Pengumuman PPDB Jawa Tengah untuk jenjang SMA tahun ajaran 2021/2022 diumumkan malam ini Sabtu (26/6). Hasil dapat di akses melalui laman resmi PPDB Onlline di ppdb.jatengprov.go.id. Berikut ini akan dijelaskan step by step cek nilai akhir seleksi PPDB.

Pengumuman PPDB Jawa Tengah Bisa Dicek Di sini

Gambar 1. Tampilan Awal Laman PPDB Jateng

Masuk ke halaman awal laman, scroll ke bawah sedikit. Perhatikan di bagian kiri terdapat menu jalur pendaftaran untuk SMA. Jalur pendaftaran meliputi Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Orang Tua, dan Prestasi. Pilih salah satu dari empat jalur sesuai dengan jalur yang kamu pilih saat pendaftaran.

Gambar 2. Tampilan Jalur Pendaftaran

Sebagai contoh, mimin memilih Jalur Prestasi. Laman selanjutnya akan menampilkan halaman muka PPDB SMA Jalur Prestasi. Perhatikan tampilan layar bagian atas. Dari kiri ke kanan terdapat menu beranda sampai dengan statistik. Untuk melihat hasil seleksi, silakan kamu klik menu Seleksi.

Tampilan laman menuju Hasil Seleksi Prestasi akan terbuka. Sebelum dapat menampilkan hasil, kamu terlebih dulu harus memasukkan satu nama sekolah. Langkah berikutnya, pilih nama sekolah sesuai dengan yang kamu daftarkan di jalur prestasi ini.

Cara Melihat Hasil Pengumuman

Laman akan menampilkan deretan data calon siswa yang mendaftar di sekolah yang kamu pilih lewat jalur prestasi. Jangan langsung mencari nama kamu. Pastikan kamu membuka laman hasil seleksi ini hanya ketika sesuai dengan waktu resmi pengumuman mulai bisa diakses.

Perhatikan tulisan Status Data di bawah tulisan Hasil Seleksi. Pastikan Status data adalah Data Akhir. Contoh Gambar 5 menampilkan data masih bersifat sementara, artinya kamu perlu me-refresh laman ini. Sangat memungkinkan situs web mengalami keterlambatan mengingat banyaknya akses pada waktu bersamaan.

Tunggu beberapa saat jika perlu lakukan refresh laman kembali. Pastikan Status Data menunjukkan telah mencapai data akhir. Status Data Akhir artinya data yang ditampilkan merupakan data hasil seleksi final dan tidak mengalami perubahan kembali.

Setelah data menunjukkan data akhir, carilah nama kamu di daftar nominasi. Perhatikan simbol di samping nama. Jika simbol berwarna centang ungu, artinya kamu diterima di jurusan IPA. Jika simbol berwarna orange, artinya kamu masuk jurusan IPS. Dan simbol biru untuk jurusan Bahasa.

Bagaimana Jika Namamu Tidak Ada?

Apabila kamu tidak menemukan namamu di daftar nominasi, jangan panik. Kamu bisa datang langsung ke SMA tujuan dan menanyakan hal tersebut. Perlu kamu ingat, proses pendaftaran hingga seleksi akhir PPDB ini sepenuhnya dilaksanakan secara online melalui website resmi.

Waspada pada modus penipuan PPDB yang sering terjadi.Jangan percaya jika ada pihak ketiga yang memberitahukan pengumuman seleksi melalui media lain. Jika kamu mengalami kesulitan atau bingung, langkah paling tepat adalah datang ke sekolah tujuan.

Proses PPDB melalui website resmi berakhir sampai dengan pengumuman hasil Data Akhir. Prosedur selanjutnya adalah Daftar Ulang. Mekanismenya mungkin berbeda dari setiap sekolah. Informasi daftar ulang dapat kamu cari di website resmi sekolah tujuan. Selain itu, bisa juga melalui  akun sosial media sekolah bersangkutan.

Periode daftar ulang biasanya dilakukan dua hari setelah penerimaan. Kamu harus menyiapkan berkas yang perlu di bawa saat daftar ulang. Perhatikan waktu dan lokasi daftar ulangnya ya. Terakhir, tetap jaga protokol kesehatan saat memasuki sekolah baru.

Sekian pejelasan mengenai step by step ketahui hasil PPDB SMA di Jawa Tengah tahun 2021. Selamat melangkah ke jenjang pendidikan SMA. Semoga Sukses!

Related : Terbaru Step By Step Ketahui Hasil PPDB Calon Siswa SMA di Jawa Tengah 2021.