Pernahkah berpikir untuk menjadi seorang admin media sosial? Terkesan sangat sepele pekerjaan ini, padahal membutuhkan banyak sekali keterampilan dan keahlian khusus. Menjadi admin artinya harus mengikuti arus tren media umum masa kini.

Admin Media Sosial ialah orang yang bertanggungjawab mengelola segala sesuatu yang ada di akun media sosial, mulai dari setting, konten sampai bagaimana mendatangkan visitor dan mengelola kolom komentar. Seorang admin mempunyai semua kiprah pengelolaan akun, kecuali dalam hal monetisasi (keuangan) yang biasanya dikelola oleh pemilik akun sendiri. Tapi setting monetisasi juga sanggup dikerjakan oleh admin.

Memang terkesan sangat absurd bagaimana perkembangan dunia digital dan media umum justru membuka keran-keran akan profesi baru. Admin media umum dianggap penting di abad kini alasannya ia menjadi ujung tombak kesuksesan sebuah media.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Admin Media Sosial
Apapun tema kontennya, seorang admin media umum wajib wajib mempunyai skill-skill dasar, seperti:

Komunikatif
Banyak pengetahuan
Update terhadap gosip kekinian
Menguasai desain grafis
Disiplin

Tugas-tugas manajemen pengelolaan akun media umum memang tidak hanya dikerjakan oleh seorang admin. Misalnya dalam hal desain grafis untuk konten foto dan video. Maka sanggup saja seorang owner medsos populer juga merekrut desainer khusus dan videographer mumpuni.

Namun di tengah persaingan yang ketat untuk menjadi seorang admin media sosial, maka sangat dibutuhkan bahwa admin medsos itu multi tasking. Artinya ia sanggup mengerjakan segala sesuatu sendirian alasannya sudah punya skillnya di aneka macam bidang-bidang yang dibutuhkan untuk mengelola akun medsos.

Seorang admin media umum juga harus cepat tanggap dan tidak segan untuk berkomunikasi dengan para followers medianya. Misalnya dengan selalu menunjukkan like atau love pada tiap komentar yang dianggap bagus. Sebuah media yang adminnya rajin berkomentar dan menunjukkan like or love juga akan cenderung meningkatkan impresi view dari media tersebut.

Dan dikala bicara perihal komunikasi media sosial, maka di abad kini juga mesti sangat memperhatikan unsur etika. Sangatlah penting untuk memahami tabiat bahasa siber yang baik dan benar alasannya UU ITE yang diberlakukan di Indonesia sangat memungkinkan seseorang untuk terjerat pasal-pasal kasus bila perkataan dianggap menyinggung orang lain.



Gaji Seorang Admin Media Sosial, Benarkah Puluhan Juta?

Pernahkah melaksanakan kalkulasi perihal berapa jumlah honor admin media sosial? Benarkah puluhan juta? Nampaknya kita perlu menghela napas dalam-dalam alasannya ini semua tergantung pada peruntungan dan job admin menyerupai apa yang diambil.

Jika ingin mempunyai honor puluhan juta, yakni minimal 20 juta. Maka setidaknya harus mengelola kiprah admin untuk 4 sampai 5 akun media umum besar milik para selebriti atau media paling populer dan kontroversial di Indonesia.

Bahkan tampaknya peruntungan untuk sanggup ambil job 4 sampai 5 akun berbeda sangatlah jarang dan langka. Kecuali bila kiprah ini dilakukan secara freelance, di mana admin tidak wajib berkantor di daerah di mana awak medsos ini berkiprah.

Pun dengan menjadi seorang freelance admin, sangat jarang untuk sanggup memperoleh job banyak dalam sekali waktu untuk sama-sama menjadi admin. Jika begini, sebetulnya berapa honor admin media sosial?

Nilai paling logis dan masuk akal dari menjadi seorang admin media umum berada di kisaran Rp 1000.000 untuk kiprah admin terendah. Hingga Rp 8000.000 untuk yang tertinggi. Kaprikornus jika bicara honor puluhan juta, maka nilai tertinggi dan terendah ini harus dikalikan beberapa akun yang diurus.

Bagaimana? Setelah tahu fakta ini maka sebaiknya jangan terlalu berharap untuk memperoleh honor selangit dari menjadi admin media sosial. Sebab selama diri kita masih mempunyai bos media, maka tidak akan pernah sanggup mengintervensi berapa pendapatan yang akan diperoleh.

Setelah berguru pengalaman sebagai admin medsos, alangkah baiknya untuk kini berguru mempunyai akun medsos sendiri dan berusaha memonetisasi sesuai selera dan gaya sendiri.

Related : Jadi Admin Media Umum Hasilkan Jutaan Sampai Puluhan Juta.