Hi developers! kali ini kita mau bahas gimana caranya membangun traffic untuk website baru. Pada umumnya, salah satu informasi utama bagi website gres yaitu sedikitnya traffic website. Traffic website menjadi salah satu perhatian penting dalam suatu website. Yap, pastinya setiap orang yang menciptakan website mempunyai tujuan utama yaitu websitenya bisa dilihat dan menjangkau banyak orang. Kembali lagi kepada fungsi utama website yaitu menawarkan informasi ke orang lain.


Langkah Awal Membangun Traffic
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh website gres untuk mendapat pengunjung setiap harinya. Traffic bisa didapatkan melalui organik maupun berbayar.

1. Organik. Biasanya seseorang bisa menemukan suatu website melalui search engine yang ada. Sudah menjadi kebiasaan seseorang untuk mencari informasi melalui search engine. Sebuah kata kunci akan diisi sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Pastikan websitemu supaya menduduki peringkat 1 di search engine.

a. Merencanakan Keyword. Riset kata kunci melalui website riset keyword menyerupai ubersuggest. Apa yang ada dipikiran kita tidak sama dengan apa yang ada di market. Jangan pernah mengandalkan kemampuan asumsi kita sendiri. Kita tidak mengetahui apa yang orang sukai.

b. Share ke Facebook. Bahkan beberapa SEO tool menyarankan pemilik website untuk share ke facebook. Seperti yang kita ketahui facebook menjadi salah satu sosial media terkenal sampai ketika ini. Berbagai kalangan dari segala usia mempunyai facebook. Selain bisa mendatangkan traffic dari link yang kita share ke facebook. Tanpa kita sadari dengan share tersebut kita menciptakan sebuah backlink yang nantinya bermanfaat dalam ranking website yang kita miliki. Link yang dishare ke facebook juga akan terindeks di search engine. Hal ini bisa meningkatkan traffic ke website yang kita miliki.

c. Rich Enhancement. Pernahkah kalian melihat sebuah website di google search yang mempunyai tampilan yang berbeda? Pada dasarnya website yang tampil di google search akan tampil default dengan Judul, Deskripsi, dan Link dari suatu Website. Pernahkah kau melihat sebuah list link,gambar atau bahkan video di bawah deskripsi dari hasil pencarian google? Jika ya. Maka kau harus bisa membuatnya. Karena, Rich Enhancement menciptakan sebuah website terkesan lebih profesional di mesin pencari.

d. Membeli sebuah domain. Hal ini juga bisa menghipnotis traffic website. Website dengan custom domain akan cenderung lebih gampang untuk diklik dibandingkan website dengan domain gratis. Ketika share post ke sosial media pun tidak dianggap spam sehingga kau akan lebih gampang untuk share post website.

2. Berbayar. Ada beberapa daerah beriklan yang manis bagi kau yang mempunyai pendanaan lebih. Saya sarankan jikalau mempunyai budget yang tanggung lebih baik fokus mencari traffic organik. Seperti website yang kau baca kini ini. traffic jauh lebih besar melalui organik dibandingkan dengan traffic dari ads berbayar.

1. Google Ads. Google menjadi daerah terbaik untuk beriklan website. Hal ini dikarenakan Google merupakan mesin pencari yang biasa dipakai oleh orang lain. Sebelum memulai iklan di google ads, Pastikan kau menentukan audience yang sempurna target supaya pengunjung dari traffic berbayar bisa lebih terhubung dengan konten blog yang kau miliki.

2. Facebook Ads. Facebook Ads pun menjadi salah satu media yang baik untuk beriklan. Hanya saja facebook ads kurang ramah dengan mesin pencari. Kamu bisa memanfaatkan facebook ads untuk branding websitemu dan meningkatkan merk awareness.

Ok. mungkin segitu dulu aja, semoga bisa membantu kalian yang gres buat website ya :)
Related : Cara Membangun Traffic Untuk Website Baru.