Widget HTML #1

9 Alasan Anda Perlu Fokus Pada Long Tail Keyword Untuk Seo



Pemilik blog sering tidak terbiasa dengan konsep long tail keyword dan tidak menyadari potensi besar yang dimiliki oleh kata kunci jenis ini.

Sebenarnya, tidak ada yang rumit perihal long tail keyword hanya saja sesorang harus mempunyai pemahaman yang baik perihal cara menggunakannya. Ada banyak alasan anggun untuk memanfaatkan kemampuan tersembunyi long tail keyword ini diantaranya:

1. Long tail keyword sanggup menciptakan anda lebih unggul dari pesaing anda


Meskipun "VR" mempunyai lebih dari 1 juta pencarian bulanan, dan "virtual reality" mempunyai kurang dari satu juta pencarian dan dalam hal persaingan, itu juga akan sangat berbeda.

Konsumen yang mencari kata kunci tingkat tinggi ini mungkin tertarik pada industri VR, tetapi mereka mungkin tidak tertarik untuk membeli apa pun.

Jika anda bergerak di industri produk VR, mungkin anda mengatakan game, aplikasi, atau headset.

Kata kunci game VR terbaik, aplikasi VR terbaik, dan aplikasi realitas virtual terbaik semuanya mempunyai volume pencarian yang lumayan. Dan yang terpenting, kata kunci semacam ini mendorong terjadinya penjualan.

Jika saya ingin membeli game VR, saya tidak mencari istilah generik seerti "VR."

Alih-alih memakai kata kunci itu, saya kemungkinan mencari blog untuk "game VR terbaik" untuk memutuskan game mana yang harus saya beli atau install.

Bahkan kalau saya tahu secara spesifik game mana yang saya inginkan, long tail keyword tetap sangat berguna.

Contoh lain:

Mari kita perhatikan kata kunci berikut:
sepatu laki-laki - 93.900.000 hasil ditemukan di Google.co.id
sepatu laki-laki desainer - 50.600.00 hasil ditemukan di Google.co.id
diskon sepatu laki-laki desainer Italia - 197.000 hasil ditemukan di Google.co.id.
Seperti yang kita lihat, semakin panjang kata yang digunakan, semakin sedikit situs yang cocok, dan tentu saja semakin tidak kompetitif.

Oleh alasannya itu, long tail keyword umumnya lebih gampang berperingkat tinggi. Jadi, alih-alih bersusah payah untuk mencoba muncul di peringkat nomor 20 untuk sepatu laki-laki desainer, mengapa tidak mengoptimalkan halaman biar muncul untuk kata kunci sepatu laki-laki desainer Italia atau sepatu laki-laki desainer Prancis?

2. long tail keyword mengatakan konteks yang spesifik untuk konten anda


Google selalu mendorong pencarian kontekstual, dan dengan pembaruan 2017 Hummingbird, Google semakin memahami konteks dari sebuah konten di web alih-alih hanya melihat kata kuncinya.

Jika nama update Android menurut nama sajian penutup, nama pembaruan algoritma Google menurut nama-nama hewan.

Misalnya panda dan penguin yang ditakuti oleh para pakar SEO semenjak kemunculannya.

Maka dengan memakai long tail keyword Google akan tahu bahwa anda tengah membahas tokpik spesifik tertentu dan Google akan dengan gampang menemukannya.

3. Pengunjung sangat spesifik


Saat polisi ingin mencari perampok, polisi membutuhkan banyak rincian yang spesifik. Semakin spesifik, polisi akan jauh lebih gampang menemukan perampok tersebut.

Hal ini juga berlaku pada kata kunci. Semakin panjang dan detail, semakin gampang pencari menemukan situs anda. Pengunjung yang menemukan situs anda melalui long tail keyword akan menjadi sasaran market yang spesifik, tentu ini akan meningkatkan penjualan kalau dimanfaatkan dengan benar.

Dan bahwasanya inilah yang dilakukan situs-situs besar yang ada di Indonesia menyerupai Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya yang disebut dengan Content Marketing.

Dimana blog situs tersebut menampilkan konten yang berkhasiat yang spesifik terkait dengan produk atau layanan perusahaan.

4. Tingkat konversi yang lebih tinggi


Pengguna yang mencari dengan memakai kata kunci yang spesifik biasanya lebih berpotensi untuk melaksanakan pembelian daripada kata kunci yang umum.

Kaprikornus ini sanggup mengatakan konversi yang jauh lebih baik. Kaprikornus kalau anda berinvestasi pada kata long tail keyword, anda bahwasanya telah menerapkan seni administrasi untuk meningkatkan kualitas daripada kuantitas.

5. Memuat beberapa kata kunci pendek dalam long tail keyword


Alasan lain mengapa long tail keyword penting yaitu anda bisa menargetkan beberapa kata kunci sekaligus. Misalnya kata kunci “sepatu laki-laki desainer italia” mengandung kata kunci “sepatu pria”, “desainer italia”, “sepatu desainer italia”, dan “sepatu italia”. Ibarat menembak banyak burung sekaligus dengan satu peluru.


6. Bagus untuk ceruk yang sangat kompetitif


Dalam beberapa bidang, persaingan sangat sengit sehingga, ketika anda hingga di puncak hasil pencarian, anda takut untuk melihat ke bawah, alasannya anda akan melihat kerumunan massa pesaing, yang siap untuk menggulingkan anda setiap saat.

Jalan keluar yang terbaik untuk merasa lebih kondusif yaitu dengan mencari kata kunci alternatif untuk dioptimalkan, yaitu, long tail keyword.


7. Personalisasi pencarian


Saat ini hasil pencarian semakin dipersonalisasi, yaitu, diubahsuaikan khusus untuk lokasi geografis pengguna, usia, jenis kelamin, minat, dll. Orang yang berbeda ketika mencari kata kunci yang sama sanggup melihat hasil pencarian yang sangat berbeda.

Namun, untungnya, long tail keyword sanggup membantu anda mengoptimalkan situs web anda untuk aneka macam kategori pengguna, alasannya long tail keyword lebih spesifik. 


8. Sempurna untuk PPC


Banyak Internet marketer oke bahwa iklan PPC (Pay Per Click) sebagian besar harus long tail keyword. Dan inilah alasannya. Di PPC, anda membayar setiap kali seseorang mengklik iklan anda. 

Jika anda menawar dengan non-spesifik, istilah yang sangat umum anda akan mempunyai tingkat klik-tayang yang lebih rendah dan konversi yang lebih rendah juga.

Dengan demikian, banyak uang akan terbuang sia-sia untuk kemudian lintas yang ditargetkan.

Tapi, kalau anda menawar kata yang lebih spesifik itu lebih baik. Jelaskan apa yang anda jual atau tawarkan, anda cenderung menarik pengunjung yang sempurna ke situs anda, dan kampanye PPC anda akan lebih efektif.

9. Ide long tail keyword gampang ditemukan


Anda sanggup memakai bermacam-macam tool yang sanggup anda gunakan untuk menemukan kata kunci yang tepat. Misalnya anda sanggup memakai tool Keywordtool.io untuk menemukan kata kunci yang tepat. Pada situs tersebut akan muncul banyak kata kunci turunan dari kata kunci utama.

Selain itu, anda juga sanggup memakai LongTailKeyword Pro untuk hasil yang lebih baik.

Selain yang telah dijelaskan diatas, ada  banyak alasan lain yang tidak disebutkan. Misalnya meningkatkan secara optimal akan jauh lebih gampang dan anda juga tidak memerlukan begitu banyak halaman untuk mendukung konten-konten long tail keyword anda. Ini akan berakibat baik untuk kemajuan web anda.

Namun meskipun mempunyai long tail keyword banyak kelebihan, namun jangan hingga anda menciptakan kesalahan kedua yang paling umum yaitu menciptakan kata kunci yang terlalu panjang.

Ini justru akan berakibat jelek alasannya anda akan kehilangan banyak kesempatan memperoleh lebih banyak pengunjung.

Selain itu, terlalu banyak konten yang berisi kata kunci yang sama menciptakan situs anda “kurus”. Google juga curiga bahwa web ini bermaksud mengakali Google yang nantinya akan berakibat jelek yang tidak diinginkan.