Saat ini dunia bergeser jauhhhhh dan berapa lama kita akan menjadi seperti ini dibawah serangan virus? jawabnya : selamanya!!!!

Setidaknya sampai 2025 seperti kata WHO dan world bank!, waduuuh?!!!

Paling  cepet 2023 awal deh!!! Tetep aja lama, maunya tahun 2021 ini paling lama selesai deh!!! Vaksin tahun ini 100% orang indonesia di vaksin. Apakah selesai covid? Ya nggak tahu juga!!! 

Menurut ngana? Selesai kah covid ketika 100% manusia indonesia sudah di vaksin? Jawabnya, gak tauuu

Misalnya manusia setelah di vaksin efeknya tingkat kematian atau fatalities menurun, tetapi tetap bisa kena, dimana kalau kena ya isolasi mandiri, katakan 10 hari, tiap hari ada 30.000 orang  gantian, bergiliran. Tiap hari ada 30.000   karena  10 hari isoman mana yang lagi di kurung 300.000 orang per 

hari orang terkurung gantian sampai 100 juta orang!!! ..gitu ya? 2  tahun itu bisa tercapai? Bisa lebih..serem amat?!!!

Untuk mencapai 60% populasi yang bener bisa 2 tahun lagi, mungkin bisa 4 tahun lagi. Kalau hal ini terjadi maka bukan hanya ekonomi ambyar tetapi keterampilan sosial anak kita, ketrampilan ketrampilan lainnya hilang.

Bisa terjadi generation gap yang parah dimana di tahun 2045, 24 tahun lagi mereka yang usianya 10 – 20 tahun dari sekarang adalah tulang punggung angkatan kerja dan usaha. ,mereka tidak punya keterampilan yang mumpuni. Maka angkatan yang usianya 50 – 70 tahun terpaksa masih bekerja.

Maka gawat kalau bernegara tidak memikirkan ini tetapi lebih memikirkan tenaga kerja asing BAGAIMANA BISA MASUK TERUS dengan di lindungi pejabat paling berkuasa, alhamdulillah berhasil masuk terus. Itu lebih penting baginya sekarang, saat ini. Generasi mendatang, ngapain gw pikiran katanya. Yang penting saat ini berkuasa, nggak ada yang boleh halangi, pokoknya gigi 5, gaspol.

Lalu siapa yang urus generasi muda yang sudah 1,5 tahun ini ngurung di rumah, ditambah masih ada kemungkinan ngurung lagi 1,5 tahun lagi. Kita urai masalahnya: 

Kalau anak  usia saat ini  7-11 tahun usia SD mereka tidak mengerti banyak tentang CULTURE budaya lokal, local wisdom, ditambah 1,5 tahun lagi terkurung, mereka nantinya , TIDAK PUNYA BUDAYA.

Lalu remaja usia pancaroba baru akil balig, 11-15 tahun. Mereka  lagi cari jati diri. Kematangannya merubah dirinya NOT  A GIRL BUT NOT YET A WOMAN terhambat, ditambah 1,5 tahun lagi kejiwaan mereka, akan MAN atau WOMAN tidak paham, tidak matang. Sulit menjadikan BOY TO MAN!

Usia 16 -23  tahun SMA – kuliah, anak masa kreatif dan puncak puncaknya MAIN  di usia ini, kesalahan kesalahan kecil yang penting untuk modalnya bersosialisasi di kemudian hari, tidak banyak, mereka masuk generasi yang HILANG kalau di tambah 1.5 tahun lagi. Sekolah mereka TAK BERKETRAMPILAN, tidak ada kesempatan di laboratorium, di studio, 

praktek kerja, keilmuan jalanan street smart tidak ada. Hampir tidak mungkin membuat mereka DARI MAN TO GENTLEMAN!!!

Ada 40% saat ini dari populasi di indonesia yang usianya 7-23 tahun, yang 20 tahun lagi mereka merupakan tulang punggung keluarga, bangsa dan negara. Jadi apa mereka ini nantinya, ada yang mikiran?  Pelindung nikel mikiran? Yang pasang baliho jualan 2024 mikirin, yang menjabat sekarang mikirin? Bossman? Ada tuh balamuda, walau kecil kita berjuang. #peace

Related : BERNEGARA MACAM APA!.