Kesempatan kali ini kita akan membahas cara blog dengan memakai wordpress. Dengan wordpress kita sanggup menciptakan sebuah blog dengan gampang dan gratis. Selain gratis, wordpress juga menyediakan beberapa template pilihan yang unik dan mempunyai tampilan ibarat website premium.


Wordpress CMS

Untuk menciptakan sebuah blog wordpress,  kita tidak diwajibkan mempunyai pemahaman mengenai bahasa program. Hal ini dikarenakan wordpress merupakan sistem yang sanggup mengolah konten. Dengan begitu, siapapun sanggup menciptakan blog dan sanggup fokus kepada goresan pena yang ia buat. Hal ini tentu memudahkan bagi blogger pemula yang gres terjun ke dunia blog ini.


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, wordpress mempunyai beraneka ragam template gratis yang sanggup kau pakai. Template yang ada pada wordpress populer dengan keunikannya. Hal ini dikarenakan pembuatan template yang lebih gampang bagi pengembang.


Custom Template

Wordpress memakai PHP dalam pengembangan templatenya. Jika kau tertarik untuk menciptakan custom template. Kamu sanggup mempelajari PHP Wordpress untuk menciptakan template lebih unik. Asalkan kalian tahu. Jika kau sanggup menciptakan template wordpress, itu sanggup menjadi sumber penghasilan barumu. Karena banyaknya peminat template wordpress.

Blogger Web

Untuk menciptakan blog wordpress gratis. Kamu sanggup pribadi mendaftarnya secara online di wordpress.com, Ikuti panduannya dan kau akan menerima domain gratis dengan subdomain tentunya.

Setelah itu, kau sanggup fokus menulis dan membuatkan blog yang kau miliki. Blog akan sanggup diakses secara online oleh siapapun.


Selain menciptakan blog secara online, kau juga sanggup mengembangkan blogmu secara offline dengan server lokal yang kau miliki. Seperti halnya melaksanakan pengembangan bahasa backend php. Kamu memerlukan aplikasi server ibarat wamp ataupun xamp.

Wordpress Localhost

Untuk mengembangkan blog wordpress dengan localhost, sebelumnya kau sanggup mendownload file wordpress tersebut di
https://id.wordpress.org/download/

Seperti halnya pengembangan PHP. Kamu sanggup ekstrak filenya di folder server ibarat "htdocs" atau "www". Kamu sanggup rubah nama folder sesuai nama website yang akan kau buat.

Setelah di esktrak, kau sanggup membuka alamat "localhost/nama_folder" sesuai dengan lokasi folder wordpress tadi. Setelah itu akan ada instalasi wordpress, ikuti langkahnya.


Website Domain dan Hosting

Ketika sudah mempunyai konten blog, kau sanggup membeli paket hosting dan domain yang disediakan oleh wordpress. Dengan begitu, blog yang kau miliki akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan blog lainnya.

Related : Cara Menciptakan Blog Dengan Wordpress.