Widget HTML #1

Seo Checklist: Aspek Seo Yang Harus Anda Penuhi



Optimasi mesin pencari telah menjadi persyaratan penting dari situs web. Ini tidak lagi opsional.

Saat ini kita sudah jauh melampaui kurun "jika kita membangunnya situs, pengunjung akan tiba dengan sendirinya,".

Pada dikala yang sama, kita semua tahu bahwa banyak pemilik situs web mulai dari perusahaan yang gres berdiri hingga perusahaan besar dari organisasi nirlaba bahkan hingga merek besar juga sedang berjuang dengan SEO.

Kita sanggup melihat begitu banyak kata kunci dikala ini telah dibanjiri oleh situs-situs besar yang hampir tidak mungkin dikalahkan dan yang tersisa hanya remah-remah mereka yang kita perebutkan satu sama lain.

Namun jikalau anda sanggup merencanakan dan bertindak dengan baik, sebenarnya terdapat celah besar yang sanggup anda isi dalam SEO.

Karena sebagian orang banyak yang tidak begitu teliti dalam hal SEO web mereka, jikalau anda cukup fokus dalam hal ini, anda sanggup bersaing dengan mudah.

Banyakorang yang hanya berfokus pada konten dan backlink. Sebetulnya ada hal teknis yang harus dipenuhi semua pemilik website. Dalam artikel kali ini, penulis akan menjabarkan hal teknis ini.

CariDuit.id telah merangkum beberapa daftar aspek SEO yang secara teknis, harus anda penuhi pada website anda:

Platform Pelaporan Gratis


Mulailah dengan memastikan Anda mempunyai Google Search Console, Bing Webmaster Tools, dan Google Analytics.

tool-tool ini semuanya menunjukkan data diagnostik dan analitik yang berkhasiat bagi Anda dan akan membantu Anda kedepannya.

Sitemap XML


Ini ialah daftar isi untuk situs web Anda. File sitemap ialah cara modern "mengirimkan" halaman Anda ke mesin pencari.

Sebagian besar platform situs web mempunyai built in ini atau mempunyai plugins / add-on yang akan menciptakan sitemap dinamis yang tetap sinkron dengan halaman-halaman di situs Anda.

Paling buruk, Anda setidaknya harus mempunyai yang statis yang sanggup Anda hasilkan melalui sejumlah alat gratis.

Robots.txt


File ini menunjukkan arahan kepada mesin pencari pada halaman atau potongan mana dari situs untuk tidak mengindeks. Secara default, mesin pencari akan melihat semua konten yang sanggup mereka temukan.


Domain


Anda harus memastikan apakah domain yang anda gunakan pernah digunakan untuk spamming atau tidak. Biasanya Google akan melaksanakan deindex domain yang melaksanakan spamming. Deindex menyebabkan situs web tidak sanggup ditemukan di Google.

Untuk memastikannya anda sanggup mengeceknya di Archive.org. Lihatlah apakah pernah digunakan untuk spamming atau belum. Jika ternyata pernah digunakan untuk spamming, jangan berkecil hati untuk menggantinya. Itu akan jauh lebih baik daripada tetap bersikukuh menggunakannya.

Navigasi Situs


situs yang mempunyai struktur dan hirarki yang terang maka akan semakin baik. Selain itu akan memudahkan pengunjung, mesin pencari suka dengan sajian topik yang terstruktur dan terorganisir. 

Kecepatan


mungkin anda pernah mengunjungi sebuah situs web, kemudian sebab anda menunggu loading yang begitu lama, kesannya anda keluar begitu saja dengan kesia-siaan telah membuang buang waktu anda yang berharga untuk menunggu sebuah situs web yang tidak menampilkan apapun.

Jangan hingga kejadian yang sama terjadi pada pengunjung anda. Selain menyusahkan mereka, pada kesannya Google akan menilai jelek situs anda.

Pertama, pengunjung yang keluar hanya beberapa detik sehabis pengunjung masuk menunjukkan sinyal kepada Google ada sesuatu yang salah pada situs web yang mereka rekomendasikan di halaman pencarian. Maka Google akan mendefinisikan bahwa web atau konten anda tidak berkualitas.

Kedua, Google sendiri mempunyai algoritma untuk menghitung lamanya situs web yang terbuka dengan sempurna. Tentu saja Google akan memprioritaskan halaman web yang mempunyai kecepatan yang tinggi.

Anda sanggup menemukan bermacam-macam cara untuk mempercepat halaman web anda contohnya dengan meminimalkan penggunaan Java Script, mengurangi penggunaan kode yang berat atau memakai plugin cache untuk Wordpress, mengurangi ukuran gambar, dan lain sebagainya.

Cobalah gunakan PageSpeed Insights untuk mengecek kecepatan situs anda di PC dan ponsel.

Ramah Ponsel
Dengan banyaknya orang yang memakai ponsel, sekarang pencarian memakai ponsel sama banyaknya dengan penggunaan PC.

Menyadari hal tersebut, terjadilah perubahan besar dalam algoritma Google. Dalam update terbaru, Google menunjukkan skor yang tinggi bagi situs web yang ramah ponsel. Maka daripada itu, anda harus memastikan bahwa halaman anda tidak hanya cepat, namun ramah ponsel.

Jika memang halaman anda tidak ramah ponsel, anda sanggup mengubah template atau menciptakan template khusus pengguna ponsel semoga sanggup mencapai skor yang tinggi.

Untuk mengeceknya anda juga sanggup menggunakan  PageSpeed Insights.


Halaman error 404


Anda harus menindaklanjuti error 404 sebab ini cukup mengganggu penggunaa dan juga berefek jelek pada SEO situs web anda.

Untuk menghilangkannya anda harus mengganti dengan halaman yang relevan atau jikalau terjadi sebab kesalahan penulisan link, segera perbaiki.

Banyaknya error 404 menunjukkan sinyal kepada Google bahwa situs anda tidak terurus dengan baik.

SSL

Sama ibarat kebutuhan mobile-friendly dan kecepatan situs, mempunyai situs yang kondusif sama pentingnya.

Jika website bukan di bawah SSL, Anda mungkin kehilangan pengguna bahkan sebelum mereka hingga ke situs Anda ketika mereka melihat peringatan keamanan di Chrome atau browser lain.

Tanamkan iktikad pada situs web Anda dengan mengambil langkah sederhana yang biasanya menerapkan sertifikasi SSL di situs Anda.

Plugin atau Ekstensi


Jika anda memakai CMS yang memungkinkan pemasangan ekstensi atau plugin ibarat Wordpress, anda sanggup menambahkan ekstensi atau plugin yang sanggup mendukung SEO anda bekerja dengan baik.

Namun berhati-hatilah dengan plugin atau ekstensi yang kurang sanggup dipercaya. Terkadang justru plugin atau ekstensi sanggup berakibat jelek pada situs web anda.

Misalnya terlalu banyak memasang ekstensi sanggup memperlambat situs web anda, dan pada kesannya akan mengurangi banyak aspek di situs web anda.

Selain itu ekstensi yang kurang sanggup mendapatkan amanah sanggup dianggap berbahaya oleh Google. Makara pilihlah ekstensi secara cermat dan bijaksana.


Itulah beberaapa aspek SEO yang harus anda penuhi. Sudahkah anda memenuhinya, silahkan periksa lagi dan lakukan pengubahan atau penambahan pada aspek-aspek yang luput dari perhatian anda.

Yang perlu anda tahu, dalam SEO, setidaknya ada tiga hal yang harus dipenuhi:

1. Hal teknis: mencakup apa yang telah dijelaskan diatas

2. Konten: berupa tulisan, gambar, infografis, video yang menginformasikan sesuatu kepada pengunjung situs anda.

3. Backlink: situs lain yang mereferensikan situs anda.

Ini ialah sinergi yang harus dipadukan semoga situs web layak untuk “dipromosikan” di halaman web.

Namun aspek lainnya akan kami jelaskan pada kesempatan lain.

Mengetahui dan memastikan aspek yang telah dijelaskan diatas sangatlah penting sebelum anda mulai untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal halaman web atau backlink.

Karena potongan ini sering kali luput untuk diketahui, saya berharap anda cukup terbantu dengan artikel ini.