Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hutang Lagi YUK

Masih belum memahami tentang hidden debt atau hutang tersembunyi yang di lakukan selama beberapa  tahun ini yang di wanti wanti oleh media india artinya apa?

Kita jelaskan sekarang. Begini logikanya. Indonesia kan negara sosialis elitis di dalam mengelola ekonominya. Apa itu sosialis elitis?

Agent perubahan atau penggerak roda ekonominya adalah BUMN. Sosialis adalah aliran bernegara yang HEAVY ON GOVERMENT, rakyat hanya nonton, diam!!! 

Kalau seperti taiwan, jepang, korea selatan dan partai republiknya amerika, adalah kapitalis yang berpihak pada swasta. Taiwan korsel dan jepang, sosialis akar rumput – bottom up, partai republik amerika top down atai kapitalis elitis.

Newmind adalah kapitalis akar rumput – pro UKM, maaf jelasin dikit agar menjadi pemahaman sahabat.

Kita balik ketopik. Tentang  kelolaan BUMN di indonesia yang mungkin di dunia hanya indonesia yang melakukan hal itu, satu satunya di dunia

BUMN adalah badan usaha milik negara, jelas ya untuk hal ini. bentuknya korporasi. Kalau korporasi berhutang maka yang nanggung adalah pemiliknya. Sekarang pertanyaannya, kalau BUMN berhutang maka kalau rugi yang menanggung kerugiuannya korpoasri atau BUMnnya. Betul?

Ya ngak begitu. BUMN itu kalau berhutang kalau tidak bisa bayar maka yang bayar adalah APBN!!!!!!

Namun dalam berhutang dalam catatan APBN, hutang BUMN tidak tercatat sebagai hutang negara. Itu yang di maksud hidden debt oleh media india.

Ketika misalnya garuda bangkrut, jiwasraya bangkrut, dan puluhan BUMN punya masalah cashflow, APBN yang inject, yang nambahi modal!!!.

Begitu BUMN karya karya yang menjadi bagian pembangunan infrastruktur  mengapa banyak yang bangkrut atau merugi,  jawabnya adalah  karena overinvestment. OVERINVESMENT itu terjadi karena memang tidak punya FREE CASH. Punya aset, asetnya di gadai, di jaminkan, proyeknay di mark up, proyeknya 110% uang hutangan.

Proyeknya bukan proyek produktif yang IRRn nya di bawah 7 tahun balik modal. Panjang semua, di atas 20 tahun bahkan. Ya mati bunga lah!!!!

Pokoknya tidak akan pernah terbayar. Bunga nya saja. bahkan bunganya pun tidak bisa terbayar, jadi nombok, APBN bayarin lagi.

Jadi proyek proyek tadi asetnya di pegang oleh asing yang ternyata oleh asing tadi aset tadi di teruskan ke biangnya. Atau aset kita di pegang tiongkok, sama tiongkok asetnya di terusin buat jadi underlaying atau jaminan hutangnya mereka ke dolar.

Di sebut hidden debt atau hutang tersembunyti karen atidak nampak di state budget di anggaran negara. Jadi kalau mau dan jujur, BAGAIMANA KALAU HUTANG BUMN di catat di APBN. #peace