Widget HTML #1

Bagaimana Cara Kerja Adsense?



Menghasilkan uang dari situs web sanggup sangat sulit, terutama saat anda tidak menjual apa pun. Tetapi jikalau anda ingin menghasilkan uang dari situs web atau blog anda tanpa menjual produk atau jasa, maka ada caranya, yaitu dengan memakai Google AdSense.

Sejak 2003, Google AdSense telah membantu pemilik situs web menghasilkan uang dari konten mereka tanpa harus berhadapan pribadi dengan pengiklan. Apa pun ceruk atau topik website anda, hampir semua orang sanggup menjadi bab dari jaringan Google AdSense dan segera mulai mendapatkan uang.

Jika anda gres saja menciptakan blog baru, atau sudah mempunyai situs web maka Google AdSense sanggup menjadi pilihan untuk mendulang uang dari blog anda. Dengan jutaan pengiklan yang ingin mengiklankan produk dan layanan mereka, ini menjadi peluang yang cantik untuk anda.

Apa Itu Google AdSense?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, AdSense ialah bab dari Google yang membantu pengiklan mencocokkan penerbit dan pemilik situs web yang sempurna untuk iklan mereka. Dengan demikian, AdSense sangat ibarat dengan Ads (dulu berjulukan Google AdWords) alasannya ialah keduanya bekerja sama untuk mencocokkan pengiklan dengan penerbit. Jika Google Adsense dipakai oleh publisher atau blogger untuk menampilkan iklan di situs web, Google Ads dipakai oleh pengiklan.

Jika anda pernah menjalankan kampanye Ads sebelumnya, anda akan melihat bahwa anda mempunyai opsi untuk memakai jaringan pencarian atau tampilan mitra. Ketika Google Ads pertama kali launching, pengiklan hanya boleh menargetkan kata kunci di halaman pencarian situs web Google dan membatasi jumlah orang yang sanggup mereka jangkau.

Namun, 3 tahun sesudah merilis AdWords, Google mempunyai wangsit yang cerdik: membiarkan pemilik blog menampilkan iklan di situs mereka dan membagi pendapatan iklan. Dan itulah tepatnya yang mereka lakukan sampai kini!

Saat ini, hampir semua situs web sanggup menjadi kawan Google AdSense. Jika situs web memenuhi kriteria tertentu, maka mereka akan diterima ke dalam jaringan, dan mereka akan diizinkan untuk menampilkan iklan atas nama Google.

Setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan ini, pemilik situs web akan mendapatkan 68% dari pendapatan iklan untuk klik itu.

Jika proposal rata-rata untuk kata kunci ialah $ 1, maka 68 sen untuk webmaster, dan ini sanggup menjadi passive income.

Cara Menggunakan Google AdSense untuk Menghasilkan Uang


Nah, hal pertama yang perlu anda lakukan ialah mendaftar untuk menjadi kawan AdSense. Setelah anda mendaftar, dibutuhkan beberapa ahad sebelum ditinjau. Seperti yang sanggup anda bayangkan, Google menerima ribuan registrasi dalam sehari. Jika situs web anda memenuhi kriteria ibarat jumlah pengunjung, dan metrik kualitas tertentu, maka akun anda akan disetujui.

Setelah disetujui, anda sanggup mulai menampilkan iklan di situs web anda. Untuk memasang iklan, cukup salin instruksi dari dasbor AdSense ke halaman tertentu.

Idealnya, anda membidik sekitar dua iklan per halaman alasannya ialah kurang dari dua tidak akan efektif, dan lebih dari itu akan terlihat ibarat spam.

Penghasilan Google AdSense


Jika anda sudah mempunyai akun Google AdSense dan sudah memasang iklan, kemudian pertanyaannya berapa banyak yang sanggup anda dapatkan dari AdSense?

Kabar buruknya adalah: sulit untuk menghitung dan memastikannya.

Ini terutama alasannya ialah ada begitu banyak faktor berbeda yang berkontribusi terhadap penghasilan bulanan anda yang akan bervariasi secara dramatis antara situs web satu dengan yang lainnya.

Faktor pertama dan paling penting ialah topik apa yang ada di situs web anda.

Berkat algoritme Google, situs web anda hanya akan menampilkan iklan yang terkait dengan situs web anda. Jadi, jikalau situs anda ialah blog ihwal kesehatan dan kebugaran, maka iklan anda cenderung terkait dengan kata kunci kesehatan.

Kata kunci dan iklan yang ditampilkan akan tergantung pada bagaimana Google melihat situs web anda, jadi itu bukan ilmu pasti.

Setelah anda memastikan topik webstie anda dan jenis iklan apa yang akan ditampilkan di situs anda, anda sanggup mulai menghitung berapa biaya rata-rata klik.

Untuk melaksanakan ini, anda sanggup memakai UberSuggest untuk mendapatkan citra garang ihwal pay per click atau biaya per klik kata kunci tertentu. Namun, penting untuk dicatat bahwa di jaringan display Google publisher biasanya membayar jauh lebih sedikit per klik dibandingkan dengan jaringan pencarian.

Ini berarti bahwa kata kunci pencarian dengan biaya rata-rata per klik $ 30 mungkin hanya biaya $ 3 atau kurang untuk per klik pada jaringan display website.

Cara lain untuk mengusut taksiran biaya per klik iklan di situs anda ialah dengan menciptakan sendiri kampanye tampilan palsu. Tentu saja, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk kampanye ini, tetapi anda akan diberikan jalan masuk ke asumsi Google sendiri angka biaya per klik yang mungkin sanggup sangat berguna.

Untuk mendapatkan taksiran ini, buka AdWords dan buat kampanye


Ketik URL situs web anda dan Google akan menghasilkan daftar kata kunci yang menurutnya cocok untuk situs web anda.

Setelah anda menambahkan kata kunci ke kampanye, anda akan melihat taksiran biaya rata-rata per klik di sisi kanan sesudah diperbarui.

Data ini akan memberi anda asumsi biaya per klik yang pengiklan bayar untuk menjalankan iklan di situs anda.

Setelah menghitung biaya perklik di situs anda, pertanyaan selanutnya ialah berapa banyak pengunjung yang akan anda dapatkan di situs web anda, dan berapa banyak klik yang akan didapa anda dapatkan. Faktor-faktor ini bergantung pada dua poin utama: seberapa cantik SEO anda dan di mana anda menempatkan iklan. 

Semakin banyak pengunjung yang anda dapatkan, semakin besar kemungkinan orang akan mengklik iklan anda sehingga semakin banyak uang yang sanggup anda dapatkan.

Pertanyaan terakhir yang harus diawab ialah berapa rata-rata rasio klik-tayang website anda. Dengan mengetahui ini, anda telah mempunyai semua angka yang diharapkan untuk mengetahui seberapa banyak uang yang sanggup anda hasilkan. Secara garis besar, sebagian besar web mendapatkan antara 0,05% - 5% rasio klik-tayang dengan rata-rata 0,1%.

Dengan memakai metrik ini, anda sanggup menghitung taksiran garang berapa banyak yang sanggup didapat website anda dari Google Adsense.

Sebagai contoh:

Biaya rata-rata per klik kata kunci PPC pada tampilan Google ialah $ 0,24 - $ 0,56
Situs web anda mendapatkan 30.000 pengunjung sebulan
anda mempunyai tingkat klik-tayang rata-rata 1%

Mari kita hitung:

Hitung berapa banyak yang anda terima per klik: ((0,24 + 0,56) / 2) x 0,68 = $ 0,27
Hitung berapa banyak pengunjung anda mengklik iklan anda: 30.000 x 0,01 = 300
Hitung total asumsi penghasilan bulanan anda: 300 x 0,27 = $ 81

$ 81 jikalau dirupiahkan sekitar Rp. 1.165.549,-