Saya panas mendengar uang yang di belanjakan oleh para pencong indonesia keluar negeri dalam 1 tahun itu bisa mencapai 700 triliun rupiah nilainya, atau hampir setengah APBN.

Ini perilaku elitis yang tidak sampai 3% populasi di indonesia. Sementara turis manca negara kalau belanja di indonesia di total tidak sampai 200 triliun setiap tahunnya. Tekor sebenarnya kalau apple to apple namun yang penting ekonomi mutar.

Sekarang dari sisi jumlah, ternyata Jumlah orang yang datang ke indonesia jauh lebih banyak dari jumlah pelancong indonesia keluar negeri. Tapi spendingnya banyakan orang indonesia di luar negeri! 

Orang indonesia itu MEMANG JAGO BELANJA !!!

Kalau turis mancanegara ke indonesia pulang bawa oleh oleh gantungan kunci yang hanya puluhan ribu rupiah, sementara turis indonesia keluar negeri pulang bawa tas hermes, louis vuitton yang harganya ratusan juta.

Sekarang kita harus turun tangan membantu 

pemerintah yang sudah bingung ngak ngerti lagi mau bikin apa yang penting di tahun 2024 tongkat estafet kekuasaan harus di lingkaran mereka agar abadi kekuasaanya, sementara rakyat asal survive, toh rakyat pinter, otopilot cari makannya.


Bagaimana membantunya? Nah ini bedanya new mind dengan oposisi pengerintik, yang bisanya nya opisisi itu lihat kejelekan pemerinmtah tetapi NGAK TAHU JUGA SOLUSINYA APA. Kalau pun ada solusinya normatif.

Kita lompat sebentar keluar topik nanti balik lagi memutar ekonomi wisata tidak keluar negeri.

Banyak saat ini di media media, juga orang orang di tempat tongkrongan yang membicarkan 2024 siapa presiden dan wapres indonesia.

Maka banyak nama di gadang gadang. Nama nama itu modalnya gampang, bayar aja lembaga survey untuk memasukan nama mereka walau 1 di antara 10 orang, pokoknya masuk aja nama mereka dulu.

Lalu mulai di bangun citra mereka masing-masing.

Yang hebatnya, siapapun mereka itu tanya satu hal, KONSEP BERNEGARANYA ketika nanti bernegara apa? Maka jawaban mereka normatif, umum umum saja, stop impor, stop hutang, pro UKM, dan lain sebagainya dan faktanya ketika menjabat, semua tidak bisa di jalankan KARENA TIDAK TAHU CARANYA!!!

Mereka semua itu hanya manuver politik dan di otaknya bagaimana populer dan bagaimana menang dapat kursi di 2024. Mek ngono tok!!!

Hebatnya adalah narasinya yang bisa membuat rakyat percaya. Oiya ini bukan promosi bossman yang ternyata sudah lengkap cara dan strategi bernegaranya, bukan loh ya. Bossman bukan mau jadi presiden, mau jadi LORD. Wis jelas yo. 

Ini semua buat nyindirin positif. Kita nyindir incumben, nyindir yang cari populeritas 2024, dan nyindir oposisi supaya punya konsep bernegara.

Misalnya mereka mengatakan, akan menghukum mati koruptor, eh itu bossman sudah usulkan. Cari lain, pajak di turunkan, eh bossman sudah duluan sejak 3 tahun lalu ngomongnya, turup selat di inonesia, wah itu program bossman, bunga bank nol persen juga bossman punya program.

Mati ngak lu para kandidat presiden semua konsepnya bossman sudah duluan sebut berserta caranya. Mati gaya aja, ya mending jadiin bossman lord, mulai faham nakalnya si sontoloyo ini!!!

Jadi cara mereka paling top ya paling masuk gorong gorong, masuk ke podcast populer, sebanyak mungkin di liput media kegiatannya, tapi ya garing. Viewer di sosmed mereka paling ribuan tidak puluhan atau ratusan bahkan jutaan viewer.

Jutaan itu ke deddy corbuzier paling an.

Ok kita kembali ke topik bagaimana membuat 700 triliun itu di indonesia aja. Sebagai acuan cerita dior dan vuitton , jadi wisata itu kekuatanya bukan EKOWISATA nya alias lokasi yang kuat, tetapi harus ada kekuatan penunjang seperti kuliner, event atau peristiwa, tradisi, budaya, keramahan sarana toilet, kesehatan dan pelayanan yang prima tentunya produk kelas dunia berharga mahal karena langka  dan unik. 

Sungguh, event, tradisi, budaya, dan ekperiential pengalaman adalah yang paling powerful membuat mereka kembali.

Bagaimana kalau kita buat semuanya :   event, tradisi, budaya, kuliner, produk UKM kelas dunia, di seluruh indonesia PLUS GAMIFIKASI YANG BERHADIAH MILYARAN. 

Traveling di indonesia, misalnya ke jogja, ke toba modalnya per-orang katakan selama 3 hari - 1 juta rupiah,  ternyata bisa dapat hadiah ratusan juta rupiah. Kalau pun ngak menang, gak dapet hadiah gamifikasi, tetap dapat menikmati PENGALAMAN PESONA INDONESIA.

Untuk hal ini kita luncurkan segera, tenang new mind sudah ada solusinya. #peace #dinaran.

Related : MASALAH ITU ADALAH PELUANG BESAR UNTUK JADI MAKMUR.