Widget HTML #1

5 RISIKO BISNIS ONLINE YANG PERLU DIWASPADAI

Buatmakalah.com-Di dalam membuka sebuah online shop atau olshop ini memang terbilang cukup praktis. Yang mana anda tidak perlu untuk membuat website toko online sendiri akan tetapi anda bisa berjualan online dengan menggunakan media sosial ataupun bergabung di situ semua yang ada.

Oleh karena itu terdapat banyak orang yang mencari peruntungan dengan berbisnis online sale selain kelihatan muda untuk jalankan keuntungan dari menjalankan bisnis online ini juga menggiurkan. Tapi tentu saja tidak ada bisnis yang tanpa resiko berikut ini ada beberapa resiko menjalankan bisnis online yang harus anda waspadai dan juga hindari agar tidak membuat anda rugi.







Berikut ini beberapa resiko bisnis online yang dihadapi penjual. 

1.Barang tidak sesuai ekspektasi pembeli

Resiko bisnis online yang bisa Anda hadapi yang pertama ialah barang tidak sesuai ekspektasi. Pembeli tidak dapat melihat ataupun menyentuh barang secara langsung namun mereka hanya dapat memperhatikan foto produk yang Anda unggas dan meminta penjelasan dari anda mengenai kondisi ataupun kualitas dari produk anda.

Walaupun anda telah menjelaskan sesuai dengan kenyataan akan tetapi belum tentu nantinya para pembeli akan pos saat barang diterima. Dan terkadang ekspektasi para pembeli ini juga berlebihan dan akhirnya mereka akan kecewa ketika bentuk asli dari barang yang mereka inginkan tidak sesuai dengan gambarannya.

2.Salah alamat pengiriman

Risiko bisnis online yang bisa dihadapi selanjutnya ialah Salah alamat pengiriman. Kiriman yang salah alamat ini akan membuat barang terlambat sampai ke tangan konsumen dan anda akan jadi repot ketika Anda harus berkali-kali menghubungi atau menekannya tender jasa pengiriman untuk mengurusnya. 

Belum lagi ketika konsumen pasti akan marah ketika barang pesanan mereka tidak sesuai perjanjian. Masalah yang terkesan sepele ini kerap kali terjadi jika anda sebagai penjual kurang teliti dalam masukkan alamat.

Oleh karena itu anda perlu untuk mengonfirmasi alamat pembeli sebelum anda mengirimkannya dan memastikan bahwa anda menulis dengan jelas nama serta alamat rumah dan juga nomor telepon penerima. 

3.Barang rusak di saat pengiriman

Walaupun anda telah memberikan yang terbaik akan tetapi nasib buruk kadang tidak disangka dapat terjadi. Seperti barang yang rusak di dalam perjalanan dikarenakan kesalahan dari pihak pengiriman ataupun kesalahan anda di dalam melakukan packaging.

Padahal barang yang Anda kirim ini masih baru dan bagus serta tidak cacat sama sekali. Akan tetapi jika tidak hati-hati maka terkadang barang yang anda kirim ini bisa rusak bisa pengiriman.

Dan akibatnya Anda harus repot-repot untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan ekspedisi atau anda sendiri yang merugi karena harus mengirim ulang pesan dan pembeli dengan yang baru.

4.Ditipu oleh pembeli

Resiko yang mungkin anda dapati ketika berjualan online yang selanjutnya ialah ditipu oleh pembeli. Di dalam menjalani bisnis online tidak hanya pebisnis abal-abal saja akan tetapi terdapat juga pembeli abal-abal yang suka menipu. Ini merupakan risiko bisnis yang masih mengintai penjual dan cukup mengkhawatirkan.

Contohnya ketika pembeli yang membuat struk palsu dan mengaku sudah mentransfer pembeli yang membayar tidak sesuai dengan nominal dan lain-lain.

Oleh karena itu anda jangan sampai percaya dengan pembeli untuk dapat mencegah tindakan penipuan. Anda perlu melakukan cek dan ricek setiap transaksi serta menyimpan bukti komunikasi antara anda dengan pembeli.

Itulah dia beberapa teriko yang bisa saja Anda hadapi saat ingin melakukan bisnis secara online. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mengunjungi artikel yang menarik lainnya.