Widget HTML #1

Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

Siapa diantara kalian yang selepas SMA berencana untuk kuliah? angkat tangan. Nah tulisan ini untuk kamu yang saat ini duduk di kelas 3 atau kelas XII SMA atau SMK, pasti saat ini kamu sedang gundah, galau dan campur-campur untuk memilih universitas sesuai dengan minat bakat anda ataupun kampus idaman. Tenang ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar segera mendapatkan kampus idamanmu.

Mungkin untuk teman-taman yang lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak terlalu pusing untuk memilih universitas/kampus yang sesuai dengan minat bakat mereka karena pada dasarnya teman-teman di SMK sduah dipersiapkan sesuai jurusan atau untuk dunia kerja. Berikut,

10 Hal yang harus kamu Pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi

1. Tentukan Jurusan Sesuai Passionmu

Yang harus kamu perhatikan pertama kali sebelum kamu memilih kampus idaman adalah harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah pilih jurusan. Jika kamu belum tahu jurusan apa yang akan kamu pilih, kamu bisa konsultasikan dengan guru BK di sekolahmu atau bisa browsing-browsing di Internet.

2. Tentukan Kampus Negeri atau Swasta

Di Indonesia banyak siswa yang memilih universitas negeri menjadi prioritas bahkan dengan masuk jurusan yang tidak sesuai minat bakatnya. Salah satu alasan masuk ke kampus negeri adalah biayanya yang relatif murah, tetapi pada kenyataanya di kampus swasta bayarannya pun tidak terlalu mahal, karena banyak kampus swasta yang menyediakan program beasiswa, sehingga biaya tidak terlalu mahal.

3. Cek Ranking Perguruan Tinggi Idamanmu

Setelah mengetahui kamu akan masuk kejurusan apa, saatnya kamu mulai mencari ranking universitas yang akan kamu tuju, pada dasarnya bukan prioritas, minimal kamu mengetahui ranking universitas/perguruan tinggi yang akan kamu inginkan. Jika kamu ingin tahu cara ngecek ranking universitas/kampus, begini caranya: Cara Mengetahui Peringkat Perguruan Tinggi Versi DIKTI

4. Ada Beasiswa atau tidak

Mengetahui ada beasiswa atau tidak juga menjadi penting, apabila kampus tersebut menyediakan beasiswa dan kamu bisa mendapatkannya sehingga nanti dapat membantu anggaran kuliah kamu.

5. Lokasi Kampus

Saat ini kamu mulai memilih Universitas yang mau kamu pilih lokasinya apakah dekat dari rumah atau jauh dari rumah, di dalam kota atau luar kota, karena mengetahui tempat kamu memilih lokasi kampus kamu dapat merencanakan biaya yang akan dihabiskan. 

6. Mengetahui Biaya Kuliah, Biaya Hidup disekitar kampus

Hal ini menjadi penting, agar kamu dapat membuat anggaran yang sesuai untuk kuliah, kamu dapat mencari di internet, atau bisa tanya-tanya kakak kelas kamu yang sudah diterima di kampus yang akan kamu tuju.

7. Memilih Fasilitas atau Akomodasi Kampus

Salah satunya apakah di kampus ada fasilitas internet, di era saat ini kebutuhan internet menjadi kebutuhan utama. Namun bukan hanya internet tapi juga fasilitas lain yang menunjang perkuliahan kamu nanti

8. Hindari Ikut-ikutan Teman

Biasanya pada saat sekolah kamu memiliki genk, jadi teman masuk kuliah dimana kamu ikut demi satu kampus. Hal ini tidak baik kalau kamu masuk ke kampus yang tidak sesuai dengan minat bakat kamu. Jadi tentukan sendiri.

9. Konsultasi Dengan Orang Terdekat

Kamu bisa membicarakan pilihan pendidikan tinggi yang baik dengan orang terpercaya seperti orangtua, teman atau orang yang lebih berpengalaman. Konsultasi tentu akan memberikan pertimbangan dari sisi positif dan negatif.

10. Berpikir Realistis

Keinginan yang menggebu bisa melanjutkan pendidikan di universitas A bisa jadi cambuk penyemangat. Namun, Kamu harus tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri baik sisi finansial dan akademik.

Itulah 10 tips memilih universitas atau kampus setelah lulus SMA atau SMK, tips jitu memilih universitas, tips cara memilih kampus yang baik untuk kuliah, tips memilih universitas yang tepat untuk studi cara memilih kampus dan jurusan, atau tips memilih perguruan tinggi.

Dengan 10 tips memilih universitas tersebut bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum salah langkah. Ingat, kuliah bukan sekadar ajang gengsi namun tahap menentukan prospek karir dimasa mendatang. Nah, apakah Kamu sudah memiliki universitas idaman saat ini? Semoga bermanfaat