Halo Sahabat PECADU  (Pejuang Cari Duit)..
Tahukah Kamu? Bahwa dompet digital ialah salah satu terobosan instrumen pembayaran ketika ini. Untuk membayar tagihan, Kamu sanggup memakai dompet digital yang telah Kamu setor dengan sejumlah Dana. 

Jika kartu kredit membebani Kamu dengan biaya dan prangko keuangan yang tinggi maka dompet digital sanggup menjadi solusi yang hemat. Dompet digital ini menyerupai akun online yang sanggup Kamu gunakan untuk membayar tagihan, berbelanja online, dan membeli kemudahan transportasi. 

Seperti OVO dan Dana Kamu perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan dari OVO dan Dana sebagai pertimbangan Kamu dalam menentukan dompet digital.

1. Kelebihan dan Kekurangan OVO

OVO ialah aplikasi akil yang memberi Kamu peluang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat. Kamu sanggup memakai OVO untuk bertransaksi di semua merchant OVO.

Bisa juga mengumpulkan dan memakai OVO Points di merchant bertkamu OVO Zone. Ada juga dua jenis metode pembayaran, yaitu OVO Cash dan OVO Points. Secara umum, OVO Cash sanggup dipakai untuk banyak sekali pembayaran yang telah bekerja dengan OVO menjadi lebih cepat. 

Sedangkan OVO Points ialah imbalan loyalitas bagi mereka yang melaksanakan transaksi memakai OVO Cash di merchant kawan OVO. Untuk OVO Points sendiri, sanggup ditukar dengan banyak sekali penawaran menarik sampai ditukar untuk transaksi di merchant kawan OVO. 

OVO memperlihatkan kenyamanan bertransaksi tanpa mengharuskan pelanggannya membawa terlalu banyak uang tunai. Salah satunya cukup untuk memperlihatkan aplikasi OVO di mana ada saldo tunai dan poin.

Tidak menyerupai cashless lainnya, OVO mengatakan beberapa manfaat lain menyerupai kartu kredit. 

a. Kelebihan utama OVO yaitu: 

1. Pembayaran OVO memperlihatkan kemudahan dalam transaksi dan pembayaran untuk semua kebutuhan di pedagang yang telah bekerja sama. Kamu sanggup melaksanakan transaksi tanpa uang tunai di lebih dari 60.000 outlet / pedagang dari Sabang - Merauke. 

2. Poin Seperti yang disebutkan sebelumnya, OVO tidak hanya memperlihatkan media pembayaran, OVO juga memperlihatkan imbalan kesetiaan yang sanggup Kamu dapatkan setiap kali Kamu melaksanakan transaksi di banyak sekali pedagang yang bermitra dengan OVO.

Setiap kali Kamu melaksanakan transaksi minimum Rp 10.000, Kamu akan mendapat Poin OVO. Setiap 1 OVO Points yang Kamu kumpulkan bernilai Rp. 1.

Selain mempunyai banyak kelebihan, OVO juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus Kamu ketahui menyerupai di bawah ini. 

b. Kekurangan OVO :

1. Masih ada tagihan yang tidak lengkap menyerupai tidak adanya pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, PBB dll. 

2. Peningkatan dari Ovo Club ke Ovo Premiere harus tiba eksklusif ke stan tetapi tidak sanggup dilakukan secara online. 

Nah, itulah beberapa diskusi menarik ihwal apa itu OVO, kelebihan dan kekurangan yang harus Kamu ketahui. Selain OVO, ada juga beberapa produk uang elektronik lainnya menyerupai DANA, LinkAja, Gopay dan banyak lainnya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Dana

Ini sama dengan beberapa dompet digital yang ada ketika ini, di mana setiap uang elektronik yang tersedia mempunyai fungsi dan manfaat yang sama. Selain ingin membayar tagihan listrik dan internet. Dana juga sanggup dipakai untuk pembayaran di beberapa pedagang.

Caranya sangat gampang dan cepat hampir sama menyerupai OVO, tetapi Kamu harus terlebih dahulu mengecek apakah saldo Kamu mencukupi atau tidak untuk melaksanakan pembayaran. Adapun cara top up saldo Dana itu sangat gampang dan sanggup dilakukan di beberapa daerah yang sudah sanggup dilayani. 

Lalu apa itu Dana? Dana ialah uang elektronik menurut layanan pembayaran digital memakai aplikasi. Meskipun banyak orang sudah tahu apa itu Dana, tapi ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu ihwal fungsi dompet digital dan apa manfaat memakai Dana. 

a. Beberapa kelebihan memakai Dana adalah:

1. Prosesnya lebih cepat dan mudah
Sama menyerupai jikalau Kamu ingin berbelanja online di Bukalapak, Kamu sanggup memakai saldo Dana Kamu untuk pembayaran barang yang Kamu lakukan di Bukalapak. Bahkan untuk prosesnya sangat gampang dan cepat, tidak menyerupai memakai pembayaran melalui transfer bank. 


2. Banyak promonya
Tentu tidak hanya itu, ada banyak lagi manfaat yang sanggup Kamu rasakan. Apalagi jikalau ada promo yang sedang diadakan, contohnya promo diskon hanya 50% untuk pembayaran Dana di beberapa merchant. 

3. Transfer lebih efisien
Dengan memakai promo yang ada, tentunya itu akan sangat bermanfaat bagi kita semua jikalau dibandingkan dengan pembayaran tunai. Adapun manfaat lainnya, Kamu sanggup mentransfer saldo dengan gampang dan cepat, masih ada banyak manfaat lain yang sanggup Kamu rasakan memakai Dana.

b. Kekurangan Dana

1. Belum ada untuk pedagang / penjualnya
Jika kita melihat kelebihan dan fungsi dompet digital Dana, tidak ada kerugian. Karena Dana telah menjamin keamanan 100%, jadi kami merasa tidak ada kerugian. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan, yang bagi pedagang belum tersedia, tapi ini bukan problem besar. Karena bagi pedagang yang ada, hampir semuanya telah tersebar di seluruh Indonesia.

Related : Pilih Ovo Atau Dana, Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya.