Widget HTML #1

Pilih Pns Atau Pengusaha? Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing



Jika Anda diminta untuk menentukan antara menjadi PNS atau Pengusaha, mana yang akan Anda pilih? Eits, sebelum menentukan pilihan sebaiknya Anda kenali dulu keduanya.

Ketahui kelebihan dan kekurangannya barulah ambil keputusan biar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Sebelumnya mari kita bahas wacana kelebihan dan kekurangan menjadi seorang PNS. Simak di bawah ini:

Kelebihan menjadi PNS:

1. Adanya Tunjangan
Menjadi seorang PNS tentu tidak jauh dari tunjangan-tunjangan yang menjanjikan. Biasanya Anda akan mendapat tunjangan bersamaan dengan penerimaan honor pokok.

2. Mendapat Uang Pensiun
Menjadi seorang PNS memungkinkan Anda mendapat uang pensiun ketika usai purna masa tugas. Bahkan uang yang akan diberikan ini terus mengalir hingga PNS tersebut meninggal. Selanjutnya tidak berhenti di situ, tapi akan dilanjutkan ke pasangannya.
Inilah yang menciptakan jabatan PNS sangat diminati oleh banyak orang.

3. Memiliki Status Sosial Lebih Baik
Coba perhatikan kehidupan seorang PNS yang selalu dipandang tinggi dan lebih dihargai oleh orang sekitar. Bahkan sebagai seorang PNS Anda juga akan lebih gampang mendapat hati calon mertua ketika melamar sang pacar.

4. Dimudahkan Dalam Mencari Pinjaman
Anda hanya perlu memperlihatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS ketika melaksanakan tunjangan ke bank. Bank mana yang akan menolak undangan dari seorang aparatur Negara? 

5. Gaji Pokok Sesuai Jabatan dan Golongan
Senangnya menjadi PNS yaitu honor yang Anda dapatkan menyesuaikan dengan golongan dan masa kerjanya. Jadi, ketika golongan naik honor pun naik. 

6. Jaminan Kesehatan
Menjadi seorang PNS juga dimanjakan dengan kemudahan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

7. Jam Kerja yang Pasti
Setiap harinya Anda akan dituntut untuk masa kerja selama 8-9 jam. Dengan begini kehidupan Anda akan jauh lebih teratur.

8. Berkesempatan Melanjutkan Studi
Anda bisa melaksanakan permohonan untuk melanjutkan studi pendidikan. Dengan begini Anda berpeluang lebih besar naik golongan dan mendapat honor lebih besar.

Kekurangan menjadi PNS: 

1. Harus siap dipindahkan sesuai dengan surat keputusan pemerintah.
2. Harus siap mengabdi demi kepentingan Negara. Dari mulai masuk PNS hingga masa pensiun tiba. Antara usia 60-65 tahun.
3. Harus siap menahan rasa bosan yang melanda lantaran aktivitas dan jam kerja yang sama berulang kali.
4. Harus siap dengan semua peraturan yang ada termasuk ketika ada peraturan gres disebabkan pergantian kepemimpinan.
5. Gaji yang cenderung tetap dan tidak gampang naik.
Selanjutnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangan menjadi seorang Pengusaha

Kelebihan menjadi Pengusaha:

1. Memiliki Banyak Waktu
Menjadi seorang pengusaha, menciptakan Anda mempunyai lebih banyak waktu. Maksudnya yaitu waktu Anda lebih fleksibel lantaran tidak terikat oleh waktu. Dengan begini, Anda tidak perlu kawatir lagi lantaran masa bersama keluarga tidak akan terganggu.

2. Memberi Peluang Membuka Lapangan Kerja
Anda akan memperlihatkan banyak orang disekitar Anda peluang usaha. Tentu saja ini akan menambah pahala dan meningkatkan kemajuan bisnis Anda sebagai seorang pengusaha.

3. Memiliki Pendapatan Pribadi
Anda akan berkesempatan untuk mempunyai perjuangan sendiri. Anda bisa menentukan sendiri keuntungan atau penghasilan yang Anda inginkan. Tentu saja ini bisa jauh lebih besar dibandingkan dengan honor dari karyawan yang sudah ditentukan perbulannya.

4. Tambah Wawasan 
Anda juga akan semakin berkembang entah itu dari segi ilmu, wawasan, dan juga sosialisasi Anda. Mungkin sebagian besar lantaran Anda lebih banyak bertemu dengan klien atau rekan gres yang berbeda-beda.

5. Memperluas Jaringan
Semakin banyak sobat atau orang yang Anda kenal niscaya menciptakan Anda semakin dikenal dan ini sangat baik bagi bisnis Anda. Karena dengan begini jaringan kerja Anda juga akan semakin banyak.

6. Bekerja Sesuai Hobi
Bekerja sesuai dengan hobi yang Anda sukai niscaya akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan harus bekerja dan selalu mendapat tekanan dari pikiran Anda sendiri. Contohnya saja ketika Anda sangat menyukai menulis, mungkin bekerja sebagai penulis handal menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan bukan?

Bahkan sudah banyak yang menandakan bahwa dengan hobi Anda bisa menghasilkan pendapatan yang tak terbatas.

Sedangkan untuk Kerugian menjadi seorang pengusaha adalah:

1. Harus siap menanggung risiko, mempunyai pendapatan yang tidak pasti, dan tidak tetap.
2. Bekerja lebih keras lagi dengan jam kerja yang sangat panjang.
3. Anda harus bisa berhemat ketika akan memulai bisnis yang baru.
4. Harus bisa bertanggungjawab dengan keputusan yang Anda ambil.
5. Memiliki beban pikiran yang berat lantaran harus memikirkan banyak hal.

Mungkin terdengar cukup menakutkan ya tapi itu semua bisa Anda atasi bila Anda mempunyai semangat dan kegigihan dalam bekerja. Jiwa pengusaha memang harus tangguh dan bisa mengatasi semua problem dengan bijak.

Anda juga bisa melaksanakan konsultasi dengan rekan bisnis senior dan juga jasa konsultan bisnis biar permasalahan bisa segera teratasi. Semoga bermanfaat.