Memahami lebih akrab dengan SEO


Mungkin anda pernah melaksanakan pencarian di Google perihal cara memperbaiki blog dan menemukan blog-blog yang dimiliki oleh penyedia hosting.

Atau anda pernah mencari rekomendasi produk tertentu yang memunculkan hasil blog Tokopedia dan Bukalapak atau juga dikala mencari tahu perihal destinasi tertentu dan menemukan blog Traveloka.

Perusahaan besar yang saya sebutkan diatas juga memanfaatkan SEO sebagai media marketing mereka atau yang sering disebut content marketing. Ada alasan yang sangat terang mengapa para perusahaan ini memakai seni administrasi pemasaran ini salah satunya yakni ekonomis biaya.

Anda sanggup bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan di Google Ads yang berkisar antara Rp. 300 - 20.000 per klik.

Misalnya biaya per klik iklan yang dipasang sebesar Rp. 2.000 maka dalam 1.000 pengunjung perusahaan menggelontorkan dana Rp. 2.000.000,- kalau perusahaan memakai SEO biaya yang dikeluarkan mungkin tidak akan sebesar itu sehingga SEO merupakan salah satu cara pemasaran yang sangat ekonomis biaya.



Sama menyerupai seni administrasi yang dilakukan oleh perusahaan besar yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika Traveloka berhasil mendapat pengunjung blog dari kata kunci mengenai wisata, mereka sanggup mendorong pembaca tersebut untuk memakai layanan mereka. SEO sanggup mendatangkan sasaran pasar yang spesifik dan tepat.

Ada sejumlah aspek halaman web tertentu yang memengaruhi peringkat mesin pencari. Dan dengan mengoptimalkan aspek-aspek ini (yaitu, on-page SEO), Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Beberapa faktor yang mencakup pengoptimalan pada halaman meliputi:
• Menulis konten yang berkualitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pembaca dan layak untuk direverensikan situs lain.
• Memiliki judul halaman yang menarik dengan kata kunci di dalamnya
• Membuat URL yang benar
• Menggunakan alt pada gambar untuk membantu mesin pencari mengetahui gambar yang Anda sematkan di dalam konten.

Ini dianggap sebagai faktor fundamental dari meningkatkan secara optimal SEO di halaman, tetapi hal tersebut bukan berarti satu-satunya hal yang sanggup Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Dalam posting ini, CariDuit.id akan berbicara perihal tiga meningkatkan secara optimal pada halaman yang akan membuat efek pribadi pada peringkat situs Anda di mesin pencari khususnya, Google.

1. Tingkatkan CTR


SEO bukanlah ilmu murni yang secara niscaya sanggup diketahui seluk beluknya. Sejauh ini kita hanya sanggup memperkirakan apa yang diinginkan oleh Google.

Dengan melihat bermacam-macam update algoritmanya beberapa tahun terakhir dan juga bereksperimen untuk mengetahui banyak sekali faktor yang memengaruhinya yakni sumber pengetahuan kita sejauh ini terhadap Google.

Rand Fishkin salah satunya membuat sebuah eksperimen dan menemukan bahwa tingkat klik-tayang halamaan (click-through-rate) pada hasil pencarian Google (selanjutnya saya menyebutnya CTR) menghipnotis peringkat di Google.

Kaprikornus CTR yakni persentase yang mengidentifikasi seberapa sering orang melihat halaman Anda di mesin pencari lalu mengkliknya.

Menurut eksperimen Rand, ketika Google melihat bahwa CTR untuk halaman tertentu lebih tinggi dari biasanya, Google akan memberikannya peringkat yang lebih tinggi.

Misalnya, kalau seseorang mencari di Google lalu di hasil pencarian ternyata yang banyak di klik oleh orang-orang yakni yang hasil pencarian peringkat 2, maka berarti CTR hasil pencarian peingkat 2 lebih tinggi dan seiring waktu Google akan menggantinya menjadi nomor 1.

Dari sini, kita sanggup menyimpulkan bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat situs Anda yakni dengan meningkatkan CTR Anda di halaman hasil pencarian. Beberapa cara yang sanggup Anda lakukan termasuk pendekatan berikut:

Optimalkan judul halaman Anda untuk mendapat lebih banyak klik.

Ada beberapa hal yang sangat spesifik yang sanggup Anda lakukan untuk mengoptimalkan judul Anda, misalnya, tambahkan bulan atau tahun dikala ini dalam judul Anda. Semua hasil pencarian teratas untuk “Laptop Terbaik” mengandung tahun dalam judul halaman mereka. Silahkan cek sendiri.

Anda juga sanggup bereksperimen dengan Google Ads atau Facebook Ads untuk melihat versi judul mana yang paling baik dan paling menarik bagi pengunjung Anda.

Misalnya, judul yang memakai kalimat “langkah demi langkah” atau “cara-cara” biasanya mempunyai daya tarik yang lebih besar daripada sekadar menyebutkan bagaimana melaksanakan sesuatu.



2. Tautan rusak dan error 404


Tautan rusah dan error 404 memberi sinyal Google bahwa situs Anda tidak terawat dengan baik.
Akibatnya, Google menganggap pengguna akan lebih baik dilayani oleh situs lain yang mempunyai konten berkualitas tinggi dan terawat.

Contoh yang paling terlihat yakni apa yang dilakukan oleh  Blizzard Press dimana mereka melaksanakan perbaikan situs secara menyeluruh dengan memperbaiki lebih dari 1.000 link gambar yang rusak dan mengtur kembali tautan internal yang rusak.

Setelah proses itu dilakukan, 1.700 halaman website situs web tersebut naik peringkat di hasil pencarian secara signifikasn.

Dan yang menarik, itu terjadi hanya dalam satu ahad saja.

Dari sana kita sanggup berguru bahwa kerusakan link pada website berdampak sangat jelek bagi website dan anda harus segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Mungkin anda mempunyai konten yang sudah dihapus, solusinya anda sanggup mengarahkan link ke halaman yang mempunyai konten yang sama.

3. Pastikan website anda optimal untuk seluler


Pada bulan April 2015, Google meluncurkan pembaruan yang meningkatkan peringkat situs web yang ramah untuk seluler.

Google akan mengutamakan menampilkan situs yang mempunyai konten yang mempunyai kualitas tinggi dan sanggup muncul dengan baik di halaman pada ponsel tanpa harus menggulirkannya, memperbesar atau mengecilkannya. Ini berasal dari kenyataan bahwa penggunaan perangkat seluler, mobile dan smartphone yang semakin banyak untuk browsing web.



Studi perkara # 1


Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Stone Tample yang memperoleh kesimpulan dari meneliti ribuan situs web sebelum dan sehabis pembaruan Google dan diketahui bahwa 46% situs yang tidak ramah seluler hilang dari peringkat Google dan lebih dari 30% lebih situs yang ramah seluler naik peringkat.

Studi perkara # 2


Dalan studi perkara kali ini melibatkan perusahaan ritel yang berjulukan Offspring yang melaksanakan desain ulang situs web mereka semoga lebih responsif.

Sebelumnya situs mereka tidak ramah ponsel sehingga pengguna akan merasa kurang nyaman di situs mereka.

Setelah melaksanakan ujicoba untuk mengganti desain websitenya ternyata akibatnya jauh dari apa yang mereka bayangkan.

Dalam waktu tiga bulan semenjak situs gres yang ramah ponsel diluncurkan, kenaikan di halaman Google meningkat 78%. Selain itu situs tersebut 40% lebih responsif. Ada 103% peningkatan pengunjung seluler.



Segeralah bertindak


Setelah anda mengetahui betapa pentingnya halaman web anda harus optimal di seluler, anda harus mengubahnya kalau seandainya tidak cukup responsif. Pilihlah template website yang responsif. Saat ini template gratis pun sudah sangat responsif untuk digunakan.

Anda sanggup memakai PageSpeed Insights untuk mengetahui kecepatan situs anda.
Nantinya Anda diberi angka presentase keramahan ponsel anda di ponsel dan di destop. Anda juga mempunyai opsi untuk mengubahnya semoga terjadi kenaikan skor.

Related : Tips Seo On-Page: Tiga Hal Yang Harus Lakukan Ketika Ini Juga.