Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BILANGAN 19 - PENGORBANAN YANG SEMPURNA

 PENGORBANAN YANG SEMPURNA

BILANGAN 19

Pasal ini penting karena selama kurang lebih 38 tahun, lebih dari 1,2 juta orang meninggal di padang gurun karena penghakiman Tuhan. Orang Israel terus-menerus bersentuhan dengan mayat, yang menyebabkan kenajisan upacara.

Oleh karena itu, Tuhan menyediakan sarana pemurnian sehingga mereka yang bersentuhan dengan mayat dapat dibersihkan. Ketentuan yang diberikan untuk persiapan "air pemurnian" (lih. Im 12-15 ).

Dalam kehidupan sehari-hari mereka, bangsa Israel harus peka terhadap apa yang "bersih" dan apa yang "najis", karena ini menentukan hubungan mereka dengan Tuhan dan orang lain di kemah pertemuan. Aturan Tuhan adalah, "Kamu harus kudus karena Aku kudus”.

Maka Allah dalam rahmat-Nya memberikan mereka jalan pemurnian berupa pemberian unik lembuh betina merah yang merupakan inti narsi dalam Bilangan 19. Melakukan penebusan untuk dosa tidak dilihat sebagai tugas yang mudah.

Tuhan secara spesifik menuntut penebusan dosa. Seekor lembuh betina merah yang sempurna perlu dikorbankan untuk memenuhi proses pemurnian bagi semua orang, namun menemukan hewan seperti itu sama dengan menemukan jarum di tumpukan jerami.

Seekor lembu yang langka menandakan ketidakmungkinan kita mempertahankan pemurnian. Melalui pengorbanan hewan dari generasi ke generasi, Tuhan memberikan jalan keluar untuk menyelamatkan dan menyucikan kita.

Tetapi tidak seperti pengorbanan Perjanjian Lama, melainkan melalui pengorbanan yang lebih sempurna yaitu, Anak Domba Allah yang darahNya tercurah mampu menutupi tidak hanya dosa satu orang, satu bangsa tetapi seluruh dunia. Shalom selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati bapak, ibu dan seluruh jemaat.