Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Yang Paling Ampuh Rawat Toyota Avanza

Cara paling ampuh rawat Toyota Avanza wajib untuk anda ketahui agar performa yang dimilikinya tetap terjaga. Seperti telah kita ketahui, mobil pabrikan asal Jepang ini ternyata banyak digemari di Indonesia. Bahkan dijadikan sebagai mobil keluarga favorit bagi banyak orang. Hal tersebut tidak lepas dari sejumlah kelebihan didalamnya seperti ruang kabin luas yang memberikan kenyamanan dan fitur-fitur canggih.






Adapun generasi pertama dari mobil tersebut sudah diluncurkan pada tahun 2003 dan berhasil mencapai penjualan hingga 100 ribu pada tahun itu. Peluncuran pertamanya sendiri memang berhasil menyedot perhatian banyak orang. Bahkan hingga sekarang, mobil ini pun masih mendominasi jalanan di tanah air.

Seiring dengan berjalannya waktu, mobil inipun sudah mulai memperoleh penyegaran mulai dari bagian eksterior, interior hingga mesin yang digunakan. Fitur-fitur canggihpun tidak lupa  disematkan didalamnya demi memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Seperti adanya fitur keselamatan, keamanan hingga hiburan.

Karena populasinya semakin banyak di jalanan, tidak heran apabila mobil ini dikenal sebagai kendaraan sejuta umat terutama untuk keluarga. Bukan hanya memberikan kemudahan buat menemukan suku cadang karena berasal dari pabrikan besar Toyota, perawatan buat kendaraan inipun ternyata tidak sulit dilakukan.

Tips Rawat Toyota Avanza Dengan Benar

Melakukan perawatan pada mobil secara rutin memang menjadi salah satu hal wajib dilakukan buat siapapun. Dengan cara inilah maka akan menjaga performa mobil hingga bertahun-tahun. Mobil yang tidak dirawat secara rutin maka akan cepat rusak walaupun merupakan generasi terbaru.

Adapun proses perawatan untuk mobil sendiri ternyata berbeda-beda. Ada yang sulit dan membutuhkan teknik khusus hingga sederhana. Untungnya mobil Avanza ini memberikan kemudahan bagi anda buat merawatnya. Terlebih lagi tergolong sebagai kendaraan yang tidak mudah rewel dibandingkan pesaingnya.

Mobil Avanza yang sudah berusia 5 tahun biasanya memang mengalami kerusakan lebih sering. Nah daripada menunggu hingga usia  mobil 5 tahun buat melakukan perawatan mobil, maka sangat disarankan untuk merawatnya secara rutin setelah anda membawa pulang. Terlebih lagi jika kondisi mobil dibeli second.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk merawat mobil ini tidaklah sulit. Hanya saja, masih banyak orang kebingungan bagaimanakah langkah-langkahnya. Berikut ini cara paling ampuh rawat Toyota Avanza yang perlu diketahui.

Perawatan Bagian Mesin

Perawatan pertama bisa dimulai pada mesinnya. Perlu diingat apabila kondisi mesin akan mempengaruhi bagaimanakah performa mobil tersebut. Cobalah buat melakukan pemeriksaan pada beberapa komponen mesin seperti terminal aki, tekanan kompresi, dan masih banyak lagi.

Ketika anda akan menggunakan mobil, sangat dirasakan untuk memanasi mesin kendaraan dahulu selama kurang lebih 15 menit. Ini akan membuat oli bekerja secara maksimal pada celah-celah kecil didalam mobil. Pergantian oli sebaiknya diharuskan secara berkala juga. Berikut ini beberapa cara merawat mesin mobil

Bersihkan Filter Udara Rutin

Jangan lupa buat membersihkan bagian filter udara secara rutin. Adapun tujuannya adalah agar tidak ada gumpalan kotoran pada filter udara mesin. Perlu diingat jika gumpalan kotoran bisa menyebabkan performa mesin kurang bagus.

Komponen Mesin

Cara rawat Toyota Avanza berikutnya adalah selalu memastikan kondisi injector, masalah choke ataupun kompresi silinder agar mesin tidak terlalu panas. Mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan kendaraan anda tiba-tiba berhenti.

Rawat Aki Mesin Berkala

Seperti yang sudah kita ketahui, Aki menjadi komponen yang sangat penting didalam sebuah kendaraan. Bahkan menjadi otak dari kendaraan tersebut. itulah mengapa jika performa Toyota Avanza anda ingin tetap bagus, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada aki mesin secara rutin serta teratur.

Cek Bagian Air Radiator

Tips merawat mobil pabrikan Jepang ini berikutnya adalah mengecek Air Radiator secara rutin. Lihat apakah sudah sesuai dengan volume yang ada didalamnya ataukah tidak. Cara ini akan membantu anda agar terhindar dari namanya overheating atau panas berlebihan.

Ganti Komponen Secara Berkala

Perlu diingat apabila terdapat beberapa komponen didalam mobil Avanza dimana harus diganti secara berkala. Untuk melakukan penggantian komponen sangat disarankan dilakukan oleh orang professional. Cobalah buat datang ke bengkel Toyota terdekat.

Adapun komponen Avanza dimana harus diganti secara berkala diantaranya adalah oli mesin, timing belt tipe EJ-VE, Filter oli mesin, pendingin mesin atau coolant, saringan bahan bakar di dalam tangki, oli roda gigi diffential, oli transmisi manual hingga minyak rem.

Perawatan Bagian Eksterior Mobil

Selain pada sisi mesinnya, melakukan perawatan mobil Avanza juga wajib meliputi bagian eksteriornya. Dimana kebersihan eksterior wajib diperhatikan. Ini akan membuat cat mobil tidak cepat buram dan tetap bersih.

Disamping itu, anda juga bisa menjaga kebersihan kaca-kacang bagian luar dari mobil anda tersebut. Dengan kaca yang bersih dan terawat tidak hanya nyaman untuk dipandang tetapi membantu penumpang bisa melihat ke arah luar lebih jelas.

Cobalah bersihkan mobil sekali dalam seminggu. Untuk proses pembersihan, pastikan menggunakan busa ataupun kain yang tidak akan meninggalkan goresan pada bodi mobil. Disamping itu, pastikan mesin dalam keadaan dingin. Sebab, jika proses pembersihan dilakukan ketika mesin panas akan menimbulkan bercak-bercak.

Perawatan Interior Mobil

Jangan hanya melakukan perawatan pada eksteriornya saja, anda juga wajib memperhatikan bagian dalam dari mobil. Sebaiknya gunakan vacuum cleaner buat membersihkan debu-debu menempel di jok ataupun sudut-sudut. Dengan suasana yang bersih didalam mobil itulah akan membuat anda tetap nyaman ketika berkendara.

Pastikan Memilih Bahan Bakar Tepat

Cara rawat Toyota Avanza berikutnya adalah dengan memastikan memilih bahan bakar yang tepat. Perlu diingat apabila setiap mobil mempunyai spesifikasi mesin berbeda sehingga penggunaan bahan bakarnya pun juga berbeda. Pemilihan bahan bakar tepat akan membuat performanya tetap terjaga. Termasuk ketika memilih bahan bakar untuk mobil Avanza ini.

Mengecek Ban dan Tekanan

Kendati terdengar sangat sepele, tetapi tekanan ban akan mempengaruhi keselamatan anda dijalan. Itulah mengapa pemilik mobil diwajibkan buat mengecek kondisi bannya minimal sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Jadi apabila terjadi kerusakan atau hal yang aneh bisa diatasi dengan baik.

Kesalahan Dalam Merawat Mobil

Sudah tahu bukan bagaimanakah cara merawat mobil Avanza kesayangan anda diatas? Sebaiknya juga memperhatikan apa sajakah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik mobil. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

Kebiasaan menyalakan mobil kemudian bergegas menginjak pedal gas. Kondisi ini sebenarnya  akan berisiko mempengaruhi kinerja dari mesin. Sebab mesin tersebut belum terkena pelumas seluruhnya ketika langsung dinyalakan.

Mencuci mobil dengan deterjen memang terdengar sepele tetapi  ini merupakan salah satu kesalahan. Sebab kandungan didalam deterjen akan membuat warna cat semakin memudar dan menghilang.

Bukan hanya itu saja, kesalahan lainnya adalah membersihkan kaca mobil belakang menggunakan pembersih kaca. Ini sebenarnya akan merusak komponen pada kabel pemanas yakni defogger.

Melakukan perawatan pada mobil secara rutin memang menjadi salah  satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemiliknya. Sudah tahu bagaimana cara rawat Toyota Avanza bukan?

Segera booking kunjungan servis mobil Toyota Avanza Anda di bengkel resmi ASTRIDO Toyota untuk mendapatkan prioritas dan harga servis terbaik!