Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BILANGAN 5 - MENJAGA HADIRAT TUHAN

 “MENJAGA HADIRAT TUHAN”

BILANGAN 5

Perkemahan orang Israel telah diatur di sekeliling Kemah Suci. Tapi sekarang, Tuhan mulai menyuruh beberapa orang untuk meninggalkan dekat tenda itu karena pembersihan ritual dan menjaga kedekatan dengan hadirat Tuhan.

Ada 3 bidang hukum dalam nats ini, di mana kemurnian ditujukan: orang yang najis, ganti rugi, kesetiaan perkawinan.

Pertama, seperti yang telah ditunjukkan, orang-orang najis yang diidentifikasi Imam diperintahkan untuk meninggalkan perkemahan (5:2).

Kedua, Allah mengingatkan Israel tentang korban penebus salah (5:6-7). Ketika seseorang menyadari bahwa mereka bersalah atas dosa, mereka harus mempersembahkan korban dan menambahkan seperlima untuk membayar pihak yang tersinggung.

Ketiga, ujian zina dimana seorang istri yang tertuduh meminum segelas air yang dibubuhi sedikit debu dari lantai Kemah Suci (5:17). Jika dia sakit, itulah cara Tuhan mengungkapkan ketidaksetiaannya. Jika dia setia, dia tidak akan terpengaruh (5:19).

Air dan debu tidak membuatmu sakit. Jika seseorang jatuh sakit karena campuran ini, itu adalah penghakiman ajaib dari Tuhan.

Intinya adalah: Tuhan mengetahui segala rahasia yang tersembunyi dalam hidup kita, sehingga setiap hal yang najis dan bertentangan dengan Hukum Tuhan harus diakui  dan dipertanggungjawaban untuk hal itu.

Shalom selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati bapak, bapak dan seluruh jemaat.