Belajar Pemrograman

Pada umumnya, setiap pembelajaran dalam memahami suatu bahasa pemrograman mempunyai tahapan belajarnya. Jika sebelumnya kau pernah mencar ilmu bahasa pemrograman lain ibarat java, pascal, c++. Biasanya kau akan memulai pembelajaran dengan tutorial hello world kan? Belajar pemrograman website pun memerlukan urutan pembelajarannya. Apalagi dalam membangun sebuah website tidak hanya memakai satu bahasa saja.

Pemrograman Website

Pada dasarnya, setiap website sanggup dibangun hanya dengan memakai html saja. Akan tetapi, website yang hanya memakai html sudah tidak sanggup bersaing lagi dengan website-website yang dibentuk kini ini. Untuk dulu, memang masih banyak website yang hanya memakai html saja, mengingat kecepatan internet dulu tidak ibarat sekarang.  Direkomendasikan untuk setidaknya memakai html dan css untuk membangungun sebuah website.

Pada ketika memulai mencar ilmu pemrograman website, kau akan mencicipi hal yang berbeda. Tidak ibarat bahasa pemrograman lainnya yang biasanya memakai cmd untuk melaksanakan debug dan testing kepada programnya. Pemrograman website memakai internet browser secara pribadi untuk testing programnya. Selain itu, struktur html dan CSS tidak ibarat bahasa yang telah kau pelajari sebelumnya. Hal ini dikarenakan html dan CSS gotong royong hanya sebuah bahasa untuk mendesain dan sanggup disebut bukan bahasa pemrograman. Kecuali javascript, kau masih sanggup menemukan if, perulangan, function, dan lainnya. Hal ini disebabkan javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sanggup pribadi dipakai dalam pengembangan sebuah website.

Oke, pribadi aja kita masuk ke topik pembahasan utama kita. Disarankan untuk mengikuti urutan ini.

HTML Code

Dasar dari pembuatan website ialah html. HTML merupakan fondasi dari sebuah website. tanpa adanya html. Maka sebuah website akan kosong tidak mempunyai tampilan. HTML merupakan sebuah kewajiban mutlak yang harus dipelajari bagi siapapun yang mencar ilmu membangun sebuah website. Kecuali memakai template ibarat blogger, wordpress, ataupun cms.

CSS

Setelah mempelajari html. CSS sangat diharapkan untuk mendesain sebuah website. Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Kini, untuk membangun sebuah website diharapkan setidaknya html dan CSS. Dengan CSS kau sudah sanggup membangun website yang unik. Bahkan pembuatan animasi sederhana pada website sudah sanggup dilakukan hanya dengan memakai kombinasi html dan css.

JS

Javascript ialah salah satu bahasa pemrograman yang dipakai dalam pengembangan website. Dengan JS kau sanggup mengolah website lebih cepat. Kamu bahkan sanggup menciptakan sebuah aplikasi unik dengan pemahaman javascript yang kau miliki. Kamu pernah lihat website kalkulator atau perhitungan pajak? Kamu sanggup membuatnya dengan memakai javascript.

PHP

Jika kau sebelumya pernah membangun sebuah blog memakai blogger atau wordpress. Pastinya kau akan lebih sedikit menyentuh sisi pemrograman webnya kan? Kamu sanggup pribadi menciptakan posting tanpa harus menyentuh html dari website tersebut. Dengan PHP kau sanggup menciptakan website ibarat blogger, wordpress, atau bahkan CMS. Yap, kau sanggup menciptakan sebuah website dinamis dengan PHP. tentunya kau juga harus mengerti SQL sebagai bahasa untuk mengolah database.
Related : Tahapan Berguru Pemrograman Website, Cocok Bagi Pemula.