Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BILANGAN 2 - BERTUMBUH DALAM KOMUNITAS

 “BERTUMBUH DALAM KOMUNITAS”

BILANGAN 2

Dalam Bilangan 1 kita melihat bahwa suku-suku diberi nomor untuk berperang, dan di sini dalam Bilangan 2 Tuhan memberi tahu Musa dan Harun agar orang Israel diorganisasikan ke dalam kemah-kemah suku atau suku-suku yang memegang panji-panji suku-sukunya atau keluarga mereka ( Bilangan 2:2 ).

Pasal 2 kita akan melihat bahwa di sisi timur ada tiga suku, sisi barat ada tiga suku, sisi utara ada tiga suku, dan di sisi selatan ada tiga suku. Ada satu suku di setiap sisi yang melebihi dua lainnya.

Empat suku utama adalah Yehuda, Ruben, Efraim dan Dan. Suku-suku Israel ini semuanya diorganisasikan di sekitar Kemah Suci untuk keperluan ibadah.

Bilangan pasal 2, Tuhan berurusan dengan perkemahan, (tempat mereka beristirahat) dan pembongkaran perkemahan mereka (yaitu ketika mereka sedang bergerak, barisan mereka yang teratur).

Instruksi Tuhan menjangkau setiap aspek kehidupan mereka.

Jadi apa yang bisa kita pelajari dari perikop ini adalah: Semua orang harus berkemah bersama! Tidak ada di antara mereka yang akan berjalan dalam kemenangan sendirian, Tuhan membuat kita berjalan dalam komunitas.

Memecah bangsa menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil membuat perjalanan lebih mudah, tetapi juga menciptakan kesempatan untuk komunitas yang dekat di antara umat Tuhan.

Gereja akan lebih kuat ketika kita saling mendukung dan membantu satu dengan yang lain supaya bertumbuh lebih dekat dengan Yesus, dan menjadi berkat bagi sesama.

Shalom selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati bapak-bapak dan seluruh jemaat.