Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik Agar Kantong Tak Jebol

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Ketika lebaran, kita akan bertemu dengan keluarga, teman serta sanak saudara yang lain. Oleh sebab itu, masyarakat merasa wajib melakukan mudik ketika menjelang hari raya.

Tradisi pulang kampung ini hampir rutin dilakukan setiap tahun. Jika kamu juga menjadi bagian orang yang suka pulang kampung saat lebaran, ini saatnya untuk mengatur keuangan pulang kampung dengan maksimal. 

Mengatur keuangan untuk pulang kampung memang gampang-gampang susah, bahkan tidak sedikit orang yang menyepelekan anggaran pulang kampung, dan akhirnya keperluan untuk pulang kampung selama lebaran menjadi tidak terkendali. 

Tips Atur Keuangan Saat Mudik Lebaran 2022

Agar keuangan ketika pulang kampung menjadi lebih terkendali, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti, seperti:

1. Catat pos pengeluaran dengan baik

Lakukan pencatatan pos pengeluaran sebelum pulang kampung. Kamu dapat membuat rincian kategori pengeluaran selama pulang kampung. Beberapa pos yang harus disiapkan seperti pos transportasi.

Bila pergi pulang kampung, setelah beberapa waktu kamu akan kembali ke tempat asal, oleh sebab itu buat pos untuk transportasi, bahan bakar, biaya makan, biaya perjalanan serta biaya istirahat. 

Selain itu, kamu juga harus mengatur biaya akomodasi. Biaya akomodasi dibutuhkan jika kamu tidak berencana menginap di rumah kampung halaman dan memilih menginap di hotel. Pos pengeluaran yang lainnya seperti pos angpao. THR lebaran tentu sudah menjadi tradisi, sehingga siapkan angpao dengan menghitung jumlah orang yang akan diberi.

2. Gunakan THR untuk semua biaya pulang kampung

Menjelang lebaran, biasanya kamu akan memperoleh THR. THR ini juga dapat digunakan untuk biaya pulang kampung. Asalkan, kamu dapat mengatur serta menyeimbangkan pengeluaran yang lainnya. 

Contohnya saja, kamu dapat menggunakan THR untuk membeli tiket pesawat, seperti yang kita ketahui mudik harus booster, namun tidak harus tes COVID-19 PCR sehingga akan meringankan anggaran pulang kampungmu. 

3. Tentukan transportasi untuk pulang kampung

Kamu harus menentukan transportasi yang akan digunakan untuk pulang kampung, apakah ingin menggunakan kereta api, pesawat atau yang lainnya. Sebisa mungkin, pesan sebelum keberangkatan sehingga bisa memperoleh harga yang lebih murah. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan aturan mudik 2022. Sehingga, kamu tidak akan diminta putar balik kembali syarat yang tidak dipenuhi. 

4. Hindari membawa banyak uang cash

Ketika akan pergi mudik, akan lebih baik hindari membawa uang tunai jalan jumlah banyak. Hal ini disebabkan karena ketika pergi pulang kampung, kamu akan tergoda dengan berbagai macam hal dan harus membelinya. 

Lebih baik, bawa uang tunai secukupnya saja, kemudian simpan sisa uang tunai tersebut di dalam bank, sehingga kamu bisa mengambil uang tunai dari ATM ketika membutuhkannya. 

5. Buat anggaran sesudah pulang kampung lebaran

Pulang kampung akhirnya terlaksana, sekarang sudah saatnya untuk balik pulang ke rumah. Tentu di bulan baru, berbagai kebutuhan ada di depan mata. Oleh sebab itu sisihkan biaya balik kampung untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. 

Sebenarnya, selain digunakan untuk mudik lebaran, uang THR yang kamu miliki juga dapat dialokasikan untuk investasi.