Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Pelangsingan

Untuk ke sekian kalinya, beberapa hari yang lalu, ada seorang teman bertanya melalui WA masalah metode pelangsingan kepadaku.

Temanku ini punya masalah berat badam berlebih. Dia ditawari ssorang dokter dari klinik pelangsingan yang mengatakan bahwa ia bisa membuatnya langsing melalui injeksi lipolisis.

Aku jujur saja cerita apa adanya apakah metode seperti itu memang benar terbukti efektif secara klinis dalam hal menurunkan berat badan.

Aku sendiri permah punya klinik pelangsingan dan ikut berbagai pelatihan teknis melakulan prosedur "chemical lipolysis".

Singkat cerita prosedur ini dimaksudkan untuk menghancurkan sel lemak di sekitar tempat injeksi dan meredistribusi lemak itu ke tempat lain. Ingat, lemak hanya didistribusi kembali ke bagian tubuh lain, bukan dibuang keluar tubuh.


Lemak adalah zat yang tidak larut dalam air, oleh sebab itu tidak akan terbuang melalui urin atau keringat. Lemak itu sumber energi yang secara biologis sangat penting nilainya bagi tubuh kita. Tubuh kita tidak sebodoh itu membiarkannya "bocor" keluar tubuh dengan mudah.

Lemak yang dibebaskan dari sel lemak setelah sel itu hancur hanya akan tertuang masuk ke dalam sirkulasi darah dan diambil oleh sel lemak di bagian tubuh yang lain. 

Tujuan terapi injeksi "chemical lipolysis" adalah untuk memperbaiki kontur tubuh pasien yang beratnya sudah ideal namun punya problem penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu, dengan cara meredistribusi lemak itu.

Jadi bayangkam seperti Anda memperbaiki bentuk patung tanah liat dengan cara meratakan kelebiham tanah liat dari satu bagian ke bagian yang lain, bukan membuangnya. 

Dengan prinsip kerja seperti itu, injeksi "chemical lipolysis" tidak akan menurunkan berat badan. Kalau ada pihak manapun di luar sana yang menjanjikan penurunan berat badan melalui injeksi penghancur lemak, lari jauh-jauh ajalah.

Itu sudah termasuk penipuan atau setidaknya orang yang menawari Anda terapi itu tidak tahu dirinya sedang menipu. Save your money. 

Sebagai catatan saja, aku tidak punya "conflict of interest" di sini karena  tidak lagi praktik di klinik pelangsingan atau klinik lain yang serupa.

Aku mendedikasikan diriku ke dunia edukasi, akademis, dan riset. Terus terang aku merasa terusik kalau ada pihak-pihak yang memanfaatkan ketidaktahuan orang demi keuntungan pribadi.