Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet!

Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah aki, fungsi utama dari aki yaitu untuk menyuplai daya listrik kepada komponen-komponen mobil lainnya. Agar aki tidak mudah soak, maka Anda perlu memperhatikan tips merawat aki berikut ini.

Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara pastinya akan terganggu bila salah satu komponen kendaraan bermasalah, termasuk aki. Lantas apa yang seharusnya kita lakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat soak? Baca selengkapnya di sini!

Inilah 5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet!

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, ada dua jenis aki yang sering digunakan pada mobil, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki ini dan memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri, serta memiliki beberapa perbedaan dalam merawatnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang tips merawat aki basah.







Berikut tipsnya!

1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki Mobil 

Agar aki mobil tetap awet dan prima, Anda harus melakukan pengecekan beban aki secara berkala dan rutin. Hal ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Anda bisa melakukan pengecekan berkala di bengkel-bengkel resmi terdekat dari domisili Anda.

2. Panaskan Mobil Secara Berkala

Memanaskan mobil adalah salah satu tips merawat aki terbaik, walaupun Anda sedang tidak akan memakai mobil, namun sebaiknya Anda tetap memanaskan mobil tersebut. Jika mobil tidak rutin dipanaskan maka aki akan menjadi cepat soak. Panaskan mobil setidaknya sekitar 5 hingga 10 menit setiap harinya.

3. Bersihkan Aki Mobil Secara Berkala 

Anda perlu membersihkan aki secara rutin agar awet, salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian terminal aki. Terminal aki yang tertutup oleh debu dan kotoran akan menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Anda bisa membersihkannya dengan sikat kawat ataupun plastik.

4. Cek Cairan Aki

Perawatan aki mobil basah salah satunya dengan mengecek atau memantau cairan aki. Dalam hal ini Anda perlu teliti dan jangan sampai terlupa karena, cairan aki berfungsi dalam menghantarkan arus listrik. 

Jika cairan aki berkurang maka kinerja aki dalam  memproduksi arus listrik dan mengantarkannya pada sistem kelistrikan mobil pun akan terganggu.

Pengisian air aki dilakukan dengan tidak terlalu penuh dan tidak pula kurang dari standar ukuran pengisian. Jika pengisian air aki terlupakan dan aki kering, maka pada beberapa kasus ditemukan aki akan meledak dan dapat merusak bagian kap mobil, selain itu percikan airnya juga bisa menyebabkan mesin menjadi karat. 

Bijak Dalam Menggunakan Perangkat Elektronik Pada Mobil

Anda perlu bijak dalam penggunaan perangkat elektronik dalam mobil, beberapa di antaranya seperti Air conditioner (AC) dan perangkat audio yang berhubungan langsung dengan mobil.

Dalam perawatan aki basah, Anda bisa melakukan cara sederhana ini, yaitu dengan menyalakan mesin selama perangkat audio menyala dan apabila Anda akan mematikan mobil, sebaiknya Anda harus mematikan seluruh perangkat elektronik seperti audio dan AC terlebih dahulu.

Kebiasaan tersebut bisa membantu menjaga kinerja aki untuk fokus menyalakan mobil agar tidak terbebani dengan fitur elektronik lainnya yang dihidupkan secara bersamaan.

Ke-5 tips merawat aki mobil di atas bisa Anda ikuti dalam menjaga kualitas aki mobil basah agar kinerjanya tetap optimal dan tidak mudah soak.

Dalam memilih kendaraan, setiap orang tentunya akan memilih yang terbaik. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih! Rekomendasi terbaik produk kendaraan terbaik yaitu Daihatsu. 

Tetap kunjungi laman ini untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan layanan Daihatsu serta berbagai informasi menarik dan informatif lainnya.