Ketika kapal selam nanggala 402 hilang tanpa signal radar untuk rescuer para team pencari  dan penyelamat tidak bisa mendeteksinya, kemungkinan terburuk kapal ini mati mesin  black out sehingga crack under presure, terkoyak di bawah tekanan.

Oiya,  team lapangan mahakarya yang telah berkontribusi banyak membantu basarnas terus mencari lokasi kapal selam nengggala. Tiap 2 jam saya mendapatkan laporan langsung setiap saat dengan harap harap cemas. Putra bangsa terbaik di dalam kapal selam tua harus dapat di selamatkan dan ditemukan.

Akhirnya  di ketemukan kapal selam tersebut terbelah, crack di bawah tekanan. Innalilahi wa inna ilahirojiun, gugur 53  kesatria laut dalam menjalankan tugas negara. 

Ini sebuah tamparan, ini no joking. Bukan barang candaan. Karena ada 2 hal langsung kita sebagai orang awam bertanya atas apa yang terjadi.

Pertama adalah Panglima TNI & KSAL mesti mengklarifikasi dua hal: Kelebihan Muatan & Lokasi Latihan. 


Jurnalis The Drive, Thomas Newdick mengutip Combat Fleets of the World edisi 1993 yang menyatakan biasanya Submarine type Nanggala berkapasitas 34 personel. . 

Kedua lautan utara Bali berkategori palung laut. Kedalaman 700-1300 meter. Semakin ke timur semakin dalam. Arus bawah lautnya deras & kuat. 

Tempat latihan TNI AL dan Kapal Selam bukan di situ. Tapi di Perairan Situbondo, Banyuwangi sampe Utara Singaraja. 

Submarine nuclear-powered fleet sekaliber Royal Navy's Astute class yang sanggup beroperasi over 300 meter.  Kapal selam rusia terbaru dengan tenaga  nuclear Yasen class bisa  melakukanb  Safe depth: 450m, tetapi tidak di bawah itu. 

Kok bisa-bisanya KRI Nanggala angkut 53 orang dan latihan di zona berbahaya. Wahai panglima dan KASAL, mohon di jawabnya?

Apa jadinya? Sistem pertahanan indonesia jadi dikesankan terlemah di asia tenggara bukan hanya omongan di warung kopi. Memang lemah, memang dalam 7 tahun ini seakan tidak mendapatkan porsi yang sepadan sepertinya, bahkan menteri pertahanan di pertanyakan status ke TNI an nya hingga kemampuan panglima TNI di dalam strategi membangun kekuatan pertahanan juga di pertanyakan.

Sahabat, untuk meringkas masalah kapal selam nanggala 402, jangan jauh jauh melihatnya seperti para pengirim berita hoax yang mengatakan, di serang drone bawah laut tiongkok lah, di terpodelah, ada kapal selam perancis lah menyerang, ada perang laut akan terjadi, sabotase, jawabnya BUKAN SEMUA DI ATAS.

Atau perkiraan yang kedua, karena adanya  masalah maintenance dan spare part   yang jatahnya sering di gunting kerena sistem pertahanan di katakan tidak ada dana kalaupun ada priotitasnya bukan untuk pemeliharaan dan masalah ini  SANGAT BANYAK DUGAAN KORUPSINYA. 

Akibatnya nanggala blackout, tak bisa baca arah, dan macam macam yang berakibat kecelakaan tersebut.

Jadi kalau di ringkas dugaan kedua, lemah pertahanan kita karena UNSUR KORUPSI di departemen dan lembaga terkait yang harus di bongkar!!!!

Kesimpulan sepihak versi dua adalah korupsi membunuh putra bangsa terbaik. Kedepan, kalau anda benar benar NKRI garis lurus wahai pejabat, TEBAS masalah korupsi itu.

Kita kembali ketopik awal, dunia pertahanan itu memang tidak ada WUJUD nyata nya, seakan akan sepi terlihat, baru di butuhkan atau dianggap penting  ketika kapal perang negara lain manuver masuk ke indonesia. Di sana baru terlihat, apakah kita bisa antisipasi atau bahkan bisa menyerang balik atau tidak?!.

Misalnya australia dari port of darwin, mengirim jet tempurnya lewat cristmas island, menyerang jakarta, dalam 30 menit bisakah di intersep serangan tersebut.

Malaysia dari serawak serang balikpapan, pangkalan mana yang bisa menghalangi serangan udara tersebut, atau medan diserang oleh thailand, pangkalan mana yang bisa menahannya. Jangan jangan dalam waktu 2 jam setelah negara agresor berangkat mengirim pasukan tempurnya, kota yang di target tersebut rata tanah sebelum bisa di intersep oleh pasukan kita.

Bayangkan, alat alatnya tua semua, sisa sisa orde baru pun masih ada.

Mardigu WP

Maintencance perawatan nya hanya gonta ganti spare part yang selalu terlambat. Indonesia itu negara maritim, angkatan lautnya harusnya terkuat di dunia. Namun miris, pencurian hasil laut oleh negara lain masih terjadi di banyak laut di indonesia. Puncaknya, kapal selam nenggala 402 beserta kesatria laut nya gugur!

Indutrial military complek harusnya ada di indonesia saat ini. Selain untuk secara fisik mengendalikan wilayah indonesia juga membuat efek gentar negara lain. Lalu sebagai syarat mutlak, semuanya harus produksi dalam negeri, Indonesia harus menambah kekuatan perang dan pertahanan juga bentuk perang non militer harus juga di kuatkan 10 kali lipat dari saat ini.

Seperti : Informasional warfare, trade warfare, biological warfare, digital IT warfare dan banyak lagi bentuk perang modern harusnya kita kuatkan kalau INDONESIA MAU MENJADI NEGARA SUPERPOWER.

Itulah mengapa, new mind akan merubah depertemen pertahanan menjadi departemen perang. Dari defence menjadi offence, itu semua untuk kebijakan keluar negeri.

Itulah sebabnya kalau sistem bernegara yang di agungkan adalah old mind hanya bisa hutang yang ada di pikirannya. Old mind berpendapat, MEMBANGUN PERLU DOLAR, membangun perlu asing. ITU KUNO. Untung kalian punya ribuan buzzerp yang di bayar milyaran, jadi terlindungi semua ketidak mampuan banyak pejabat dengan narasi, dengan cerita sukses dan kesederhanaan.

Kalau bernegara ala new mind, maka PRINTING MONEY 100% dengan underlaying military industrial complek pasti dilakukan!, membangun mesin perlindungan negara seperti tank, kapal selam, kapal fregat, hingga sistem radar, komunikasi satelit sendiri, gelontorkan saja 500 triliun setahun pakai printing  money dengan syarat bahan baku harus 100% indonesia pasti dilakukan.

Walau awalnya trial error ya gak apa apa, setahun dua tahun pertama mungkin yang jadi bener hanya 40% nya, namun di tahun ke 10, bayangkan kekuatan indonesia saat itu dan bayangkan apa yang terjadi di tahun 2045 nanti kalau new mind di mulai dari sekarang?!!.

By: Mardigu WP

Related : INDONESIA MENJADI NEGARA SUPERPOWER CARANYA GAMPANG, BUANG AJA OLD MIND ( MEMBAHAS NANGGALA 402).