“TUHAN PEDULI TERHADAP SEMUA ORANG”

 KELUARAN  21

Membaca perangkat hukum yang tampaknya berhubungan dengan budaya asing tidak serta merta membangun.

Aturan-aturan dalam Pasal ini, kita melihat bagaimana Tuhan menginginkan bangsa Israel untuk melindungi hak-hak orang untuk memiliki harta benda, dan untuk melindungi martabat orang-orang yang rentan seperti janda, yatim piatu dan orang asing.

Prinsip hukum properti adalah bahwa setiap orang harus yakin bahwa properti mereka dilindungi dari orang-orang yang tidak bermoral. Jadi hak setiap orang, terutama orang miskin, dilindungi.

Bangsa Israel juga dituntut untuk merawat orang-orang yang rentan seperti para janda dan orang asing. Bahkan budak dilindungi sampai batas tertentu.

Hukum-hukum ini menunjukkan bahwa Tuhan peduli terhadap semua orang, baik yang kaya maupun yang berkuasa, maupun yang miskin dan tidak berdaya.

Sebagai orang Kristen, kita perlu memastikan bahwa kita tidak mendukung kebijakan Pemerintah yang mencabut hak orang miskin atau mengarah pada penindasan mereka.

Kita juga perlu memperhatikan “orang-orang tak kasat mata” itu sendiri dan melakukan apa yang kita bisa untuk membantu mereka bertahan dan berkembang.

Shalom selamat pagi, selamat beraktivitas doa kami Tuhan Yesus memberkati bapak-bapak dan seluruh jemaat. Amin



Related : Santapan Harian “TUHAN PEDULI TERHADAP SEMUA ORANG”.