Dalam membangun sebuah website, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah pemilihan nama domain yang tepat. Mengingat domain akan menjadi branding dari suatu website. Kita harus sanggup untuk menentukan domain yang sesuai dengan website yang akan dibangun. Sebelumnya, sudah tau apa itu domain?

Domain Adalah..

Jika kau sedang ingin menciptakan website, pastinya kau akan mengetik alamat website tersebut di browser. Nama unik yang kau cari itu disebut domain. 

Asal kalian tau, kalau tidak ada domain. Kita harus menghafal ip dari website tersebut. Tentu hal itu akan lebih sulit kan? Jika dibandingkan dengan hanya menulis "www.facebook.com" atau halnya blog ini "www.sarangkoding.com".

Domain Gratis

Sebelum kita bahas mengenai domain berbayar. Kamu juga harus tau kalau kau sanggup menciptakan domain gratis sendiri. Terdapat banyak situs yang menyediakan domain gratis. Domain gratis sanggup dikelompokan lagi menjadi dua.

1. Domain dengan subdomain. Bagi kau yang suka main blog, tanpa kalian sadari kalian mendapat domain gratis dengan aksesori subdomain "wordpress.com" ataupun "blogspot.com" tentunya. Kamu sanggup menentukan domain yang kau suka.


2. Domain tanpa subdomain. Terdapat juga domain gratis yang sanggup menciptakan websitemu terkesan profesional. Misalnya kau sanggup menciptakan website dengan domain (.cu.cc) atau (.xyz). Masih ada domain lainnya yang sanggup kau cari di mesin pencari. Kamu sanggup mendaftarkannya ke website penyedia domain tersebut.

Domain Berbayar

Untuk domain (.com) misalnya. Kita harus melaksanakan pembayaran kepada situs penjual domain. Biasanya tergabung juga dengan paket hosting. Tapi kau sanggup membeli domainnya secara terpisah.

Jika kau kurang cocok dengan domain gratisan. Kamu boleh mencoba untuk membeli domain berbayar. Tapi sebelumnya kau harus memperhatikan dulu apa manfaatnya membeli domain berbayar.

Berikut merupakan laba pembelian domain berbayar.

1. Meningkatkan Direct Traffic

Direct Traffic sanggup didapat dari pengetikan domain secara pribadi melalui alamat situs di browser. Alasannya alasannya ialah dengan situs berbayar. Panjang domain akan relatif lebih pendek sehingga gampang untuk diingat.


Selain gampang diingat, website akan terkesan lebih profesional sehingga user mempunyai intuisi untuk tetap mengunjungi website dengan domain berbayar.

User juga cenderung untuk tidak malas menulis domain. Biasanya domain yang lebih panjang akan menciptakan user enggan untuk mengetik domain yang akan dikunjungi.

2. Meningkatkan Organic Traffic

Penelusuran secara organik menjadi suatu hal yang sangat berharga. Jika kau tau. TLD( Top Level Domain ) menjadi salah satu evaluasi SEO biar sanggup bersaing di mesin pencari.

Sama menyerupai klarifikasi sebelumnya. Dengan Domain berbayar. Websitemu akan terkesan lebih mencolok dibandingkan website lain. Sehingga, dikala melaksanakan pencarian. Website dengan domain berbayar terkesan lebih menarik untuk diklik.

3. Branding

Hal ini menjadi suatu yang penting dikala kau sudah membeli domain berbayar. Dengan membeli domain berbayar, kau membangun gambaran websitemu menjadi lebih profesional. 


Hal ini sangat dibutuhkan oleh website perusahaan. Kini sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk mempunyai domain berbayar. Jika tidak, perusahaan tersebut sanggup dianggap sebelah mata.

4. Sharability

Pengunjung website juga akan lebih gampang untuk membagikan artikel yang mereka sukai. Domain pendek gampang diingat, sehingga penyebaran sanggup dilakukan tanpa ada masalah.


Pasti kau sudah pernah mendengar istilah populer "dari lisan ke mulut" yap, dalam dunia marketing hal ini menjadi perhatian khusus dalam pengembangan suatu produk. Begitu juga dengan website dengan domain pendek. Website sanggup gampang disebarkan "dari lisan ke mulut".

Mungkin itu dulu mengenai laba dikala beli domain berbayar. Kalau misalkan ada yang kurang sanggup ditambahkan di kolom komentar.

Related : Kelebihan Domain Berbayar - Yang Gratis Gak Mau Kalah.