Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Jurusan IT Begitu Diminati, Emang Prospek Kerja Bagus?

Apa yang membuatmu tertarik untuk masuk ke dalam dunia IT? Apakah karena kamu tertarik dengan prospek kerja yang ada? Atau karena kamu terinspirasi dari para tokoh dunia yang berkecimpung di bidang komputer dan pemrograman, Bill Gates misalnya?

Atau kamu tertarik untuk menciptakan sistem maupun program sendiri yang dapat bermanfaat untuk banyak orang suatu saat nanti?

Apa pun itu, jurusan IT memiliki banyak prospek kerja yang baik lho di era digital ini.Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga dan kemampuan jurusan IT, untuk menjalankan keseharian bisnisnya. Namun sebelum itu, ada baiknya jika kamu memahamil terlebih dahulu profil lengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Teknik Informatika?

Sebelum kamu melangkah lebih jauh, kamu perlu mengetahui apa itu Teknik Informatika yang seringkali dikaitkan dengan programming ini.

Teknik Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis yang ditujukan untuk pengembangan, desain, pengujian, sistem operasi, dan sebagainya.

Kuliah jurusan IT mengajarkan bagaimana seseorang bisa membuat ide kreatif dan merealisasikannya, memecah fungsi-fungsi, dan membuat struktur instruksi yang detail dalam bahasa pemrograman.

Mata Kuliah Teknik Informatika

Algoritma dan Struktur Data

Sistem Operasi

Logika Informatika

Strategi Algoritma

Probabilitas dan Statistika

Pemrograman Berorientasi Objek

Rekayasa Perangkat Lunak

Artificial Intelligence

Pemrograman Internet

Kalkulus

Dasar-Dasar Pemrograman

Sistem Komputer

Teori Komputasi

Metode Pengembangan Software

Sistem Jaringan

Data Mining

Database dan Sistem Informasi

Kriptografi

Etika dan Hukum Cyber

Basis Data

Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Ini?

Tahukah kamu jika peminat Jurusan IT mengalami peningkatan tiap tahunnya? Bahkan perbandingan peminat yang mendaftar dan diterima sekitar 100:1. Tentunya hal ini sangat dapat dimaklumi, mengingat banyaknya alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk memilih jurusan ini.

1. Meningkatnya Kebutuhan Industri

Di era yang serba digital ini, penggunaan Internet semakin marak dilakukan terlebih untuk mendukung efisiensi kerja seseorang. Diperkirakan kebutuhan akan Internet pun akan terus meningkat.

Dalam bisnis profesional, lulusan jurusan IT dinilai sangat krusial dan merupakan salah satu faktor utama yang menyokong keberhasilan bisnis tersebut. Hal ini disebabkan karena semua data saat ini telah di digitalisasi

2. Peluang Kerja yang Tinggi

Jika berbicara tentang peluang kerja, lulusan Teknik Informatika memiliki kesempatan yang cukup tinggi untuk bekerja.

Selain itu, mereka juga berpeluang untuk bekerja secara independen, misalnya menjadi seorang konsultan IT atau pendiri software house hingga startup sekali pun.

3. Berbekal Ketertarikan terhadap Dunia Informatika

Kamu yang masuk ke dalam bagian generasi milenial pasti sudah cukup familiar dengan permainan online. Tidak heran jika kamu memiliki ketertarikan terhadap jurusan IT. Adanya ketertarikan tersebut kemudian bisa saja mendorong kamu untuk berpikir bagaimana permainan online diciptakan.

Orang Sukses dari Teknik Informatika

Banyak sekali orang sukses yang muncul dari jurusan IT, seperti misalny William Tanuwijaya, CEO Tokopedia lulusan universitas bina nusantara. Sebagai lulusan salah satu universitas IT Terbaik di Indonesia, William sukses membuat e-commerce terbesar di Indonesia. Berikut beberapa contoh tokoh terkenal di luar negeri yang juga merupakan alumnus Teknik Informatika.

Elon Musk

Elon Musk atau yang dijuluki Iron Man di dunia nyata ini adalah ilmuwan sekaligus CEO dari Tesla Motors dan SpaceX. Tahukah kamu jika kesuksesannya berawal dari ketertarikannya dengan komputer? Ketika berusia 12 tahun, Musk mulai belajar tentang pemrograman yang kemudian menuntunnya pada perusahaan pertama yang ia bangun, Zip2.

Tidak berhenti sampai di situ, ia juga menjadi co-founder dari sebuah perusahaan yang kini dikenal dengan PayPal.

Mark Zuckerberg

Nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga kalian. Zuckerberg adalah penemu dari media sosial yang sangat terkenal di era digital ini. Ia memulai Facebook di kamar asramanya di Harvard hanya dengan berbekal komputer dan ketertarikan di dunia informatika. Saat ini, Facebook telah menjadi sebuah wadah untuk rekan dan keluarga dalam menjalin hubungan dan membangun bisnis.

Berapa Kisaran Gaji Lulusan Informatika?

Rata-rata gaji programmer yang baru lulus kuliah di Inggris bisa mencapai 610 juta rupiah per tahun dan 919 juta rupiah per tahun di Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana dengan gaji mereka di Indonesia? Jika dibandingkan antara gaji rata-rata programmer di Inggris dan Indonesia, tentu nominalnya sangat berbeda.

Untuk level pemula dan minim pengalaman, seorang lulusan Teknik Informatika rata-rata memperoleh gaji 4 – 7 juta rupiah per bulan.

Namun, untuk entry level, lulusan jurusan IT bisa saja mendapat upah sekitar 10 juta rupiah per bulan terlebih jika mereka bekerja untuk perusahaan startup yang sangat bonafide atau perusahaan asing.

Prospek Kerja Teknik Informatika

Menurut data dari Bureau of Labor and Statistics (BLS), bidang IT adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di rentang tahun 2014 – 2024 dengan tingkat rata-rata peningkatan sebesar 12%.

Seperti halnya jurusan lain, prospek kerja lulusan Teknik Informasi cukup luas dan bervariasi, misalnya ahli jaringan, software engineer and developer, konsultan, analis, keamanan sistem dan jaringan. Nantinya, mereka akan bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah bisnis.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu