Kalau bossman mardigu jadi presiden maka dalam 100 hari kerja pertama apa yang dilakukan? 

Dalam ilmu MMT modern monetary theory maka ada yang namanya T.I.N.A, there is no alternatif. Apa arti TINA sederhananya?


PEMERINTAH akan membuat peraturan sehingga orang TIDAK PUNYA PILIHAN kecuali mengikuti apa yang pemerintah arahkan.

Misalnya, ada 5500 triliun uang nasabah di bank di indonesia. Katakan 50% nya adalah uang yang di depositokan oleh nasabahnya. Uang itu memperoleh bunga deposito sekitar 5% setahun. Jadi kalau ada seseorang punya uang 100 miliar rupiah pada depositonya maka dia akan memperoleh bunga bank 5 milyar setahun.

Lumayan duduk duduk ngak ngapa ngapain menikmati hidup. Kalau punya 1 triliun maka 50 milyar pertahun bunganya di dapatnya.

Maka dalam MMT buat peraturan yang namanya TINA tidak ada pilihan lain, seperti BUNGA DEPOSITO nol persen!!!

Kalau buang deposito nol persen, maka deposan kepalanya pecah semua. Yang tadinya duduk duduk enak dapat 5 milyar setahun tahu tahu dapat NOL!!!

Maka uang tersebut bakal di tariknya keluar. 

Maka pilihanya kalau di kirim ke luar negeri, tanpa UNDERLAYING transaction atau tidak ada transaksi hnya pindahin uang, kena pasal FLIGHT CAPITAL penjara 5 tahun.

Keluar uang dari indonesia harus ada masuknya, atau transaksinya, misalnya beli alat produksi, atau apapun yang manfaat.

Kalau mau deposito ini di luar negeri, tukar mata uang asing, flight capital penjara 5 tahun.

Apa yang terjadi kalau TINA di terbitkan regulasinya, sementara dari 5500 triliun setengahnya adalah deposito yang tak di beribunga. Maka uang tersebut mendadak bisa keluar dari bank dan masuk sektor riil, jadi pabrik, jadi hotel, jadi cafe, invest di UKM, dan uang 2000 triliun sebvesar APBN mengalir deras kesektor ekonomi produktif.

Ekonomi indonesia dalam semalam, akan berputar. Makanya jangan pilih bossman jadi presiden. #peace #dinaran

Related : KETIKA BOSSMAN MARDIGU JADI PRESIDEN NEW MIND I.