Tiga tahun yang lalu ketika ada rapat internal di sebuah lembaga negara yang saya hadir, saya membuat kesimpulan yang di publikasikan di dalam media sosial bossman beberapa hari setelahnya. 

Dengan terang terangan bossman mengatakan, untuk aplikasi layanan tranportasi maka GRAB adalah pemenangnya, gojek akan beralih ke payment system yaitu fokus di gopaynya. Itulah informasi tahun 2017, jauh sebelum semua terjadi seperti sekarang.

Pertengahan tahun 2020 di masa covid membuat work from home di wilayah kota besar bossman meluncurkan gosip bahwa facebook bukan media sosial nomor satu di tahun 2025 bahkan bisa hanya setengah pengguna aktifnya di bandingkan sekarang  dan pemenanganya nanti adalah tik tok.



Di november 2020 elon musk oleh bossman di katakan akan menjadi orang kaya nomor satu di dunia dan sebaiknya invest di usaha elon musk miliki dan kelola.

Semua ini hanya prediski bisnis yang bisa di baca dari trend, kalahnya trump mengecewakan saya, tetapi memang politik banyak unsur di dlaam menganalisa bukan hanya populer votenya. Singkat cerita impian saya mencari sekondan dalam perang lawan komunis tingkok dan globalis bersama trump musnah.  Trump selesai.

Kita fight sendirian gapapa. Seru malahan. Bossman ini untuk perang dengan komunis tiongkok dalam economic approach strategi di pakai tiongkok soft power sudah sangat siap, juga untuk lawan globalis. setetlah menang baru sikat amerikanya. Tetapi sekarang keok amerikanya tanpa trump, yo wis, amerika baru sekarang kita bahas lain kesempatan.

Covid di katakan bossman beritanya akan turun kerana telah berhasil untuk memukul trump. Covid telah selesai sebagai political tools namun tugas covid sebagai pandemic masih panjang. Covid adalah musuh biologis yang belum bisa teratasi mungkin hingga 4 tahun kedepan.

Sekarang, balik ke geoekonomi dulu. Kita tinggalkan sebentar geopolitik amerika yang sudah selesai dengan Biden di lantik, demokrat menang dan bersiap perang shadow versi baru. 

kita diskusikan tentang matinya facebook juga WA bagian dari kerajaan mark zukerberg namun bukan membuat mark jadi miskin, dia menurut saya akan seperti gopay, fokus di financial inklusi.

libra matauang digital nya menguntungkan 10 kali dari facebook dan WA di jumlahkan. 

Jadi, kita yang biasa mengiklan menggunakan FB ads, ig ads, siap siap jadi garing, sepi,  boros dan tidak efektif di banding iklan di youtube dan tik tok, juga akan hidup kembali google ads, dengan SEO nya versi terbaru.

Kesimpulan, kalau 3 tahun yang lalu si sontoloyo ini mengatakan bahwa dalam tingkat asean, grab is the winner dalam aplikasi transportasi kemudian gojek geser ke gopay sebagai MVP most valuable product nya bukan online traportation dan gopay winner di emoney ini, maka sekarang iklan berbayar tempat pebisnis beriklan akan di menangkan tiktok dan youtube mengalahkan FB ads, IG ads.

Mark zukerberg pasti akan mempivot bisnisnya dari FB ke libra. Digital currency. 

Nah disinilah swasta besar yang dalam bahasa bossman adalah globalis cabal bermain memainkan dunia. Bayangkan negara itu lebihberdaulat dari korporasi namun banyak negara yang di kelola demngan manajemen lemah dan tidak berdaulat jangankan lawan negara kuat. Lawan giant corporation aja keok.

Google bisa kendalikan sebuah negara, FB IG WA bisa kendalikan sebuah negara. Banyak negara takluk karena rakyatnya sudah tergantung 99% terhadap giant corporation yang mengurita bagai kaki oktopus.

Jadi kalau dalam mardigunation, kita akan menyarankan pemerintah. Swasta terbitkan libra, terbitkan bitcoin apa dasarnya? Kemudian e remimbi di mainkan di tiongkok di dalam negerinya menggantikan remimbi lama yang hanya beredar di dalam negeri berbasis proyek.

Seperti saran sontoloyo jauh jauh hari, kita segera menerbitkan E-rupiah. Erupiah ala MMT ya. Kemarin mengambil SWF nya saran bossman terima kasih tetapi tetap pakai bunga dan bukan cara MMT. Ngak apa apa, nice try. Selamat mencoba.

Sekarang erupiah ala MMT ala eremimbi. Bukan ala bitcoin, ala libra. Lalukan segera lembaganya khan sudah ada SWF tadi. Beredarnya erupiah tadi di kalangan UKM.

Bener deh boss, ekonomi kita blangsak. Tahun 2021 ini tahun kepekatan. Kalau 2020 aja tahun inflasi, tahun ini  2021 tidak lebih baik, bahkan lebih buruk karena 3 juta orang akan terpapar covid, rumah sakit akan hanya terima yang berat berat, isolasi mandiri semakin panjang masa isolasinya. 

Di prediksi 90% warteg di jabodetabek akan tutup karena tidak bisa bayar sewa dan naiknya bahan baku.  Dan banyak lagi masalah ekonomi mikro lainnya. Berani terbitkan erupiah melawan IMF, worldbank dan globalis? ayo mana nyalinya. #peace

Mardigu Wp
Related : 90% WARTEG AKAN TERPUKUL TUTUP DI TAHUN PEKAT 2021, UKM LAINNYA BAGAIMANA? BERAAT.