Pentingkah CSS? Mungkin itulah pertanyaan awal bagi kau yanh sudah menguasai html dan memulai untuk mencar ilmu CSS. CSS berperan penting dalam website design. Jika kau sudah membaca judul postingan ini "Website Tanpa CSS, Bagai Taman Tak Berbunga" perumpamaan tersebut sangat cocok sebab website tanpa adanya css akan sangat hampa.

Sebelum melangkah lebih jauh, apakah kau tau apa itu CSS?


CSS

Jika mau tau kepanjangannya, CSS merupakan abreviasi dari Casading Style Sheet. CSS berfungsi untuk menciptakan keseragaman dalam desain website. Kita tidak perlu mendesain ulang suatu komponen html.

Contohnya kita mau button website kita berwarna oranye. Maka dengan CSS, kita bisa menciptakan style untuk button tersebut. Tanpa harus menambahkan attribute satu per satu pada tag button.

CSS Framework

Asal kalian tau, sudah banyak CSS Framework yang ada. Melihat klarifikasi sebelumnya "keseragaman". Yang artinya kita tidak perlu mendesain ulang. Dengan CSS Framework kita sanggup menciptakan website dengan desain rapih tanpa harus memikirkan desain website tersebut secara lebih mendalam.

Apakah kalian tau Bootstrap? Jika kau memakai twitter, maka tampilan Framework Bootstrap akan ibarat itu. Makanya, kau niscaya sering melihat website dengan desain ibarat twitter kan?


Setelah kau mengetahui apa itu CSS dan Framework CSS. Pastinya kau sudah tau kan laba dari memakai CSS tersebut? Untuk lebih jelasnya kita akan mencoba merangkum laba dari penggunaan CSS.

Berikut merupakan laba penggunaan CSS.

Keuntungan CSS

1. Keseragaman

Dengan CSS, kita hanya cukup menciptakan satu arahan dengan konsep desain tertentu. Lalu sanggup digunakan dimanapun sesuai dengan harapan kita. Dengan begitu, website akan mempunyai suatu ciri tertentu dan adanya konsistensi desain pada suatu website.

Kamu jarang kan contohnya melihat website dengan tombol button yang tidak rapih. Mulai warna, ukuran, maupun jarak margin. Pastinya ada kelompoknya masing-masing dengan tujuan tertentu.

2. Fungsi Tambahan

Ada beberapa kemampuan yang tidak bisa dilakukan melalui attribute suatu tag. Dengan CSS kita bisa lebih leluasa dalam melaksanakan desain suatu website.

3. Sharability

Kita sanggup dengan gampang menyebarkan desain website yang kita buat. Kita cukup membagikan file CSS yang telah jadi. Dengan begitu orang lain bisa memanfaatkan desain website yang telah kita buat.


Kamu juga sudah tau kan kalau kau bisa memakai Framework CSS ibarat bootstrap. Itu artinya kau akan semakin gampang dalam mengembangkan desain dasar website.

4. Pemisahan Kode

Dengan pemisahan kode. Pembuatan struktur website dan desain suatu website sanggup gampang diteliti. Kita sanggup dengan gampang menciptakan style desain sebuah website tanpa harus berafiliasi dengan struktur dasar website.

5. Reusable

Selain sanggup dibagikan. Sewaktu-waktu kalau kau memerlukannya. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan CSS usang yang kau buat. Kamu bisa mengaplikasikannya di website gres yang kau buat.

6. Animasi

Kini website sudah banyak yang bermain dengan animasi. Tidak ibarat yang ada dipikiranmu. Dengan CSS, pembuatan animasi sangatlah mudah. Banyak property dari CSS yang sangat gampang dipahami dan memudahkan pekerjaan dalam pembuatan animasi.


7. Mempercepat Loading

Jika kau bandingkan dengan tag yang di desain satu per satu dengan attribute. Pastinya akan lebih banyak memuat goresan pena html. Dengan CSS tentunya akan mempercepat loading website mengingat konsep utama CSS ialah keseragaman.

8. Efisien dalam Pengembangan Website

Pembuatan juga akan lebih gampang dari segi strukturnya yang terpisah dari html body. Dan hanya sekali desain bisa digunakan untuk banyak sekali macam tag. Tentunya sanggup mempersingkat pembuatan suatu website.

Mungkin itu dulu kelebihan dari CSS. Bagi yang ada aliran lain bisa eksklusif cus komen dibawah yea.
Related : Website Tanpa Css, Bagai Taman Tak Berbunga - Kelebihan Css.