Semuah bisnis investasi tentu mempunyai resiko yang tidak bisa dihindari biasanya bersumber dari kesalahan kesalahan yang di sengaja dan tidak disengaja pada diri investornya sendiri yang bekerjasama dengan pergerakan harga pasar, disamping itu juga ada pontesi laba yang sanggup di harapkan bila resiko sanggup dihindari.

pada kenyataan nya tidak ada jaminan bahwa orang di dunia bisa menjawab sempurna indeks saham naik atau turun disisi lain anda bisa menganalisis pasar biasa nya anlisis yang sering dilakukan oleh investor untuk mengetahui harga suatu aset mahal atau murah namun itu semuah tidak ada jaminan untung atau rugi.

jika anda ingin tau bagaimana cara nya seseorang bisa bertambah kaya melalui investasi? jawab nya yaitu anda perlu lebih jauh memahami investasi bisa dengan cara membeli buku atau mentor yang telah usang bergelut dibidang tersebut. 

berinvestasi dibursa imbas anda harus pula di iringin dengan suatu tranding system yang sudah jelas, tranding sistem tidak lain yaitu suatu sistem yang bisa menawarkan citra kapan ketika nya beli dan kapan saatnya jual dengan tujuan untuk memantau atau membatasi resiko pada ketika pasar sedang terpuruk.

untuk membatasi resiko berlebihan anda bisa mengaplikasikan diversifikasi yang lebih akurat guna membatasi resiko atau melindungin investasi kita(hedging), dalam dunia keuangan hedging diartikan suatu tindakan yang dilakukan seorang investor yakni menambah suatu posisi yang berlawanan dengan investasi yang dilakukanya guna untuk meminimalisir resiko kerugian.

cara lebih simple nya untuk melindungin(hedging) investasi saham anda yaitu dengan memakai suatu instrumen derivatif tidak lain tidak bukan disebut put options.

put option yaitu suatu kontrak derivatif yang menawarkan hak untuk menjual suatu aset bisa berupa saham komoditas dan valas pada harga tertentu dan mempunyai masa berlaku sampai jangka waktu terntentu umum nya put options bergerak berlawanan arah dengan harga saham dengan kata lain bila saham naik put options nya turun dan sebalik nya.

option yaitu suatu kontrak yang menawarkan hak beli dan hak jual aset pada harga akad terntentu dengan masa berlaku hinga jangka waktu tertentu.

call options yaitu kontrak derivatif yang menawarkan hak beli atas saham tertentu pada harga(strike price)tertentu dengan masa berlaku sampai waktu tertentu.

last traded price yaitu harga transaksi terakhir
ask price harga yang harus anda bayar bila ingin membeli
bid price harga yang anda trima bila anda menjual

berdasarkan strike price call option dikateogrikan menjadi tiga yakni in the money, at the money, out of the money

put option yaitu kontrak derivatif yang menawarkan hak jual atas saham tertentu dengan harga tertentu.

lima komponen greeks

the greeks symbol yunani dalam option trading dikenal sebagai suatu ukuran yang memilih perubahan harga option untuk tiap tiap variabel yang memengaruhi harga option yakini delta,gamma,thetta,vega,dan rho.

delta($) merupakan ukuran yang menyatakan besaran perubahan harga option ketika harga saham underlying bergerak naik/turun

gama(y) yaitu ukuran yang memilih seberapa besar perubahan yang terjadi pada delata apabila harga underlying asset

theta(q) ukuran penyusutan waktu yang terjadi pada harga option tertentu 

vega(v) variabel greeks yang menandakan besarnya perubahan harga option atas terjadinya perubahan pada volatilitas, volatilitas yaitu suatu ukuran  yang menyatakan seberapa besar tingkat fluktuasi adapun tiga jenis volatilitas yakni statistical,implied,feture volatility.

rho(p) yaitu ukuran menyatakan besarnya efek perubahan tingkat suku bunga pada harga suatu option
Related : Mengenal Investasi Saham.