Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 ALASAN PEBISNIS HARUS PUNYA AKUN JEJARING SOSIAL

Sahabat Buatmakalah.com - Layanan jejaring sosial media mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung sebuah aktivitas bisnis di era teknologi internet saat ini. Jejaring sosial atau social network ataupun far from ini dapat memfasilitasi pembangunan hubungan sosial diantara orang-orang dari berbagai tempat yang ada di seluruh dunia contohnya seperti sosial Facebook dan Instagram.

Pada setiap layanan jejaring sosial tersebut ini mempunyai kelebihan masing-masing yang bermanfaat bagi pebisnis. Yaitu contohnya seperti YouTube yang sangat cocok untuk berbagi konten video dan LinkedIn yang merupakan media yang terbaik untuk membangun konven jaringan profesional. 







Akan tetapi belum semua pelaku usaha ini dapat memanfaatkan layanan jejaring sosial yang biasanya mereka ialah ke bisnis yang menjalankan bisnis offline dan masih menerapkan sistem ekonomi lama yang tidak modern.Padahal terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan jika bisnis Anda ini mempunyai akun jejaring sosial apapun.

Berikut ini beberapa manfaat atau alasan kenapa setiap siswa harus mempunyai akun jejaring sosial.

1.Dapat memperluas jangkauan bisnis

Alasan mengapa seorang pebisnis harus mempunyai jejaring sosial yang pertama ialah dapat memperluas jangkauan bisnis.  Jejaring sosial ini dapat menghubungkan antara anda dengan siapa saja dari manapun. Orang yang tidak mengetahui tentang bisnis Anda ini bisa tidak sengaja dapat menemukan bisnis anda dan berselancar Di Internet.

Hal ini juga membuka kesempatan bagi anda untuk dapat memperluas jangkauan bisnis Anda yang tidak hanya orang lain di sekitar tempat usaha ada yang mengetahui keberadaan dari bisnis anda akan tetapi dari luar daerah maupun pulau ini dapat mengetahui dan menjadi pelanggan anda.

2.Mendekatkan anda dengan pelanggan

Alasan mengapa setiap berbisnis harus mempunyai akun media sosial atau jejaring sosial ialah dapat mendekatkan anda dengan pelanggan. Akun media sosial ini akan memudahkan anda dalam berinteraksi dengan para pelanggan Dan juga hubungan Anda ini seolah tidak ada jaraknya. 

Dikarenakan proses komunikasi ini bisa terjalin kapan saja secara instan dan para pelanggan Anda bisa menanyakan apapun dengan cara yang simple dan anda bisa juga memberikan respon dengan cepat. Mereka juga tidak perlu untuk datang ke toko ataupun menghabiskan pulsa telepon untuk mencari tahu sesuatu tentang bisnis yang Anda jalankan. 

3.Membagikan informasi dengan cepat

alasan pebisnis harus mempunyai akun media sosial atau jejaring sosial yang selanjutnya ialah dapat memberikan informasi dengan cepat. Anda bisa dengan mudah dan cepat memberitahukan informasi apapun melalui jejaring sosial yang Anda punya. Contohnya ialah seperti restoran yang ada bunyi ini mempunyai menu makanan yang baru maka para pelanggan bisa langsung mengetahuinya dan mungkin akan tertarik untuk mencoba di dalam waktu dekat.

Akan tetapi jika anda tidak mempunyai media sosial apapun maka pelanggan baru akan mengetahuinya jika mereka kembali ke restoran Anda ataupun ketemu betulan mendengar cerita dari orang lain. Proses dari penyebaran informasi ini akan terbilang lambat dan bisa saja merugikan bisnis anda.

4.Mengamati persaingan Bisnis

Jejaring sosial ini ada menjadi tempat bagi orang-orang untuk membagikan hal-hal yang bersifat pribadi termasuk juga hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Semua informasi ini juga terbuka di dalam publik oleh karena itu Anda akan dapat lebih mudah di dalam mengamati pergerakan kompetitor.

Selain itu Anda juga bisa tahu apa saja yang sedang dilakukan pesaing Anda sehingga Anda bisa dapat segera menyiapkan strategi bisnis untuk dapat mengatasi persaingan yang dapat terjadi.

Itulah dia beberapa alasan seorang pebisnis harus mempunyai jejaring sosial atau media sosial. Semoga bermanfaat!!