Apa hubungannya liga super eropa atau europian super league dengan kaum new mind? Kita semua tahu mendadak 12 club mau hengkang dari FIFA dan tidak mau lagi ikut aturan main liga eropa versi FIFA di eropa.

6 club dari inggris, 3 spanyol, 3 dari italia. 12 club ini bergabung dengan ESL liga super eropa yang baru di bentuk dengan aturan main baru.

Bukan aturan main di lapangan namun aturan main bisnisnya baru yang mereka lakukan. Liga super eropa MENGUBAH BISNIS MODEL sepak bola eropa mungkin dunia kedepannya.

Sesungguhnya, ini meniru bisnis model olahraga amerika punya aturan.


Kita ke amerika sebentar. NBA dari dulu melawan hegemoni FIBA. Ada three point shoot, tidak boleh zone defence, dan banyak lagi aturan main di ubah yang tujuannya membuat permainan bola basket enak di tonton, high score, atraktif.

NBA di tentang keras FIBA dan aturan organisasi basket internasional sehingga melarang pemain NBA ikut olimpiade, namun NBA serta amerika, cuek aja.

Faktanya  basket di bawah NBA lebih atraktif,menarik banyak penonton, menarik banyak iklan sponsor, sehingga FIBA suatu hari menyerah. Pebasket NBA akhirnya bisa tanding di olimpiade dan semua aturan NBA di adopsi oleh FIBA.

Sistem salary cap, drafting pemain, tranfer antar pemain, hak siar media, semua di buka tranparan oleh NBA ke club basket lainnya. Itu bed abanget dnegan FIBA punya aturan dulunya.
Hal ini membuat bola basket selain menjadi tontonan menarik juga menciptakan ekosistem bisnis yang besar, billion dolar putarannya.

Organisasi ala FIBA tidak akan membuat bisnis olah raga berputar kencang demikian juga aturan FIFA.

ESL adalah sebuah langkah rebel, atas ketidak transparan-an arogansi organisasi FIFA yang bisa lebih kuat dari sebuah negara sekalipun. 

Bayangkan kalau dalam liga super eropa, NGAK ADA OFFSIDE, apa ngak sepak bola menjadi “new games” yang atraktif, skore bola bisa 9 : 7, bisa double digit, ngak membosankan seperti dulu dimana dalam  2 x 45 menit Cuma 1 gol !!!

Ketika 12 club ini memisahkan diri, 4 media besar termasuk disney mengelontorkan 4 bilion dolar. ESL punya sallary cap pemain, sistem draft pemain yang unik berdasar statistik sehingga klub juara tidak mendominasi talent, namun club non juara bisa dapat talent bergiliran, ini di sebut DEMOKRATISASI TALENTA.

Di amerika sudah lama di praktekan, baseball, basketbal, liga soccer amerika, NFL football leage menjadikan olah raga komersial, profesional, atraktif dan terbukti membuat semua orang berolahraga. Terbukti banyak membuat atletnya kaya raya. Bukan seperti atruan FIFA, olimpiade yang membuat atlet di hari tuanya miskin. Padahal sudah membela negara di masa mudanya.

Club bola eropa yang mana pemiliknya banyak konglomerat amerika mulai gerah karena FIFA membatasi pendapatan bisnis mereka. Penonton eropa mulai bosen karena juaranya hanya itu itu aja. Pemain banyak yang merasa hari tuanya akan berat kecuali mereka bintang besar, mending ikut liga ala DEMOKTRATISASI TALENT. Clubnya bisa berpeluang juara dan hadiahnya bisa membuat tabungan hari tua meningkat.

Sekalian aja top 16 di gabung ke sebuah liga super dimana HAL SIAR MEDIA dan iklan di bagi ber 16 daripada buat FIFA. Ada 12 team menyambut, dan liga bisa dimulai, iklan berdatangan, sponsor sudah teken.

Bagi pengiklan, lebih murah, lebih atraktif liga super.

FIFA meradang, melarang pemain liga super eropa tersebut ke world cub atau membela negaranya. Namun apa pemain tersebut perduli kalau ternyata tiap tahun di liga super tersebut SUDAH WORLD CUP?!! Ngapain nunggu 4 tahunan yang hak siarnya semua di makan FIFA!!!!

Pemain top itu dan club club itu adalah BUDAK BISNIS FIFA. Mereka para pemilik club yang 12 itu dan pemain top semua ingin bagian dari kueh besar tersebut.

Liga super melawan hegemoni dan sepak bola alan menjadi menarik kedepanya tanpa NEGARA FIFA.

Sekarang ke new mind yang menjadi tulang punggung mardigunation. New mind punya filosofi sama, melawan hegemoni barat, hegemoni tiongkok dan akan membuat bernegara indonesia selincah super liga.

Kita punya liga sendiri, aturan sendiri, tak ikut IMF dan OBOR. Pastinya bernegara lebih atraktif, printing money, bunga pinjaman nol persen, bunga deposito nol persen, produksi berbasis ekpor akan dapat pinjaman 5 kali aset serta banyak lagi aturan “main bola bernegara”nya kita ubah demi rakyat bangsa dan negara Indonesia berdaulat.

Jadi sahabat, bagaimana, siap gabung bersama new mind, buat liga super sendiri. Seru loh? #peace #dinaran
Related : LIGA SUPER NEW MIND.