Ngomong ngomong Myanmar apa kabar?  Kudeta milter ini mau kemana siapa pemainnya? Yang jelas itu urusan negara tetangga, dapur nya mereka, teritorinya mereka.

Siapa yang selingkuh, siapa yang salah, siapa yang menegakan haknya, siapa yang terzolimi, siapa yang di untungkan, itu saja yang kita bahas sehingga arahnya adalah kita mengambil pelajaran bernegaranya.

Junta militer di myanmar adalah sejarah panjang negara tersebut. Kediktaktoran dan otoritarian lama mencengkram negara tersebut. 


Barat, punya senjata yang namanya demokrasi untuk membuat sebuah negara menjadi terbuka. Dan begitu terbuka, aset sumner daya alam atau letak strategisnya lebih mudah “diambil” mereka.

Jadi ingat, terkadang atas nama DEMOKRASI suatu negara  bisa di ambil haknya. Terkadang atas nama HUMAN RIGHT atau hak azazi manusia ala barat, hak sebuah negara bebas jadi berada di bawah pemahaman itu.

Hak azazi itu adil di bawah pemimpin yang adil. Jadi bukan di sama ratakan.

Kembali ke myanmar. 

Demokrasi akhirnya masuk ke myanmar, aung sang suki jadi pemimpin dengan menang telak. Di sini militer tertampar. Suara rakyat, ternyata tidak menginginkan mereka.

Demokrasi dan pemerintahan terbuka mulai di jalankan dan mulailah asing masuk terutama tiongkok selain amerika. Pabrik pabrik besar tiongkok mnyedot sumber daya alam myanmar berdiri, myanmar adalah negara perbatasan langsung denbgan tiongkok dan cara berfikir negara berdaulat itu beda dnegan negara lemah kedaulatannya.

Negara amerika itu seluruh HOME LAND adalah kontinenatal amerika kendali penuh mulai dari ujung alaskan sampai selatan argentina harus full kendali amerika. Ada apa aja di negara selatan amerika, amerika kirim tentara. Ratakan, sampai balik lagi taat dengan amerika.

Demikian juga rusia, demikian juga tiongkok. Perbatasan negara , dnegan negara lain, negara tersebut harus taat, patuh atau di kendalikan tiongkok. Itu cara bernegara negara berdaulat.

Jadi korea utara ya di PELIHARA sama tiongkok. Seluruh negara berbatasan langsung, semua di pikirkan apa yang bisa membuat kendali atas negara tersebut, kekuatan kelemahan dan apa manfaat terbanyak buat tiongkok, dan bagaimna menaklukannya, kementraian perang tiongkok punya master plan nya.

Untuk myanmar, gas alamnya besar banget. Tiongkok perlu!!!! Tarik pipa sampai tiongkok panjang sudah.

Militer myanmar gerah, nasionalime mereka di tambah ego mereka tertohok tohok lihat demkrasi mulai membuka dan mengeduk sumber daya alam.

Kudeta masuk ibukota sudah dilakukan, sekarang bakar pabrik pabrik milik tiongkok. Atas nama nasionalime militer myanmar bertindak.

Ya sudah sekian dulu informasinya.

Ngak penting banget nih info bossman kali ini. eh tapi inget, jangan di bawa bawa ke mana mana pikiran kalian, tetap di myanmar ya, jangan ke sulawesi segala. Ngawur kalian.

Related : CERITA MYANMAR.