Website yang baik tidak hanya elok pada konten maupun desain dari website tersebut. Sebuah website juga harus memperhatikan SEO semoga warta yang disampaikan sanggup tersebar dengan baik. Tentunya akan percuma jikalau mempunyai konten yang elok namun tidak ada yang melihatnya.


Untuk mendapatkan traffic website, sanggup dilakukan melalui beberapa cara. Mulai dari social media, direct, referal, dan tentunya organic traffic. Kali ini kita mau bahas mengenai istilah SEO dasar dan daerah mencar ilmu SEO yang tepat.

SEO, Apa itu SEO

SEO ( Search Engine Optimization ) yaitu suatu upaya untuk menciptakan sebuah halaman pada suatu website sanggup tampil di search engine. Dengan SEO, sebuah website akan mendapatkan banyak Traffic Organik dari mesin pencari.

Keuntungan meningkatkan traffic organic yaitu kita tidak perlu mempromosikan website kita secara aktif. Pengunjung akan tiba sendiri melalui mesin pencari. Selain itu, search engine pada umumnya juga menjadi traffic terbesar pada suatu website. Oleh alasannya yaitu itu banyak website yang fokus SEO.

Untuk menciptakan sebuah website sanggup tampil di search engine. Sebuah website harus dinilai baik oleh search engine. Ada banyak kriteria suatu website sanggup dinilai baik diantaranya sanggup dilihat melalui domain ,seberapa usang pengunjung berada di website, bounce rate, dan juga backlink.

Backlinks

Backlink yaitu link yang dibentuk dari luar website yang mengarah ke website yang kita miliki. Dengan adanya rujukan dari website luar. Search Engine menilai website yang kita miliki lebih baik. Semakin banyak backlink website yang kita miliki, maka akan semakin baik dinilai search engine.

Ada banyak jenis backlink, mulai dari comment backlink, article backlink, backlink footer ( biasanya template gratis ) dan lain sebagainya. Backlink yang paling berkualitas yaitu backlink dari postingan article.


Keyword Ranking

Setelah tampil di mesin pencari, pastinya kita ingin halaman di suatu website kita tampil di halaman pertama bahkan diletakan di posisi teratas. Tidak ada orang yang membuka website dengan posisi search engine di halaman terbelakang. Pada umumnya orang hanya memperhatikan 3 link teratas.

Kita harus sanggup membidik kata kunci yang sempurna semoga website kita sanggup di posisi teratas. Dengan begitu, traffic website akan tinggi dan pengunjung akan tiba dengan sendirinya.

Untuk menentukan keyword yang sempurna kau sanggup memakai google keyword planner. Kamu sanggup membukanya di ads.google.com. website tersebut dipakai untuk menciptakan iklan google. Namun, tersedia tools gratis untuk merancang keyword.

Cara menentukan kata kunci yang sempurna yaitu kata kunci dengan volume pencarian tinggi, namun sedikit persaingan. Dengan begitu peluang tampil di posisi teratas akan semakin besar.

SEO Yoast

Bagi yang memakai wordpress. SEO Yoast merupakan plugin yang sempurna untuk meningkatkan posisi website di mesin pencari. SEO Yoast memudahkan pengguna. Pengguna tidak perlu mendalami SEO secara teknikal.

Blogger SEO

Untuk pengguna Blogger. Blogger sudah menyediakan "Label" di setiap article post. Kamu sanggup memaksimalkan "Label" tersebut. Selain itu, kau juga sanggup mengedit Tema dengan menambahkan meta keyword secara manual.

Belajar SEO

Kamu sanggup mencar ilmu melalui aneka macam media mulai dari buku hingga website. Untuk kali ini, kita merekomendasikan untuk mencar ilmu melalui website. Terdapat beberapa website untuk mempelajari SEO diantaranya yaitu panduanim dan maxmanmore. Atau kau sanggup mencarinya di mesin pencari secara langsung.

Dengan melihat melalui mesin pencari dari kata kunci "apa itu seo" kau sanggup mengetahui website mana yang seonya paling bagus. Website tersebut sanggup dijadikan sebagai daerah mencar ilmu seo.

Related : Apa Itu Seo - Ternyata Ini Belakang Layar Page One Google.