Coronavirus telah menyerang ribuan orang di beberapa negara dan menjadikan ratusan korban jiwa. Dalam rangka untuk penyakit tidak menular ke kita semua, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Penyebab wabah ini ialah jenis gres dari coronavirus yang disebut coronavirus gres 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam kelas yang sama dari virus ke virus yang aslinya penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle East respiratory syndrome (Mers).

Langkah untuk mencegah penularan virus corona

Virus ini diyakini berasal dari hewan, ibarat kelelawar dan unta, dan sanggup ditularkan dari binatang ke insan dan dari insan ke manusia. penularan dari insan mungkin melalui batuk atau bersin.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami tanda-tanda ibarat flu ibarat demam, batuk dan pilek. Namun, beberapa hari kemudian, orang-orang yang berbagi virus corona benjol mungkin mengalami kesulitan bernapas alasannya ialah benjol paru-paru (pneumonia).

Sejauh ini, tidak ada pengobatan yang sanggup menyembuhkan benjol virus Corona. Oleh alasannya ialah itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyeruhkan orang tidak melihat penyakit dengan sepele alasannya ialah penyakit virus corona ini sangat berbahaya sekali bagi badan kita dan jangan lupa selalu mengambil tindakan pencegahan.

Beberapa langkah yang sanggup diambil untuk mencegah terjadinya terkena benjol virus Corona adalah:

1. Cuci tangan Anda

Mencuci tangan ialah sesuai sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cuci tangan dengan sabun dan air higienis semoga tangan kita terhindar dari bakteri. Pastikan bahwa semua belahan tangan dicuci secara menyeluruh, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jari dan kuku.


Jika sulit untuk menemukan sabun dan air bersih, Anda sanggup mencuci tangan Anda dengan pembersih tangan. Gunakan produk pembersih tangan dengan kandungan alkohol minimal 60% urutan lebih efektif membasmi bakteri.

Cuci tangan Anda sesering mungkin, terutama sebelum dan sesudah makan, sesudah pergi ke kamar mandi, sesudah menyentuh hewan, sesudah membuang sampah, dan sesudah batuk atau bersin. Mencuci tangan juga penting untuk dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker

Ada dua jenis masker yang sanggup digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu, masker bedah dan masker N95.


Sebuah masker bedah atau masker sekali pakai masker bedah umum digunakan. masker ini gampang untuk menemukan, terjangkau dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang memakai masker ini saat bergerak setiap hari.

Menggunakan masker bedah kebenaran sisi berwarna masker harus menghadap luar, sementara di dalam sisi putih menghadap wajah dan menutupi dagunya, hidung dan mulut. sisi putih ialah materi yang sanggup menyerap kotoran dan kuman dari filter udara.

Tetapi belum efektif untuk mencegah paparan kuman, tetapi penggunaan masker ini masih sanggup mengurangi risiko penyebaran penyakit menular, termasuk benjol virus Corona. Penggunaan masker dianjurkan bagi orang yang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri, bukan pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 ialah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel-partikel berbahaya di udara. Menulis ini bahwasanya sedang dianjurkan masker untuk mencegah benjol oleh virus Corona. Namun, masker ini kurang nyaman untuk penggunaan sehari-hari dan harganya relatif mahal.

Sebuah menarik masker wajah, masker bedah atau masker N95, hindari menyentuh belahan depan masker, alasannya ialah belahan yang penuh dengan kuman yang menempel. Setelah menghapus masker, mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan, tangan begitu higienis dari kuman yang menempel.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sebuah sistem kekebalan yang berpengaruh sanggup mencegah timbulnya banyak sekali penyakit. Untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan, kami merekomendasikan makan masakan sehat ibarat sayuran dan buah-buahan, dan masakan protein ibarat telur, ikan dan daging tanpa lemak.


Selain itu, olahraga teratur, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol juga sanggup meningkatkan ketahanan badan terhadap penularan virus untuk Mencegah Corona.

4. Jangan pergi ke negara yang terinfeksi

Tidak hanya China, penyakit menular dari virus Corona kini endemik di beberapa negara lain, ibarat Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, India, Amerika Serikat, Eropa dan lain lainnya. virus corona telah dikonfirmasi juga ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, ibarat Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina.


Terinfeksi virus ini, dianjurkan untuk tidak perjalanan ke tempat-tempat yang sudah mempunyai kasus benjol virus corona atau berpotensi lokasi yang sudah populer coronavirus.

5. Hindari kontak dengan Hewan

Sebuah jenis gres dari coronavirus diduga berasal dari kelelawar dan penyebaran oleh beberapa mamalia dan reptil. Karena itu, hindari kontak dengan hewan-hewan ini


Jika Anda ingin makan daging atau ikan, pastikan daging atau ikan yang sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari makan daging atau ikan yang tidak segar atau busuk.

Jika Anda mempunyai tanda-tanda flu ibarat batuk, demam dan pilek, disertai dengan kelelahan dan sesak napas, terutama dalam 2 ahad terakhir bepergian ke China atau negara lain yang sudah mempunyai kasus benjol virus Corona, segera konsultasikan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan pengobatan yang tepat.
Related : 5 Cara Mencegah Penularan Virus Corona.