Apa syarat indonesia menjadi negara super power tahun 2045, dimasa 100 tahun indonesia merdeka? Ada pertanyaan sebelum menjawab pertanyaan pertama tadi, apa ada negara dalam 20 tahun membangun bisa menjadi negara super power?

Kita bahas perlahan dan kalau terbukti ada maka  kita harus berkaca pada KENYATAAN, bahwa selama ini yang telah menjalankan negara dalam 20 tahun terakhir....ternyata tidak membuat indonesia saat ini atau 3 tahun lagi MENJADI NEGARA  super power!!  jadi ke depan, lupakan mereka akan menjabat yang punya model pemerintahanya sama dengan mereka yang menjabat dalam 20 tahun terakhir. Mereka semua old mind.


Ok, indonesia kedepan mau berubah total khan?

Bukti pertama, tahun 1918 jerman kalah perang dunia pertama dan harus membayar kompensasi biaya perang lagi. Namun di tahun 1936 jerman mulai agresi militernya kemudian menguasi eropa. 20 tahun jerman membangun negaranya untuk menjadi negara super power.

Jepang, tahun 1945 kalah perang dunia kedua, di 

tahun 1964 olimpiade modern pertama di dunia di adakan di tokyo. Dunia terkejut dengan kemajuan teknologi dan ekonomi jepang hanya dalam 20 tahun saja. Itu bukti kedua.

Tiananmen 1989, tiongkok tumpah darah, investor barat hengkang dari tiongkok, tiongkok di bawah deng xioping melawan dunia termasuk mengatakan gorbacev goblok, dan sejak saat itu menjalankan sistem moneter sendiri hingga di tahun 2008 olimpiade beijing, dunia tersentak. Tiongkok menjadi sangat kaya hanya dalam 20 tahun.

Ketiganya itu terjadi dalam 20 tahunan membangun negaranya, atau kalau mau di tambahkan lagi, termasuk bagaimana membangun dubai, city country tersebut menjadi negara makmur dalam 20 tahun.

Kembali ke indonesia, bagaimana kita melihat  indonesia dalam 20 tahun terakhir, siapa saja pemimpinnya, apakah mau lagi dengan mereka mereka dan orang orang yang sepemahaman dengan mereka?

Kita detailkan, selama 20 tahun terakhir siapa yang menjabat? ,mereka adalah 3 tahun ibu mega, 10 

tahun pak SBY dan 7 tahun ini pak jokowi, apakah dalam 20 tahun ini indonesia seperti jerman setelah perang dunia pertama menjadi negara super power? Apakan indonesia menjadi negara maju modern seperti jepang setelah perang dunia kedua, atau dalam 20 tahun ini indonesia menjadi negara maju seperti tiongkok setelah tiananmen tahun 1989?

Maka jawabnya adalah BELUM atau tidak tercapai sama sekali, jauh dari cita cita negara modern ala jepang, negara kaya ala tiongkok atau negara super power ala jerman.

Apa masalahnya? Karena memang tidak punya konsep bernegara yang mumpuni!!! Yang terorganisir dalam jangka panjang dan kuat strategi bernegaranya baik di dalam dan luar negerinya.

Kita tanya lagi, calon kandidat 2024 nanti, siapa yang punya konsep bernegara yang akan membuat indonesia berdikari berdiri di atas kaki sendiri?

Atau kita melihat lebih dalam, jangan jangan kandidat yang ada hanya memirror 3 kandidat terakhir bernegaranya.

Apakah sahabat mau kedepan di jalankan pakai  cara deket deket dengan model bernegara 3 presiden terakhir?  rasanya dapat di pastikan indonesia stagnan JALAN DI TEMPAT!!. Kita bukan menyalahkan 3 presdien terakhir tersebut namun mereka sudah menjalankan negara menjadi sepertri saat ini dan tetap utuh, itu hebat. Namun kedepan kita ingin lebih berdaulat lagi bukan?

Beranikan bangsa indonesia melakukan sesuatu yang baru yaitu pilih yang bukan dari mirip mirip regim 3 presidien terakhir? Adakah kandidatnya?

Sungguh, sekali lagi kita tanya, mau pemimpin baru yang punya  team baru yang segar, yang berbeda dan berani melawan arus utama di perpolitikan lokal serta internasional atau tetap memilih mereka yang saat ini ada dalam etalase yang semuanya memirror 3 presiden terakhir indonesia?

Kalau saya pribadi, cape saya dengan yang ada. Akan terukur sekali pencapaianya kalau kira kira dengan para kandidat yang ada. Bagaimana menurut sahabat? Siapa yang bisa membuat indonesia jadi negara super power di 2045!!!!

Related : SUPER POWER 2045.