Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR DARI ORANG SOMBONG

Ada orang yang protes, “Apa yang bisa dipelajari dari orang sombong?” Sabar. Duduk diam baca renungan ini. Setuju? Kesombongan adalah dosa paling tua, kesombongan itulah yang telah mencampakan Lucifer dan antek anteknya ke dalam dunia. Kali ini kita akan belajar dari ‘Crazy Rich Medan’ yang tercampakan ke ruang tahanan jadi pesakitan.

JANGAN PERNAH MENDONGKRAK HARGA DIRI DENGAN KEKAYAAN

Ia pernah pamer jam tangan, sepatu, mobil mewah dan tidur berbantalkan duit. Orang yang menggunakan kekayaan untuk menaikan harga diri adalah orang yang masih merasa tidak berharga. Harga diri kita slyang sebenarnya tidak bergantung pada apa yabg kita miliki tetapi siapa yang memiliki kita. Kita berharga dimata Tuhan karena Tuhan Yesus telah membayar harga di kayu salib. Jangan pernah pamer harta untuk terkesan paling berharga.

KESOMBONGAN MEMBUANG TUHAN

Jangan sekali kali berkata “Tuhan saja binging lihat saya” Yang sebenarnya Anda yang sedang bingung memilih Tuhan. Mau bertuhankan ‘mamon’ atau Tuhan pencipta kehidupan? Mana ada Tuhan yang bingung? Orang ini perlu hidayah, pencerahan atau pewahyuan. Dia harus belajar dari Nabi Ayub ‘Tuhan yang memberi Tuhan pula yang mengambil’. Kesombongan itu membuang Tuhan. Karena orang sombong senang manjadikan dirinya sebagai Tuhan. Semoga dia berjumpa dengan dirinya sendiri saat berada di penjara.

JANGAN PERNAH BERTUHANKAN HARTA

Yang namanya harta benda sifatnya fana. Bahkan hidup ini juga sementara. Pagi tumbuh sore sudah layu. Kemarin pamer kekayaan, hari ini dimiskinkan. Apalagi kalau kekayaan datangnya dari kelicikan, korupsi, manipulasi atau hadiah dari tuyul. Ujung ujungnya bukan nikmat tetapi laknat. Jangan pernah memperkaya diri dengan memiskinkan orang. Tuhan yang Maha Maha Adil tidak akn tinggal diam.

Saya jadi ingat kisah Alkitab ‘Orang kaya yang bodoh’. Kasihan. Gara gara terobsesi menjadi Crazy Rich dia lupa membahagiakan jiwanya, tidak sempat cari teman hidup dan lupa menikmati hidup. Dia mati sebelum bisa menikmati apa yang dimilikinya. Dia lupa bahwa kebodohannya selalu dibicarakan orang. Sekarang ini kita sedang membicarakan dia. Gunakanlah hartamu untuk memuliakan Tuhan, dan jangan pernah mencuri kemuliaan Tuhan melalui berkat Tuhan.

SATU SATUNYA KEBAIKAN ORANG SOMBONG

Satu lagi, hanya ada satu kebaikan orang sombong, dia jarang membicarakan orang lain, atau harta orang lain. Orang sombong selalu membicarakan dirinya sendiri, pamer hartanya, pencapaiannya. Mereka hanya akan berhenti bicara kesombongannya saat mengalami kejatuhan atau saat mendekam di penjara.