Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BILANGAN 18 - SEMUANYA KARENA KASIH KARUNIA

 “SEMUANYA KARENA KASIH KARUNIA”

BILANGAN 18

Dalam pasal 18, Allah memberi petunjuk kepada Harun bahwa dia dan para putranya akan memikul beban tempat kudus dan imamat. Hal pertama yang kita perhatikan di sini adalah bahwa gambaran yang indah tentang apa artinya dipakai oleh Tuhan. Tuhan berkata bahwa Dia memilih Harun dan anak-anaknya untuk menjadi imam (hamba)-Nya sebagai “pemberian untuk pelayanan.” 

Fakta bahwa itu bukan karena mereka layak atau mendapatkan pelayanan ini tetapi karena kasih karunia Tuhan. Merka tidak layak karena pelayanan masa lalu yang telah mereka berikan kepada Tuhan atau karena kekudusan pribadi mereka.

Namun itu adalah anugerah yang bekerja dalam hidup mereka, layanan yang diberikan kepada mereka, tidak berdasarkan kelayakan mereka. 

Dalam Perjanjian Baru, Paulus mengingatkan kita bahwa kita juga telah diberi karunia: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (Ef. 2:8-10). Paulus menunjukkan bahwa kita berhutang keselamatan sepenuhnya kepada perkenanan Allah yang tidak selayaknya diperoleh.

Meskipun iman hadir, kasih karunia Allah adalah penyebab instrumental dari iman itu. Iman bukanlah kualitas atau kebajikan yang dapat kita hasilkan. Ini hanyalah tanggapan penuh kepercayaan yang diberikan kepada kita melalui Roh Kudus.

Apa yang tidak akan pernah menjadi milik kita, tetapi karena kasih karunia Tuhan, sekarang menjadi milik kita untuk selama-lamanya. Shalom selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati bapak, ibu dan seluruh jemaat.