Ketika hudson institute menjadi pemrakarsa pelepasan dolar back by gold, dunia terdiam. Peristiwa tahun 1971 tersebut membuat dolar menjadi uang terkuat di dunia bukan karena di back by gold atau memiliki underlaying gold, namun underlyingnya HUTANG negara lain yang semuanya berbasis proyek. Berbasis industri.

Mirip dengan tahun 1920 hingga 30an di jerman sebagai negara kalah perang dunia pertama dan jepang setelah kalah perang dunia kedua,


Dolar di tahun 71 melepas jaminan atas emas, adalah mengunakan MMT modern monetary theory nya michael hudson. 

Tahun 80  hingga 90 an michael hudson adalah guru besar PEKING UNIVERSITY di mana hampir semua petinggi polit biro yang saat ini berkuasa di tiongkok adalah murid beliau setidaknya pemahaman MMT sehingga di tahun 1989 pertama kali deng xio ping ambil posisi ekonominya, di demokratisasi pakai proyek underlayingnya, MMT di praketekan di tiongkok.

Kedua negara tersebut saat ini menjadi dua negara besar. Yang satu amerika sudah menjadi negara super power bahkan dengan kekuatan teknologi, patent dan free thinking country terbebas di dunia.

Sebagai murid hudson tidak langsung kerena saya hany mengikuti buku buku nya, dan belajar dari muridnya hudson salah satunya stephani kelton, maka sejak 6 tahun yang lalu si sontoloyo ini, declare, menyatakan akan membuat negara indonesia menjadi negara sejajar dengan 2 negara tersebut dan di 2045 menjadi negara terkuat di dunia di atas kedua negara tersebut.

Alasanya? Indonesia memiliki 4 hal yang tiongkok dan amerika tidak punya. Amerika dan tiongkok hanya pakai MMT saja, indonesia punya kekuatan lain yaitu punyasumber daya alam bawah tanah itu satu, kekuatan sumber daya alam di permukaan tanah yang subur dan memiliki air yang sangat cukup, punya kekuatan isi laut dan lokasi strategis kekuatan maritim dunia karena laut di tengah negara indonesia di lewati 100.000 kapal dagang internasional.

Di tambah kekuatan NEW ECONOMIC MODEL  MMT atau mardigunomic indonesia gila pertumbuhannya.

Ubah 4 kekuatan asli alam indonesia atau geoekonomi di tambah ekonomi model yang agresive, dalam 20 tahun kedepan indonesia game changing country.

Saat ini kalau masih old mind yang pola nya ngutang ke asing, nyekek leher rakyat dengan pajak, membatasi free thinking bisnis dengan aturan yang membelenggu karena aturannya pesanan OLIGAR, maka indonesai tidak akan berdaulat tidak akan menang.

New mind membebaskan berfikir dan bertindak setiap warganya untuk hal yang produktif.

New mind melihat potensi indonesia itu besar, new mind melihat pontensi SDM indonesia itu kreatif, namun KEBIJAKAN POLITIK PARLEMEN DAN PARTAI  membelenggu kreatifitas dan pontensi.

Musuh trerbesar bangsa indonesai adalah sistem politik yang membatasi manusia berkompetisi berdasar prestasi dan potensi. Harusnya pilihan politik apapun yang di ambil, menjalankannya adalah mereka yang memiliki visi, potensi dan kemampuan kelas dunia.

Jangan sampai karena dekat dengan pejabat terpilih, team pemenangan, yang modali, buzzerp, yang pinter nyeneningin dirinya, yang melindungi diri pejabat agar selamanya berkuasa, itu yang mendapat jabatan!!!  lah itu ngak ngurusi rakyat namanya, ngak ngurus negara namanya.

Makanya, new mind selalu bertanya : tahun 2024 kok lama bener ya?

Related : TAHUN 2024 MASIH LAMA YA?.