Apakah Anda seorang pemula di bidang penulisan konten dan ingin membangun sebuah platform untuk menampung semua karya tulis Anda di Internet? Tentu Anda akan resah dan kesulitan memilih platform mana yang akan Anda gunakan untuk menjadi wadah bagi goresan pena Anda nantinya.

Ada dua pilihan yang harus Anda tentukan. Apakah akan memakai Blogspot atau WordPress. Meski keduanya memang pilihan yang anggun tapi Anda tetap harus memakai salah satu dari dua pilihan tersebut. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan semoga bisa memilih mana yang lebih sesuai untuk kebutuhan Anda. 

Di bawah ini ada 8 hal yang membedakan antara Blogspot dan WordPress, simak bersama yuk :

1. Dilihat dari Segi Kepemilikan

Jika Blogger merupakan salah satu layanan gratis yang disediakan oleh Google dan dalam penggunaannya Google berhak untuk mematikan layanan maupun mematikan terusan pada blog Anda.

Maka, WordPress yakni platform yang memperbolehkan Anda mengatur sendiri semua jalannya aktifitas di platform tersebut tanpa adanya campur tangan dari pihak manapun. Jadi, Anda mempunyai terusan penuh terhadap semua konten dan data yang ada di website tersebut.

2. Dilihat dari Segi Sistem Pengontrolan Website

Tentu saja dengan layanan yang gratis menyerupai Blogspot, Anda hanya bisa memakai alat dan tools yang terbatas. Sehingga ketika masuk ke fitur Blogger, Anda tidak bisa berkreasi lebih banyak selain yang sudah disediakan di Blogger tersebut. 

Sedangkan memakai WordPress, Anda bisa menambahkan fitur-fitur gres yang bisa menyebarkan kreatifitas Anda. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan memakai WordPress merupakan solusi untuk jangka panjang khususnya untuk Anda yang serius menjalankan bisnis.

3. Dilihat dari Segi Plugin dan Fitur

WordPress biasanya sudah dilengkapi dengan banyak fitur dan juga fungsi. Namun biasanya setiap tema berbayar memliki fitur yang berbeda. Makara perhatikan dahulu fiturnya sebelum membeli tema di WordPress ya. 

Anda juga bisa mencari plugin yang bisa dipasang di website Anda semoga fitur bisa eksklusif ditambahkan. Sedangkan untuk Blogspot, fitur dan fungsi sangat terbatas sehingga Anda harus berusaha menyesuaikan dengan fitur yang sudah disediakan dari sananya.

4. Dilihat dari Segi Penampilan Website

Jika dilihat dari penampilannya, Blogger memang menyediakan beberapa template yang sudah di set secara default, meski Anda juga bisa mengubah warna dan juga tata letaknya namun sangat terbatas.  

Sementara itu, template WordPress gratisan dan premium juga bisa Anda gunakan, bahkan semua template ini biasanya sudah diubahsuaikan dengan semua website. Menggunakan WordPress, Anda bisa mengubah dan memodifikasi template dengan tema yang berkualitas tinggi. 

5. Dilihat dari Segi Kemudahan Perpindahan Website

Jika Anda berencana memindahkan situs yang sudah Anda bangkit dari Blogger ke platform yang lain ini yakni sesuatu yang berisiko. Kemungkinan besar Anda akan kehilangan peringkat di mesin pencari dan juga penurunan jumlah pengunjung. 

Sementara itu, jikalau memakai WordPress, Anda bisa dengan gampang memindahkan situs yang Anda milliki ke manapun Anda mau. Makara singkatnya, ketika Anda membutuhkan kualitas di bidang SEO, WordPress menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda.

6. Dilihat dari Segi Dukungan dan Bantuan

Jika dilihat dari segi dukungan dan bantuan, tentu saja Blogger mempunyai dukungan yang terbatas. Di Blogger, mereka mempunyai sistem dokumentasi yang sangat fundamental dan juga lembaga untuk pengguna.

Sedangkan di WordPress, sama sama mempunyai dukungan dari komunitas yang aktif dan juga dokumentasi online, forum, serta ruang dialog IRC. Di ruang dialog ini Anda bisa menerima banyak pinjaman entah itu dari pengguna pribadi sampai para pengembang WordPress sendiri. 

Selain itu, masyarakat dan perusahaan juga memperlihatkan dukungan untuk WordPress premium. Jadi, Anda tidak perlu kawatir jikalau membutuhkan dukungan maupun bantuan.

7. Dilihat dari Segi Keamanan

Tentu saja karen Blogger ada di bawah naungan Google, Anda tidak perlu kawatir dengan keamanan yang besar lengan berkuasa dan aman. Anda juga tidak perlu memikirkan untuk mengelola server, mengamankan blog, maupun hal lainnya, Anda hanya fokus menulis konten. 

Namun, memakai WordPress, Anda diharuskan bertanggungjawab penuh mengendalikan keamanan dan juga mengelola sumber daya server Anda sendiri.

8. Besar Ruang Penyimpanan

Tentu saja jikalau dilihat dari besar ruang penyimpanannya, Blogger mempunyai kapasitas yang tidak terbatas. Sehingga Anda bisa memakai ruang penyimpanan yang besar ini untuk segala konten, bahkan bisa menyimpan sampai ribuan data.

Sementara itu, memakai WordPress.com dengan WordPress.org berbeda dari segi besar ruang penyimpanannya.  Menggunakan WordPress.com Anda hanya disediakan ruang sebesar 3 GB untuk file gambar maupun dokumen.

Namun, sama menyerupai blogger, WordPress.org juga memungkinkan Anda mengunggah file tanpa batas.

Itulah tadi perbedaan dari Blogger dan WordPress. Mana yang lebih bagus? Semua itu kembali lagi pada Anda, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih resah menentukannya, Anda bisa lho memakai jasa layanan hosting biasanya sudah termasuk pengembangan website sekaligus. Makara Anda hanya perlu memantau saja mereka yang akan mengerjakan semua kebutuhan Anda. 

Related : Seo Blogger Vs Wordpress Mana Yang Lebih Bagus.