Widget HTML #1

MENGENAL POLA UANG DATANG

How you get your money? Atau how the money go to you? Sebuah pernyataan singkat yang sulit di jawab dengan cepat. Pasti mikir dulu, “memorizing” dulu baru bisa menjawab. Itupun belum tentu pas atau belum tentu benar. Hanya kira-kira.

Ini tulisan tentang millionaire mindset. Saya tahu tulisan begini terlalu berat, banyak yang lebih suka membaca tulisan gossip politik namun hal seperti kemakmuran ini adalah sisi lain yang kita harus jalani juga dalam kehidupan bukan? Jadi saya tetap menuliskannya. Siapa tahu ada yang butuh.

Ada dua pertanyaan saya berikan diantara tulisan ini dengan millionaire mindset ke dua. Pertanyaan pertama adalah “who are YOU when no one’s watching you?”, pertanyaan kedua adalah “What holding you back?”.

Dua pertanyaan ini sederhana. Banyak yang melewatkan karena sulit akal pikiran kita menjawabnya. Karena ini bukan pertanyaan untuk “pikiran atas sadar” atau conscious mind, ini pertanyaan “pikiran sub conscious”.

Kalau anda ambil “masa” ambil waktu, fahami pertanyaannya sekali lagi dan mulai renungkan. Jangan jawab pakai “atas sadar”, endapkan sedalam dalamnya. Percaya saya anda bisa “menitikkan air mata” jika sahabat faham maksud saya.

Sekali lagi coba renungkan, apa yang menghalangi anda saat ini sehingga tidak bisa “take off”, tidak bisa Berjaya, tidak bisa berkelimpahan, karir tidak lancar, mengapa jalan di tempat. Ada apa sih sebenarnya? Apa sih yang menghalangi?

Fahami terus pertanyaan tersebut, dua pertanyaan tersebut. Coba renungkan, saya tidak meminta jawabannya, saya menuntut kejujuran diri anda dengan diri sendiri.

Kita akan bahas panjang hal ini selanjutanya. Kita lanjut tentang “pola” atau “pattern” yang anda miliki. Jalan bisnis anda atau jalan uang anda yang mengalir yang anda ciptakan selama ini.

Mengetahui bagaimana anda mendapat uang selama ini memang penting? Iya, sangat penting. Karena itulah cara kita mengenal pola uang bekerja kearah kita.

Kunci pertanyaan yang harus di jawab adalah kata “bagaimana”, how?. Kita ualangi pertanyaan di awal tulisan, How you get your money? Atau how the money go to you?.

Maka anda kan menemukan banyak jawaban ketika anda terfokus menjawab pertanyaan di atas, yaitu misalnya anda menjawab : dengan bekerja, dengan pinjaman, dengan kartu kredit, pemberian orang tua, pemberian suami, dll. Lalu coba perhatikan 3 tahun terakhir ini bagaimana anda mendapatkan uang anda. Coba catat baik-baik. Di tulis kalau perlu.

Kira-kira sudah terbayang bagaimana uang datang ke anda dalam 3 tahun terakhir? Kalau sudah maka itulah pola anda.

Sangat wajib mengenal pola tersebut. Kegagalan seorang mengenal dirinya sendiri karena kegagalan mengenal pola hidupnya sendiri. Mengenal diri sendiri itu bukan saja mengenali tubuh fisikal, seperti wajah, jerawat, belas luka namun tak kalah penting adalah kebiasaan, kesukaan, kecenderungan, gaya jalan, gaya bicara, dan tentunya, pattern pola diri. Kita bisa mulai dengan pola “bagaimana” uang datang ke anda.

Karena itu masa lalu dan anda saat ini semua Inilah hal yang akan membentuk anda kedepannya. Kalau anda sudah cukup senang dengan pendapatan anda sekarang, ada baiknya anda mulai lihat pola-pola lain dalam kehidupan anda. Yang kalau jelek boleh segera di ubah.

Kalau anda merasa “belum puas dengan uang datang” ke anda saat ini, maka bersiaplah mengubah pola tersebut. Karena anda sekarang adalah apa yang anda kerjakan kemarin. Anda NANTI adalah apa yang anda kerjakan sekarang. Intinya, ubahlah SEKARANG.

Siap berubah, kita lanjut tahap ketiga. Atau cukup stop disini?