Kita melihat ke papua sebentar sekarang. Kita melihat kedaulatan papua dan kedaulatan nusantaranya. Salah satu aset negara indonesia yang besar adalah papua namun saat ini papua yang sudah bergabung sejak tahun 60an dimana selama 20 tahun pak karno bapak bangsa berjuang membebaskan papua dari tangan belanda akhirnya berhasil.

Strategi yang di pakai pak karno waktu itu adalah diplomasi. Pak karno memang jagonya. Beliau mengunakan stragei perang asimtri. Jadi mengerti khan kenapa new mind akan menggunakan departemen of war?!!


Perang asimetri adalah bentuk perang yang tidak serupa. Misalnya dalam perang konventional yang mengunakan senjata  tidak perlu di jawab dnegan senjata secara frontal, bisa di lawan dengan bentuk lain yaitu perang diplomasi.

Kembali di papua saat ini ada OPM atau ULMWP sebuah organisasi yang ingin papua lepas dari Indonesia. Yang saat ini kurang di pelajari kekuatannya oleh pejabat saat ini. ULMWP tidak perang senjata tetapi membangun diplomasi ke eropa dan afrika, juga ke kawasan Melanesia.

Baiklah kita rinci sedikit tentang melanesia. 

Ada 5 provinsi saudara kita di Indonesia yang ras-nya Melanesia, seperti wilayah NTB, NTT flores, Maluku papua sama dengan papua neugini, Fiji, vanuwatu, Nauru, kepulauan Solomon dll. 

ULMWP united liberation movement of west papua ini mepet secara kultural, ras dan diplomasi ke Negara Melanesia. Saya cukup tahu wilayah ini semua karena lama beredar di sana atas nama informasi. Saat ini yang menjadi pejuangnya adalah dubes indonesia untuk new zealand berat tugas dia. Berat memang melawan perang asymmetric di papua itu. Perlu keseriusan pemerintah pusat.

Kita melihat kelemahan bernegara yang terus jadi pelajarand an janagn terualng lagi. Misalnya dalam kasus , sipadan ligitan yang “diambil” Malaysia, malaysia tidak pakai senjata. 

Malaysia pakai kerja 20 tahun an Malaysia melobby mahkamah internasional, PBB dan meletakan “tradisonal fisherman” Malaysia terus beredar disana sehigga currency, radio dan penduduk hanya “kenal” Malaysia. ketika waktunya tepat malaysia klaim sipadan ligitan, duerrr hilang lah wilayah itu dari peta nasional indonesia.

Itulah perang asymmetric. 

Di papua saat ini selalu  ada instability di wilayah papua. “instability” adalah warfare strategi. Sekali lagi saking naïf bernegaranya hal beginian yang ngurus bukan departemen nomenklaturnya  menko polhukam dan jajarannya seperti menhan, TNI dan polisi tetapi menko yang merasa hidupnya sudah lengkap dan sudah selesai dengan dirinya. 

Sulit memang kalau memandang dari sisi berbeda. Saya jadi selalu salah dan selalu kalah. Mengambil Freeport atas nama nasionalisme saat ini terlihat pahlawan namun resikonya sama sekali tidak di perhitungkan seakan semua semulus, semulus pantat bayi. Ngak ada masalah. Jiaaaah..boss boss, cape deh kalau ngomong urusan begini sama beda generasi. 

Megambil freeport ada banyak sisi melihatnya dan tidak ada satupun yang menguntungkan. Membeli 51% pakai dana hampir 70 triliun, sementara untungnya freeport kecil banget, hanya 200 juta dolar atau 3 tiliun, atau kalau punya 51%, hanya dapat 1,6 triliun. 

Dari sisi dagang aja balik modalnya 50 tahun, geblek bener deh konsep bisnis di otaknya.

Atau dari sisi manajemen, ternyata tetap mc morran yang kelola walaupun sahammnya 49% minoritas, tetap yang 51% tak berdaulat. Ingat ya, freeport itu outputnya atau  hasilnya hanya copper concentrate!!! Bukan GOLD.

Kemudian copper concentratenya di kirim ke 3 lokasi, ke jepang, spanyol dan gresik. Dan yang di gresik hasilnya apa? Bukan emas juga, hasilnya anoda slime, jadi mereka berusaha untuk tidak finish produk pure gold 99.99%.

Anoda slime nya di keluarkan lagi, jadi pajak negara kecil. Di akali sudah 6 presiden sampai saat ini ngak nyadar nyadar juga, dasar old mind. Kesel bener deh gw!

Kita ke  amerika sekarang, biden dan team di belakangnya yang solid serta punya pengalaman bernegara yang panjang maka ada jabatan strategis itu bukan menteri yang di pilih di awal tetapi jabatan siapa pemimpin lembaga intelijen seperti NSC, FBI, DIA dan CIA. Selain pejabat utamanya maka deputi deputinya di tempatkan dulu orang orang yang akan di pakai menaklukan dunia.

Maka mata panah bossman pribadi adalah ke  MICHAEL MORELL sebagai wakil direktur CIA , dia adalah orang lama yang sangat loyal kepada clinton, obama juga biden.

Kita lompat sebentar untuk mengingatkan “who the hel morrell”!! , ada sebuah undang undang yang di buat oleh partai demokrat jaman obama yang di kawal oleh michale morell dulu dan teamnya yang harus kita awasi dari sisi indonesia adalah mereka mengusulkan UU foreign relation authorization act yang spesifik membahas tentang PAPUA. Hati hati ini buat indonesia!!!

Lalu gerakan CIA jaman Michael Morell masih muda adalah mendukung gerakan kosovo liberation army yang kemudian berhasil mendirikan sebuah negara baru, kosovo.

Sekali lagi, Hati hati dengan demokrat amerika !! 

Pak SBY sudah merasakannya dengan banyaknya bom meletus waktu itu obama presidenya dari demokrat. Sukarno sudah merasakannya dengan di lengserkan presidennya adalah LBJ dari demokrat, suharto sudah merasakannya dengan serangan economic hitman di jaman clinton, habibie sudah merasakanya juga clinton hingga lepas timor timur.

Operasi CIA selalu dimainkan oleh mereka. Gerakan insurgency adalah ciri demokrat.

Kalau partai republik perangnya di permukaan, partai demokrat warfarenya pakai CIA operation dan shadow.

Saya jadi takut urusan papua. Itu saja!! Kalau sama trump saya ngak takut indonesia bakal belah, karena bukan target trump, trump musuhnya tiongkok dalam dagang, dan ideologi demokrasi amerika versus komunisme juga dnegan tiongkok.

Namun demokrat? Beda game plan mereka. 

Kita buka strategi madam secretary hillary clinton yang terkenal yaitu PIVOT TO ASIA, yang di incer? Menengok ke asia itu AMBIL SUMBER DAYA ALAM NYA. Front timur tengah untuk energi minyak dan gas bumi, dan asia tenggara untuk sumber daya alam mineral seperti batere dan lain sebagainya.

Maka, apa yang tiongkok lakukan di indonesia mengambil SDA akan juga di ikuti oleh amerika. Beda tiongkok pakai soft power bayar pejabat dan ubah kebijakan, amerika pakai instrumen militer. 

Sewaktu  jaman trump ground floor nya di negara masing masing tiongkok amerika dengan perang dagang, jaman biden yang di perebutkan adalah sumber daya alam yang ground floor nya bisa bisa negara penghasil. Perangnya kalau minyak gas bumi ya dar der dor di timur tengah, maka di sumber daya alam mineral non fossil oil jangan dar der dornya di indonesia. Jadi bung pejabat, jangan sampai 100 bom jadi meleduk dimana mana di indonesia kedepannya ya?!!!.

Ini harus di strategikan. Ini harus di buatkan counter insurgencynya !!!

Cara tekan indonesia, yaitu papua dan GAM di mainkan lagi oleh mereka. Ini cara klasik demokrat, sehubungan dengan hal ini sengaja kita buka ke publik informasi seperti ini agar bernegara kita bisa melihat sisi lain, sisi ancaman. 

Jadi, wahai pejabat, pastikan kebijakan anda, menguntungkan rakyat dan membuat negara utuh selalu. Hati hati dengan shadow nya biden demokrat. Kalau ngak faham bernegara ya lempar handuk putih, nyerah aja,generasi new mind siap mengantikan kapanpun, tak perlu 2024.

Related : APA SUSAHNYA MERUBAH CARA OLD MIND DENGAN NEW MIND SIH ? KOK SAMPAI KEUKEUH GAK BERUBAH WALAUPUN BLANGSAK..