Widget HTML #1

6 Kiat Membangun Bisnis Bengkel Yang Sukes Dengan Banyak Cabang



Kata pengusaha, bisnis ada untuk menuntaskan duduk kasus manusia.

Kata-kata tersebut tergambar terang pada bisnis bengkel kendaraan bermotor.

Karena ada orang yang bermasalah dengan kendaraan bermotornya, ketika itulah bengkel tiba untuk menuntaskan masalah.

Sejak mesin uap ditemukan, bengkel sudah ada, dan akan terus ada.

Sekalipun profesi supir akan musnah dimasa depan alasannya yaitu artificial intelegent, tak akan pernah ada robot yang menggantikan montir.

Bahkan di zaman kini yang sebagian kendaraan beroda empat tanpa supir, tidak akan anda temukan kendaraan beroda empat tanpa pernah bertemu montir.

Kendaraan bermotor akan senantiasa ke bengkel untuk bertemu montir sebagaimana insan senantiasa bertemu dokter di rumah sakit.

Dengan banyaknya orang yang membutuhkan perawatan kendaraan bermotor, memperbaiki, atau menambah dan mengubah bab kendaraan, ketika itu bengkel dibutuhkan.

Makannya bisnis bengkel tidak akan pernah mati, namun justru sebaliknya.

Ada jutaan kendaraan bermotor mengaspal setiap tahunnya, mereka semua terang membutuhkan perawatan yang baik secara rutin.

Disinilah terlihat terang betapa besarnya peluang perjuangan bisnis kendaraan bermotor.

Untuk memulai bisnis bengkel kendaraan bermotor, berikut panduan untuk anda.

1. Miliki Pengetahuan Tentang Seluk Beluk Bengkel

Hal ini mutlak dimiliki orang yang mempunyai bisnis bengkel, tidak mungkin anda memulai tanpa mempunyai pengetahuan apapun soal mesin.

Mungkin anda berencana untuk menyewa montir, namun sebagai pemilik bisnis, itu semua bukan hanya soal memperbaiki kendaraan yang rusak, tetapi kualitas hasil yang diberikan dan bagaimana menarik serta berkomunikasi dengan klien soal mesin mereka.

Semua itu akan sangat sulit jikalau anda tidak mempunyai dasar-dasar pengetahuan mengenai mesin sama sekali.

Jika anda ingin memulai bisnis ini dan menyewa montir, anda sanggup menjadi asisten dan mencar ilmu dari montir anda tersebut hingga setidaknya pengetahuan perihal mesin anda ketahui sehingga sanggup menyampaikan evaluasi terhadap apapun tindakan atau bencana dimasa yang akan datang.

Jika anda berencana membangun perjuangan ini sendirian dengan skill yang anda miliki, anda sanggup pribadi masuk ke tahap selanjutnya.

2. Tentukan Lokasi yang Strategis

Dalam menentukan lokasi membangun perjuangan kuliner tidak sama dengan perjuangan bengkel.

Jika dalam perjuangan kuliner sanggup saja seseorang membuka warung makan disebelah restoran atau pedangang bakso keliling.

Tetapi tidak dengan bisnis bengkel.

Lokasi strategis dalam bisnis bengkel kendaraan bermotor mencakup 2 aspek yaitu:

1. Banyak dilalui kendaraan bermotor
2. Tidak banyak bengkel disekitarnya

Seringkali seseorang justru bertindak sebaliknya, alasannya yaitu dilihatnya tidak banyak bengkel disekitar daerah tersebut dikiranya tempat tersebut tidak strategis.

Padahal belum tentu.

Namun hal lain juga terjadi, alasannya yaitu dilihatnya banyak bengkel di satu daerah, dibuatlah bengkel di daerah tersebut alasannya yaitu dikiranya tempat tersebut perlu banyak bengkel.

Sekali lagi, belum tentu.

Patokan lain yang sanggup menjadi pertimbangan yaitu dengan melihat satu daerah, apakah bengelnya ramai atau tidak.

Jika ramai, mungkin saja disana butuh lebih banyak bengkel.

Dan klien mereka kemungkinan akan pindah ke tempat anda alasannya yaitu tidak perlu mengantre.

3. Promosikan

Meskipun anda membuka bengkel di lokasi strategis, tidak berarti hal tersebut lantas mendatangkan pelanggan secara tiba-tiba begitu saja.

Promosi harus tetap dilakukan untuk memberitahu kepada semua orang bahwa  perjuangan anda gres eksis.

Untuk memulai promosi anda sanggup menyampaikan diskon, potongan harga, hadiah, memasang sepanduk dan lain-lain untuk menarik konsumen.

Tetapi ada sebuah bengkel yang mempromosikan dengan cara yang unik yang penulis baca di buku “Marketing Revolution” karya Tung Desem Waringin yang sanggup anda tiru. Berikut cara promosinya,

Pertama ia menciptakan spanduk bertuliskan, “Cegah Kecelakaan Lalulintas Cek Kendaraan Gratis Disini.”

Mungkin anda berpikir, kalau gratis sanggup bangkrut.

Tetapi tunggu dulu, yang dilakukannya yaitu mengecek kendaraan dan menyampaikan saran kepada pemilik motor jikalau ada kekurangan pada motor. Disanalah penawaran terjadi.

Misalnya kekuatan rem berkurang berdasarkan standar, dan pelanggan diberikan bukti standar yang disarankan kemudian menyarankan untuk melaksanakan perbaikan atau perawatan.

Dengan cara ini bisnisnya berkembang pesan dan membangun 6 cabang dalam 2 tahun.

4. Utamakan Layanan Purnajual

Jika anda telah mempunyai pengetahuan soal perbengkelan dan mempunyai tempat strategis, kini anda punya duduk kasus gres yaitu,

Bagaimana semoga pelanggan betah ketempat anda.

Sebagian besar orang punya tempat favorit untuk memperbaiki kendaraan mereka. Mereka akan menentukan tempat yang dirasa paling nyaman dari segi pelayananan, kecepatan dan juga hasil yang diberikan.

Anda tidak perlu sulit berpikir perihal layanan apa yang sanggup anda berikan kepada pelanggan, hal sederhana mirip tempat yang nyaman sudah menyampaikan kesan kepada pelanggan.

Biasakan untuk melayani dengan ramah pelanggan dan menyampaikan terbaik yang sanggup diberikan sebagai komitmen.

Hal tersebut akan berdampak besar pada konsumen.

Ingat, seringkali pelanggan mementingkan kenyamanan daripada mempertimbangkan tarif yang diberikan.

5. Bangun Sistem

Menurut Tung Desem Waringin dalam bukunya “Life Revolution”, menyampaikan bahwa sistem yaitu urut-urutan kerja yang dilakukan yang menghasilkan hasil yang sama.

Misalnya MC Donald di Amerika dan Indonesia menghasilkan burger yang mirip, kenapa? Bukan hanya satu merek, tetapi yang lebih penting yaitu mempunyai sebuah sistem, urut-urutan menciptakan burger sehingga hasil burger Amerika tidak jauh berbeda dengan burger Indonesia.

Dalam membangun sistem, ada 3 hal yang harus dibangun yaitu:
1. Manajemen keuangan, bagaimana mengelola arus kas.
2. Kontrol, segala hal yang sanggup dikontrol sanggup diukur dan ditentukan sehingga menghasilkan SOP yang sanggup menjadi standar kerja dan standar pengelolaan perusahaan.
3. Sistem kerja dan rekrutmen, bagaimana menetukan tugas kerja franchisor, rekrutmen pegawai dan lain-lain.

Sistem mulai anda bangkit ketika bisnis mulai berjalan dengan baik dan sudah terlihat teladan kerja yang manis di bisnis anda.

Sebaiknya untuk bisnis bengkel yang sudah diatas 5 tahun, anda sudah sanggup mulai memikirikan waralaba.

Dengan sistem yang anda bangkit ini tolong-menolong anda telah mempunyai pijakan untuk membuka puluhan cabang selanjutnya.

Setelah tubuh perjuangan anda terdaftar dan mempunyai SOP, dan perjanjian yang jelas, anda sanggup memperlihatkan waralaba kepada orang lain, dengan demikian anda akan mempunyai banyak cabang nantinya.

6. Cashflow

Bisnis apapun itu, jangan pernah abaikan cashflow, ia mirip darah yang mengalir pada tubuh kita. Jika darah yang keluar lebih banyak dari yang masuk, disebut dengan pendarahan.

Dalam bisnis, jangan hingga teradi “pendarahan” pada cahsflow anda. Perhatikan dengan baik sirkulasi uang masuk dan keluar. Catat dengan seksama bentuk pemasukan dan pengeluaran dengan baik.

Itu akan mencegah anda dari kebangkurtan pada masa yang akan datang.

Dengan pencatatan yang baik, anda akan gampang mengontrol dan mengendalikan arah lajunya masa depan bisnis anda.

Bisnis bengkel memang menggiurkan, terlihat bahwa bisnis ini mempunyai masa depan yang cerah dengan musim yang terus menanjak.

Jika anda tertarik membangun bisnis bengkel, semoga goresan pena ini sanggup menjadi reverensi anda.