Widget HTML #1

Langkah-Langkah Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses




Ada jutaan bisnis berdiri setiap tahunnya di Indonesia.

Ada berbagai alasan seseorang memulai bisnis entah sebab ikut-ikutan, sebab bosan bekerja, sebab mempunyai ilham bisnis yang unik, sebab ingin mempunyai kebebasan finansial dan lain sebagainya.

Namun tidak setiap bisnis yang dimulai niscaya akan sukses. Kenyataannya hanya sekitar dua pertiga bisnis dengan karyawan setidaknya bertahan dua tahun dan sekitar setengah bertahan lima tahun.

Kaprikornus anda mungkin kini tengah menghadapi kenyataan yang menantang yang mungkin sulit untuk dilewati bila anda benar-benar tetapkan untuk memulai bisnis.

Kaprikornus untuk mencegah gagalnya bisnis yang hendak anda jalani, anda harus mengantisipasinya dengan menambah pengetahuan perihal langkah-langkah untuk membangun bisnis yang sukses.

Berikut ini CariDuit.id telah merangkum 10 langkah-langkah yang anda butuhkan untuk memangun bisnis ang sukses.

Telaah kembali ilham bisnis anda


Jika anda membaca artikel ini, saya mengansumsikan anda telah mempunyai ilham bisnis yang ingin anda jalankan.

Sekarang ilham itu harus dibandingkan dengan kenyataan apakah nantinya akan berpotensi untuk berhasil atau tidak.

Hal yang perlu dilakukan yaitu melaksanakan proses validasi mengenai ilham bisnis anda sebelum melangkah lebih jauh.

Agar bisnis benar-benar bisa sukses, bisnis anda harus sanggup memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan dan mengatakan sesuatu hal yang diinginkan oleh pasar.

Ada berbagai cara untuk mengidentifikasi kebutuhan ini diantaranya penelitian, kelompok fokus, bahkan melaksanakan uji coba.



Saat anda melaksanakan riset pasar, anda harus mengatakan pertanyaan kepada sasaran market anda dengan beberapa pertanyaan seperti;

• Apakah ada kebutuhan untuk produk tersebut?

• Siapa yang membutuhkannya?

• Apakah ada perusahaan lain yang mengatakan produk / layanan serupa sekarang?

• Seperti apa kompetisi persaingan produk tersebut?

• Bagaimana bisnis Anda cocok dengan pasar?

Jangan lupa untuk bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan, perihal memulai bisnis sebelum Anda mengambil risiko.

Buat rencana


Untuk mengakibatkan ilham bisnis anda menjadi kenyataan, anda perlu rencana. Rencana bisnis menjadi cetak biru yang akan memandu bisnis anda dari awal hingga akhir.

Setiap bisnis memerlukan planning semoga mengetahui arah dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Jika anda tertarik memulai bisnis dengan dana investor, maka planning bisnis yaitu sebuah keharusan.

Rencana bisnis jenis ini akan memerlukan perencanaan yang menyeluruh dan detail untuk mengatakan keyakinan kepada investor dan bank atas ilham bisnis anda.

Rencana bisnis akan menjadi kompas. Jika anda hendak menciptakan untuk diri anda sendiri, anda tidak perlu membuatnya begitu kaku, buat saja dengan beberapa halaman kertas yang sanggup anda buat.

Membuat planning selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Alokasikan Uang Anda


Memulai suatu bisnis tidak mensyaratkan mempunyai banyak uang, namun anda perlu menginvestasikan sejumlah uang dan kemampuan untuk sebagai modal awal anda membangun usaha.

Anda sanggup menciptakan alokasi keuangan anda memakai Microsoft Excel untuk mulai menghitung uang yang akan anda gunakan.

Mungkin anda membutuhkan pengurusan izin usaha, biaya sewa ruko, karyawan, program pembukaan, dan lain sebagainya.

Dan juga apa yang mungkin saja menjadi pengeluaran dimasa yang akan tiba setidaknya 12 bulan kedepan. Gabungan biaya tersebut sebab akan menjadi citra biaya awal yang anda harus keluarkan.




Pilih tubuh aturan yang sesuai


Ada terdapat bermacam-macam tubuh aturan yang sanggup anda pilih yang paling cocok dengan anda menyerupai UD, Firma, CV, dan PT. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing maka pilihlah dengan bijak mana yang paling cocok untuk anda.

Namun bila anda sama sekali tidak mempunyai bisnis dan memulainya dari nol dengan modal yang minim, disarankan untuk lebih dulu fokus pada bisnis yang dijalankan, kemudian mengurus perizinan dibelakang dikala sudah tumbuh cukup besar. Namun bila sebaliknya, anda harus menciptakan perjuangan berbadan hukum.

Jika anda hendak mendapat investor, tentu saja pilihannya yaitu PT, itu akan sangat memudahkan perpindahan kepemilikan bisnis dan akan jauh lebih dipercaya dari tubuh perjuangan lainnya.

Daftarkan nama bisnis anda


Nama bisnis anda mempunyai tugas dalam kesuksesan bisnis anda.

Nantinya segala hal perihal bisnis anda akan terlekat dengan nama bisnis yang anda jalanakan.

Kaprikornus perhatikan baik-baik nama bisnis yang anda gunakan. Jika anda telah  mempunyai nama bisnis yang hendak anda gunakan, coba cek kembali apakah nama tersebut telah terdaftar sebagai nama perusahaan atau merek atau belum.

Jika anda menemukan nama bisnis yang belum didaftarkan, anda sanggup mendaftarkannya dengan segala macam ketentuan yang harus anda penuhi untuk mendaftarkan nama bisnis anda.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan nama domain untuk bisnis anda, nantinya anda sanggup mempromosikan bisnis anda di situs Internet.

Urus Izin-izin yang diperlukan


Izin perjuangan sanggup dalam bentuk yang bermacam macam, dan sangat berbeda beda.

Misalnya bisnis kuliner memerlukan lisensi halal MUI semoga produk benar-benar sanggup dijamin.

Demikian juga dengan bisnis lainnya seprti properti yang memerlukan izin mendirikan bangunan.

Sistem Pembukuan


Sistem pembukuan yaitu hal yang penting dalam bisnis semoga keuangan sanggup dilihat dengan jauh lebih baik tiba dan perginya.

Ini sangat diharapkan untuk mengelola anggaran dan mendapat tarif serta harga.

Untuk melaksanakan bisnis dengan orang lain dan mengurus pajak nantinya. Anda sanggup melakukannya sendiri dengan dukungan software atuapun mendelegasikannya kepada orang lain.



Tentukan Lokasi Bisnis Anda


Tempat bisnis anda penting untuk beroperasinya bisnis anda. Nantinya apakah anda mempunyai kantor pusat, ruang kantor bersama, atau pribadi.

Dan apakah peralatan yang nantinya anda butuhkan dalam menjalankan operasional bisnis anda. Itu pelu anda pikirkan lebih lanjut.

Jika lokasi bisnis anda menuntut untuk berada di kawasan yang strategis, anda sanggup menyewa kawasan yang sekiranya cocok untuk bisnis anda.

Siapkan Karyawan yang Kompeten


Jika bisnis anda mempekerjakan karyawan, saatnya anda menyiapakan karyawan yang nantinya akan bekera sama satu sama lain untuk kepentingan bisnis. Anda sanggup mulai menuliskan kepingan apa saja yang perlu diisi di dalam bisnis anda.

Dalam menemukan karyawan yang tepat, anda perlu mengikuti prinsip PIS yaitu;

P : Passion
I : Integrity
S: Skill

Jika anda menemukan karyawan dengan tiga kriteria tesebut, bisnis anda akan berjalan jauh lebih mudah.



Namun bila anda yaitu seorang solopreneur sejati, yang menghadapi segalanya sendirian, anda mungkin saja tidak membutuhkan karyawan. Namun niscaya anda membutuhkan dampingan dan dorongan dari orang lain menyerupai mentor, pelatih, keluarga, dan teman-teman yang akan memotivasi anda dikala anda sedang dalam masa-masa sulit.

Promosikan bisnis anda


Saat anda hendak menjalankan bisnis, anda harus mulai menarik pelanggan dan pelanggan anda seharusnya terus bertambah. Untuk itu anda harus melaksanakan promosi untuk mengenalkan bisnis anda kepada sebanyak mungkin orang.