Kontraksi ekonomi terbukti sudah  4 kuartal minus, maka efek juli lockdown PPKM  jawa bali dimana 70% peredaran uang nasional ada disana, untuk menahan laju pemaparan di batasi pergerakannya hal ini secara ekonomi pasti akan berpengaruh besar kearah negatif.

Kiota semua tahu, strategi ejkonomi tidak tumbuh baik. Pendemi gelobang pertama membuat minus 4 kuartal, lalu pandemi gelombang kedua sedang kita bersama perangi saat ini enath apa yang terjhadi dalam 2 kuartal ekonomi kedepan, sisa tahun 2021 ini.


Namun pemerintah tetap optimis bisa membuat ekonomi naik, bahkan kalau tidak percaya akan di panggil pak Luhut. Sehubungan dengan “yang tidak percaya akan mendapatkan penejhlasan pak luhut”  maka, saya mengacungkan tangan tinggi tinggi dan berkata dengan keras SAYA SAYA SAYA PAK!!! Yuk ngobrol pak, bagaimana strateginya dan akan lakukan apa pak agar ekonomi tumbuh.

Kalau ternyata jawabnya dengan investor asing masuk, jiaaah itu bukan jawaban yang bikin kami semangat pak, yang lain dong!!!!

Kalau dengan pinjaman hutang!!!  itu juga bukan sesuatu yang baru, 7 tahun ini hutang naik jadi 6500 triliun dari 2700  triliun sisa pak SBY itu juga bukan sesuatu yah WAH!!, malah sesuatu yang LHO?!!!

Jadi kalau ada yang tidak percaya mau dengar langsung dari pak luhut, terang saya menjadi orang nomor satu ingin penjelasan, SAYA SAYA SAYA !!!

Kami berharap strategi baru di pakainya, bukan yang kemarin kemarin yang terbukti membuat 4 kuartal minus. Juga  bukan yang membuat impor nambah naik, juga bukan yang membuat tenaga kerja asing nambah banyak. Yang baru, yang segar. Ada pak? 

Juga Bukan seperti selama tujuh tahun ini telah berjalan memainkan kekuatan politik, pernah membelah golkar jadi dua di awal dulu, membelah PKS jadi dua, membelah demokrat jadi dua, membelah PPP jadi dua, membelah PAN jadi dua, baik langsung atau pun tidak langsung mendukung atau mendiamkan perpecahan politik terjadi. jangan lagi seperti itu, Jangan terlalu berpolitiklah bernegaranya. Utamakan keselamatan rakyat, 

humanitarian.

Ekonomi juga jangan terlalu mementingkan asing lah, hutang, investor asing, keduk hasil bumi SDA tanah air, tenaga kerja asing, pajak mencekik. Dukung lah dengan mempermudah izin di BPOM misalnya ada ribuan yang nyangkut tahunan di sana. Juga berpihaklah  dengan regulasi digital yang terbuka dan luwes agar muncul startup unicorn dan decacorn yang sampai saat ini ngak tumbuh tumbuh lagi.

Yang ada 5 unicorn itu juga produk sebelum 2014 kebanyakan. Bukan kebijakan selama 7 tahun berkuasa. Kalian belum membantu digital anak bangsa satupun jadi unicorn karena kebijakan kalian. Mana janjinya?!!!

Itu hanya sedikit  janji kampanye yang di pertanyakan generasi muda. 

Lalau ada mini lockdown jawa bali juli ini, akibatnya pasti melambat lagi 2 kuartal kedepan, bisa minus lagi, jangan sampai 6 kali minus loh ya ekonominya, sampai akhir tahun 2021 ini minus, itu bahaya.

Berat mesin ekonomi kalau turunnya terlalu dalam atau diamnya mesin terlalu lama.

Yang newmind takut minyak crude oil yang 75 dolar perbarel saat ini akhir tahun ini medekati 100 dolar, mati kita.

Sudah dolar kurang jumlahnya di tanah air, dagang pakai yuan. Sementara amerika dan dunia rab tetap petrodolar, beli petrol ya pakai dolar.

Lah kalau rupiah jadi 17.000 terhadap dolar karena perlu dolar dan dolar langka, ngak ada dolar masuk karena yuan yang masuk, beli minyak 800.000 barel perhari pakai apa? Apa mau saudi di bayar pake yuan?

Yuan belum multicurrency masih 1,7% transaksi dunia pakai yuan. Cukup nekat sih analisa me yuankan transaksi dan tergantung satu negara tiongkok mitra daganganya padahal tingkok bukan penyedia semua macam kebutuhan terutama energi!!!

Berat  nih kalau crude oil mendekati 100 dolar perbarelnya  di akhir tahun 2021 ini, covid mudah mudahan melandai sejak akhir juli ini, semangat vaksin kita dukung kok boss

Related : NEWMIND IZIN MENGHADAP KOMANDAN.