Kesempatan kali ini kita mau bahas persyaratan awal untuk memulai menjadi Front End Developer. Bagi kau yang suka desain, niscaya banget kan tertarik sama Front End ini. Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi Front End. Berikut ini merupakan syarat untuk bisa menjadi Front End Developer.


Baca juga : Perbedaan Front End dan Back End Developer

1. Mengerti Desain

Meskipun dalam pembuatan desain website sudah menjadi tanggung jawab UI/UX Designer. Sebagai Front End Developer kita juga harus memahami bagaimana cara menciptakan desain website yang menarik. Hal ini bertujuan biar pembiasaan desain terhadap instruksi bisa diterapkan dengan baik. Terkadang ada beberapa hal yang harus diubahsuaikan dalam pengembangan tampilan website dikarenakan desain yang tidak aplikatif terhadap kode. Hal ini menjadi tanggung jawab dari front end untuk memikirkannya.

Apalagi kalau pembuatan website, sebuah perusahaan tidak mempunyai UI/UX Designer. Sebagai Front End Developer, kita harus bisa menciptakan layout website yang menarik. Selain layout yang menarik. Pilihan font, animasi, grafis dan lain sebagainya juga harus diperhatikan.

2. HTML dan CSS

Kedua bahasa ini menjadi masakan sehari-hari dari Front End Developer. Kedua bahasa ini sudah menjadi kewajiban bagi Front End. Front End bisa membangun tampilan website mulai dari desain sederhana hingga website dengan memakai animasi. 

Terdapat beberapa CSS Framework menyerupai Bootstrap maupun W3.css, Front End harus bisa memakai framework ini. Setidaknya pernah tau bagaimana cara menggunakannya. Karena, dengan memakai framework. Selain pekerjaan sanggup lebih gampang dilakukan, desain hasil dari framework tersebut tidak jauh berbeda dari isu terkini website yang ada. Sehingga user nyaman dan familiar dengan tampilan website tersebut.

Meskipun memakai framework. Front End Developer harus tetap menyesuaikan dengan desain yang sudah dirancang sebelumnya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri biar suatu website menjadi unik.

4. Javascript

Javascript juga berperan penting dalam pembangunan tampilan suatu website. Ada beberapa library menyerupai jquery yang sanggup memudahkan Front End Developer dalam menciptakan sebuah animasi. 

Dengan memahami javascript. Kita sanggup menciptakan sebuah kecerdikan yang mengatur tampilan sebuah website. Contohnya dalam pembangunan website versi mobile. Dengan javascript kita sanggup cek apakah website tersebut dibuka melalui pc ataupun mobile. Dengan begitu kita bisa menampilkan tampilan yang sesuai.

Selain sanggup menambahkan kecerdikan kepada suatu website. Javascript juga bisa menciptakan sebuah website semakin interaktif. Contohnya munculnya pop up dikala sebuah button di klik. Dengan javascript kita sanggup menciptakan tampilan website lebih unik. User akan semakin nyaman berada di website tersebut.

5. Mengerti SEO

Selain mencar ilmu mengenai desain. Sebaiknya Front End juga harus mengerti sedikit mengenai SEO. Mengingat struktur dasar sebuah website dimulai dari Front End. Setidaknya website yang dibentuk awalnya sudah mempunyai meta tag, deskripsi maupun title.

Pemahaman mengenai SEO menciptakan Front End tidak asal dalam menciptakan struktur html dari sebuah website. Front End Developer akan memperhatikan batasan biar sebuah laman sanggup dengan gampang di cari di mesin pencarian.


6. Sedikit Memahami Back End

Setelah Front End website dibuat. Selanjutnya bab Back End akan meneruskan pekerjaan kita. Oleh alasannya ialah itu, kita sebaiknya menciptakan website yang nanti nya akan gampang diolah pada bab Back End.

Mengingat pekerjaan hasil Front End akan dilanjutkan oleh bab Back End. Pastikan instruksi yang sudah kita buat tidak terdapat error dan sudah finish. Jangan melimpahkan pekerjaan yang belum tamat kepada orang lain dan berfikir kalau bab Back End bisa mengerjakan semuanya.

Setidaknya itu yang menjadi syarat awal untuk menjadi Front End Developer, untuk memperdalam kemampuan Front End kau bisa pribadi praktek ke "Bagaimana Cara Membuat Sesuatu" contohnya mulai dari cara menciptakan tampilan login, loading, menu, slider, bahkan hingga pembuatan website dengan animasi yang unik.


Related : Memulai Menjadi Front End Developer.