai batasan untuk mengatasi kekacauan jawaban deadline.

3. Meningkatkan Limit Batas Mengambil Pekerjaan

Ketika sudah mampu mengatasi satu deadline, barulah memikirkan untuk memasukkan job-job lain ke dalam list. Semakin usang freelancer bekerja, beliau akan semakin paham bagaimana mengatasi deadline terbaik.

4. Menentukan Target Closing Gaji

Kunci sukses menjadi seorang freelancer juga sangat ditentukan perihal bagaimana dirinya merancang denah closing. Jika pekerja kantoran saja bisa closing dengan honor yang tetap, stabil, bahkan meningkat. Maka pekerja freelance pun bisa.

5. Memiliki Jam Kerja yang Dipatuhi

Meskipun bekerja secara lepas, namun bukan berarti seorang freelancer bekerja sangat usang dalam sehari. Buatlah estimasi waktu efektif perihal berapa jam kerjanya. Nanti dengan sendirinya akan sadar bahwa waktu yakni uang. Semakin bakir mengefektifkan waktu, mempercepat kerja, maka pundo-pundi uang makin banyak.

6. Membuat Arsip dan Portofolio

Buatlah sebuah arsip dan portofolio biar nantinya bisa menjadi sarana mempromosikan diri. Jangan pernah bekerja tanpa sebuah backup data sebab data arsip dan portofolio yakni hidup dan matinya seorang freelancer.

7. Menjaga Hubungan dengan Klien Lama

Kemudian kunci sukses menjadi seorang freelancer juga yakni dengan bisa menjaga hubungan dengan klien lama. Simpanlah kontak mereka dan jangan ragu memperlihatkan selebaran promosi kepada mereka. Sikap ramah dan komunikatif seringkali melanggengkan sebuah kerjasama.

8. Mencari Kemungkinan Akan Klien Baru

Seorang freelancer sejatinya tidak mempunyai kepastian akan ikatan dengan customernya. Kapan saja sang customer bisa memutuskan kerjasama. Untuk itulah, carilah banyak kemungkinan untuk menjalin kawan baru. Misalnya dengan membuka akun media sosial.

9. Merekrut Asisten

Ini yakni kunci sukses menjadi seorang freelancer yang sudah dirasakan oleh mereka yang setidaknya sudah 5 tahun malang-melintang dalam dunia freelance ini. Mereka cenderung menganggap ajudan sebagai kebutuhan. Ini yakni tahapan paling manis dalam perkembangan mental freelancer.

10. Membentuk Sistem Kerja yang Bisa Ditinggalkan

Sebab ketika seorang freelancer mempunyai asisten, artinya ia akan mulai membentuk sistem kerja yang sewaktu-waktu bisa ditinggalkannya. Ada pepatah yang menyampaikan bahwa bukti kesuksesan seorang pekerja yakni dikala ia mempunyai waktu untuk dirinya sendiri. Dengan hadirnya asisten, maka waktu tuk diri sendiri jauh lebih banyak.

Kebijaksanaan dan banyak sekali kunci sukses menjadi seorang freelancer di atas ada baiknya diterapkan sedini mungkin. Agar nantinya menumbukan mental dan tabiat yang sigap bagi masing-masing diri pekerja lepas.

Related : 10 Kunci Sukses Menjadi Seorang Freelancer.