Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MENGATASI WHATSAPP NGELAG ATAU LEMOT

Apakah anda sering mengalami atau merasakan aplikasi WhatsApp anda menjadi lambat secara tiba-tiba tanpa adanya sebab yang jelas? Faktor masalah tersebut biasanya sangat bervariasi. Biasanya dikarenakan oleh hardware ataupun aplikasi dan juga sistem operasi itu sendiri.

Akan tetapi terlepas dari berbagai spekulasi tersebut berikut ini beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba lag atau lambat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang lambat secara tiba-tiba











1. Hapus media WhatsApp

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang lemot adalah dengan menghapus media aplikasi WhatsApp. Media ini sendiri adalah file yang yang berupa gambar ataupun video yang biasanya berkontribusi untuk menambah ukuran file WhatsApp anda.

Dengan menghapus sebagian atau seluruhnya ini WhatsApp bisa kembali dibuka dengan cepat dan juga membebaskan ruang penyimpanan dan juga sedikit mengurangi memori saat digunakan.

Caranya Anda bisa membuka file explorer pada smartphone Anda lalu pilih internal storage. Setelah itu Anda bisa mencari folder bernama WhatsApp kemudian buka, setelah itu pilih folder media, dan dan disitu Akan terdapat berbagai berbagai folder yang mewakili jenis file masing-masing, lalu selanjutnya Anda bisa memilih file mana saja yang ingin anda hapus. 

2. Hapus percakapan yang lama

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang lemot adalah dengan menghapus percakapan lama yang akan mempercepat WhatsApp bisa dibuka.

Percakapan yang sudah lama dan juga meninggalkan jejak berupa data yang besar ini akan berpengaruh kepada kinerja dari aplikasi WhatsApp.

Anda perlu menghapus percakapan tersebut jika sudah tidak diperlukan lagi. Dengan begitu ini akan mengurangi jumlah data dan membuat wajah menjadi lebih cepat. 

3. Tidak menggunakan foto sebagai latar belakang percakapan

Selanjutnya cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau lemot adalah dengan tidak menggunakan foto ataupun gambar latar belakang pada percakapan.

Tahukah anda bahwa penggunaan foto sebagai gambar latar belakang pada percakapan ini ternyata dapat membuat WhatsApp menjadi lebih berat.

Terdapat konsekuensi performa yang bisa Anda terima setiap kali anda membuka percakapan. Dan solusinya adalah Anda bisa menghapus gambar atau latar tersebut dengan menggunakan hanya menggunakan solid color yang lebih ringan.

2. Menutup aplikasi latar belakang

Cara selanjutnya yang bisa anda ikuti adalah dengan menutup aplikasi latar belakang yang biasanya akan memakan RAM berlebih sehingga membuat WhatsApp menjadi lag. Tips yang satu ini merupakan salah satu tips yang bisa dijabarkan karena setiap ponsel lagi-lagi mempunyai tampilan atau launcher yang sangat beragam.

Meskipun begitu biasanya untuk dapat menutup aplikasi yang berjalan ini bisa melalui tombol overview. Untuk dapat memunculkan daftar aplikasi yang berjalan ini anda bisa menyentuh atau tahan tombol tersebut kemudian Anda bisa menghapus dengan swipe kekanan untuk menutupnya.

Pada beberapa launcher Android ini juga biasanya menyediakan opsi clear All yang dapat membentuk komunikasi secara keseluruhan sekaligus. 

Itulah dia beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang like atau tiba-tiba menjadi lambat. Dengan melakukan beberapa langkah di atas ini dapat membantu anda untuk dapat mengembalikan kecepatan dari kinerja aplikasi WhatsApp anda. Semoga bermanfaat!!