Widget HTML #1

Cara Budidaya Jamur Merang Dan Prospek Bisnisnya



Saat mendengar jamur, apa yang tebayang di benak anda?

Jamur kulit? Jamur beracun? Atau jamur konsumsi?

Kali ini kita membahas wacana budidaya jamur yang layak konsumsi yaitu jamur merang dan tentu saja prosepek bisnisnya juga.

Jamur merang mempunyai nama ilmiah Volvariella volvacea. Jamur ini secara alami umumnya tumbuh di jerami.

Jamur sanggup tumbuh subur di pedesaan alasannya mempunyai udara yang lembab.

Jamur merang biasanya dijadikan hidangan yang nikmat untuk santapan ataupun sebagai aksesori hidangan.

Selain mempunyai rasa yang enak, jamur merang mempunyai kandungan mineral yang tinggi bahkan melebihi daging sapi dan kambing loh. Selain itu, juga mempunyai segudang manfaat lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Dengan banyaknya usul jamur merang, menjadi peluang perjuangan tersendiri yang sangat menguntungkan mengingat tidak banyak yang melirik bisnis ini.

Cara Budidaya Jamur Merang

Jamur merang sanggup dibudidayakan dengan sangat gampang sekali tanpa merogoh kantong cukup dalam.

Sama menyerupai menggeluti bisnis lainnya, dalam bisnis budidaya jamur merang memerlukan pengetahuan, ketekunan, dan kesabaran yang tinggi.

Dengan murah dan mudahnya budidaya jamur merang ini, memungkinkan anda untuk memulainya dalam skala rumahan. Hanya dengan memakai tempat dan peralatan seadanya, anda sanggup membudidayakan jamur merang ini.

Berikut mekanisme budidaya jamur:

1. Carilah bibit jamur yang unggul.

Untuk mendapat bibit jamur yang unggul, anda harus memperhatikan cara berikut ini;

1.) Pilihlah hanya bibit yang termasuk kategori F3, artinya bibit dalam kondisi baik dan unggul. BER (jumllah masa jamur dibagi media tanam jamur), antara 30 hingga 35%.

2.) Perhatikan miseliumnya, pilih yang tidak terlalu padat sehingga sanggup merata ke seluruh penggalan pada media tanam.

3.) Pastikan bibit yang anda pilih tidak dalam kondisi kadaluarsa

4.) Pastikan suplier yang menyediakan jamur sanggup dipercaya sehingga anda sanggup memastikan kualitas bibit jamur.

Setelah mendapat kualitas bibit jamur merang yang berkualitas baik, selanjutnya yakni memelihara bibit jamur hingga bibit tersebut tumbuh. Yang harus diperhatikan adalah;

1.) Suhu dan udara harus dalam kondisi lembab dimana jamur umumnya tumbuh. Anda sanggup memakai alat pengukur untuk memastikannya kalau perlu.

2.) Bibit jamur jangan hingga terkena mikroorganisme yang mungkin sekali sanggup merusak kualitas bibit jamur nantinya.

3.) Untuk memastikan tidak ada mikroorganisme yang masuk, kondisikan lingkungan dalam keadaan yang steril.

Saat mulai menebar benih, berikut cara yang sanggup anda lakukan;

Sentukan media tanam yang hendak digunakan. Jamur merang umumnya sanggup memakai bermacam-macam jenis menyerupai jerami, kardus, ampas sagu, limbah kelapa sawit, gergaji kayu, dan lain sebagainya.

Namun umumnya media yang dipakai oleh para pembudidaya yakni adonan jerami dan kapas dengan komposisi 50:50, kemudian bekatul, urea, kapur tani secukupnya.

Setelah anda menyediakan media tanam, waktunya anda menyemainya.

Potonglah jerami yang anda gunakan sebagai media tanam dengan panjang sekitar 10-15 cm sesudah itu campurkan dalam air selama semalam.

Siapkan media tanam dan letakan jerami yang telah ditiriskan pada media tanam yang berukuran 2x2x2 m kemudian diamkan selama 4-6 hari.

Anda harus senantiasa membolak balik media tanam ini dan menambahkan 11% dedak, 1,2% kapur pertanian dan 2% superpostat.

Hal yang selanjutnya harus anda lakukan yakni melaksanakan sterilisasi.

Sterilisasi dilakukan dengan cara meletakan media tanam dalam kubung jamur. Pastikan media tanam mempunyai antara 15-20 cm. Setelah anda menutupnya dengan rapat, anda sanggup memberinya uap panas hingga 4 jam.

Setelah sterilisasi dilakukan, bibit jamur sudah siap untuk ditebar.

Sebanyak antara 10 hingga 14  botol 220 cc sanggup anda sebar pada media tanam.

Anda harus menjaga kondisi lingungan tetap lembab, dengan kelebaban sekitar 65% dengan suhu 33 derajat celsius dan tambahkan juga lampu pijar 60 watt.

Antara 8-12 hari jamur tiram sudah sanggup dipanen.

Strategi Pemasaran Bisnis Jamur Merang
Bagi kebanyakan petani pemula, dilema pemasaran yakni tantangan terberat selanjutnya yang harus dihadapi.

Bagi bisnis budidaya merang, pemasaran yang sederhana sanggup dilakukan dengan munjualnya kepada pengecer di pasar tradisional.

Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 16.000,- hingga Rp. 18.000,- tergantung tempat dan kualitas jamur merang.

Jika anda sanggup mengungguli pemasok yang lain, anda sanggup menguasai jaringan distribusi jamur merang di kawasan anda terlebih kalau kawasan anda tidak ada tempat budidaya jamur merang.

Namun memasarkan produk di pasar tradisional umumnya cukup berdarah-darah alasannya para suplier akan bersaing harga alih-alih kualitas.

Sebagai solusinya, anda sanggup memasarkan di supermarket dengan harga yang jauh lebih tinggi. Namun untuk memasarkan produk di supermarket bukanlah kasus yang mudah.

Ada banyak suplier lain juga yang turut bersaing semoga mereka sanggup mengambil hati pihak supermarket. Jika anda ingin bersaing dengan mereka, ada hal yang sanggup anda lakukan semoga jauh lebih berpeluang masuk ke pasar supermarket, diantaranya;

1. Lengkapi persyaratan yang diberikan supermarket
kalau anda tiba ke supermarket untuk meletakan dagangan anda disana, itu bukanlah kasus gampang sebagaimana anda menitipkan dagangan di warung.

Hal yang dilakukan supermarket adala mengetahui segala hal wacana anda, perjuangan anda dan produk anda.

Anda akan diberikan forumulir untuk diisi. Isilah dengan jujur alasannya akan menjadi pertimbangan bagi pihak supermarket.

Untuk mingkatkan probabilitas diterimanya produk anda di minmarket, anda perlu melaksanakan hal selanjutnya.

2. Memiliki legalitas dan izin
Izin usaha, tubuh perjuangan menyerupai CV atau PT, lebel halal MUI, nomor hak merek dagang yang terdaftar dan lain-lain.

3. Memiliki packing yang bagus
Selain packing yang bagus, kalau memasuki pasar supermarket, anda harus menyediakan cup air semoga jamur selalu dalam kondisi segar.

4. Memiliki keunggulan bersaing yang jelas
Anda harus benar-benar mempunyai keunggulan bersaing yang terang melebihi kompetitor anda semoga supermarket mempunyai alasan yang besar lengan berkuasa menentukan produk anda.

5. Memiliki stok yang cukup
Ini yakni salah satu perimbangan utama supermarket. Supermarket tidak mau kerjasama dengan suplier yang telat menyediakan atau mempunyai stok yang tidak sanggup diandalkan.

Selain dari penjualan jamur, ternyata anda juga sanggup memperoleh uang dari model bisnis lain menyerupai membuka training budidaya jamur merang atau membangun wisata budidaya jamur yang profesional di tempat anda.

Anda juga sanggup memulai koperasi jamur merang di kawasan anda untuk membantu masyarakat sekitar untuk membantu menyebarkan ekonomi mereka. Sehingga tidak hanya anda seorang yang memperoleh manfaat dari bisnis ini, namun orang sekampung sanggup mencicipi imbas yang anda berikan.

Ini yakni bisnis yang gampang dialankan dan dipasarkan. Setelah anda mengetahui segala hal wacana bisnis jamur merang, sudah siap untuk memulainya?